You are here: Home / Bisnis / Contoh Bisnis Kuliner Makanan Ringan Bagi Pemula
Contoh Bisnis Kuliner Makanan Ringan Bagi Pemula

Contoh Bisnis Kuliner Makanan Ringan Bagi Pemula

Bisnis kuliner khususnya makanan ringan adalah bisnis skala rumahan yang mempunyai peluang cemerlang untuk sekarang ini. Permintaan pasar pada makanan ringan secara terus menerus mengalir. Makanan ringan tak hanya diminati anak-anak, remaja hingga orang dewasa begitu menggemarinya. Sehingga, tidak mengherankan bila pelaku bisnis makanan ini sering kebanjiran pelanggan. Apalagi jika melihat begitu banyaknya jenis makanan ringan di Indonesia mulai dari gorengan, keripik, batagor hingga siomay yang dijual dengan beragam variasi harga, hal ini membuat bisnis ini semakin terbuka lebar bagi Anda yang baru memulainya.

Contoh Bisnis Kuliner Makanan Ringan Bagi Pemula

Kunci Bisnis Makanan Ringan

Bisnis kuliner makanan ringan membutuhkan ketekunan serta manajemen yang baik. Kebanyakan pengusaha makanan ringan adalah pengusaha yang lama berjualan dan mempunyai pelanggan tetap, ditambah makanan yang mereka pasarkan sangat banyak dan rasa yang lezat. Dari sini dapat disimpulkan jika kunci sukses untuk memulai usaha ini adalah inovatif dan kreatif.

Ada banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan bisnis makanan ringan seperti:

  • Berkualitas baik. Makanan yang akan dijual harus mempunyai kualitas baik, entah dari segi bahan atau pun pengolahan. Bahan yang dipergunakan harus bahan yang berkualitas serta tidak mengandung zat berbahaya bagi tubuh.
  • Penuh inovasi. Dalam bisnis makanan ringan, si pemenangnya adalah mereka yang selalu melakukan inovasi dan mengeluarkan produk makanan ringan unik, sehingga produk akan lebih mudah dicari oleh konsumen.
  • Lakukan strategi penjualan yang pas dengan segmen pasar. Strategi penjualan yang tepat bisa mempengaruhi perkembangan usaha ke depan. Oleh sebab itu sebagai seorang pemula bisnis makanan ringan, Anda harus dapat membangun strategi yang baik dan bisa membaca pasar untuk semakin meningkatkan penjualan.

Pilihan Ide Bisnis Makanan Ringan

Berikut ini berbagai macam ide bisnis kuliner makanan ringan yang bisa dijalankan dengan modal kecil serta berprospek menarik, antara lain:

  • Usaha aneka keripik. Jenis bisnis ini sebenarnya menjanjikan, melihat begitu banyak peminat kripik namun tak banyak penyedia jasa makanan jenis ini. Anda bisa menjual berbagai macam jenis keripik seperti keripik pisang, keripik kentang berbagai rasa hingga keripik singkong.
  • Bisnis kuliner yang kedua adalah menjual singkong keju. Usaha ini mungkin masih jarang dijalankan, tetapi bukan berarti peminatnya sedikit. Pelanggan singkong keju cukup banyak dan dapat dijadikan sebagai ladang bisnis, karena bahan yang mudah ditemukan dan proses pembuatan yang sederhana.
  • Tahu kremes. Tahu kremes merupakan tahu yang lapisan bagian luarnya dilapisi tepung garing. Tahu ini mempunyai banyak sebutan seperti jeletot, tahu kress dan masih banyak lagi.
  • Usaha roti bakar. Bisnis kuliner ini sebenarnya sudah banyak digeluti, bisnis ini bisa dijalankan dengan modal yang kecil, lokasi berjualan seperti di pinggir jalan atau di taman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *