You are here: Home / Bisnis / Ide Bisnis Bagus untuk UKM yang Menjanjikan

Ide Bisnis Bagus untuk UKM yang Menjanjikan

Ada banyak jenis usaha yang sebenarnya bisa dipilih oleh usaha kecil menengah (UKM) untuk dilakukan. Beberapa di antaranya memiliki resiko besar dan yang lain memiliki resiko kecil dan masih bisa diatasi. Berikut ini beberapa ide bisnis bagus untuk UKM yang menjanjikan.

Bidang Kuliner

Bidang ini adalah bidang paling populer sepanjang masa. Alasannya karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia, sehingga mustahil manusia tidak membutuhkannya. Ada banyak kategori jenis bisnis ini, seperti makanan ringan (camilan), minuman, hingga makanan pokok. Semua kategori di bisnis kuliner ini (camilan, minuman, makanan pokok) punya potensi yang sangat bagus, tergantung cara kita dalam memasarkannya.


Bidang Fashion

Bidang satu ini ternyata tidak hanya diminati oleh perseorangan saja. UKM ternyata juga melirik bisnis bidang ini, karena dianggal nyaris sama seperti bisnis bidang makanan.

Ada banyak kategori bidang fashion yang dapat dikembangkan, seperti kategori pakaian pria atau wanita, pakaian muslim, pakaian model korea, dan masih banyak lagi. Untuk bidang Fashion ini, UKM tidak selalu dituntuk memiliki modal besar. UKM bisa memilih menjadi reseller untuk merk tertentu. Itu artinya, ada kerjasama antara UKM dan pemilik merk fashion yang dimaksud.

Bidang Pendidikan

Beragam keterampilan yang dibutuhkan di masyarakat tidak selalu bisa didapat di sekolah. Karena itu, muncullah usaha bidang pendidikan seperti sekolah mengemudi, lembaga pendidikan bahasa dan lembaga bimbingan belajar.

Bidang Otomotif

Kebutuhan akan transportasi mau tidak mau mengharuskan adanya pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor. Saat kendaraan ini mengalami kerusakan, maka bidang otomotif-lah yang akan memberikan jasa perbaikan.

Selain jasa perbaikan, bidang otomotif juga menawarkan sejumlah cara usaha lain, seperti jasa cuci kendaraan, jual beli helm hingga jual beli aksesoris kendaraan.

Bidang Agrobisnis

Bisnis yang bisa dijalankan UKM di bidang agrobisnis contohnya adalah hasil pertanian. UKM bisa membantu petani untuk memasarkan hasil pertanian mereka lebih luas lagi, tidak hanya ke kota, bahkan bisa merambah wilayah ekspor.

Selain pertanian, bisnis lain yang menjanjikan adalah peternakan. Kebutuhan akan susu dan daging di Indonesia adalah peluang besar yang bisa dipenuhi jenis bisnis ini. Sayangnya, bisnis ini belum banyak dilakukan lantaran hanya bisa dilakukan di tempat tertentu saja, seperti desa.

Bidang Teknologi Internet

Ide bisnis lain UKM yang menguntungkan adalah jasa bidang teknologi. Ada banyak hal yang bisa ditawarkan dalam bisnis bidang teknologi internet. Dari mulai bisnis jasa pengetikan, jasa print, jasa fotocopy hingga programmer dan penyedia software tertentu.

Demikian tadi ide bisnis bagus untuk UKM/ Usaha kecil menengah yang sangat menjanjikan di masa-masa yang akan datang. Sebenarnya, masih ada banyak lagi jenis usaha menjanjikan yang juga bisa dilakukan oleh UKM. Semoga menginspirasi, selamat berbisnis dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *