You are here: Home / Bisnis / Cara Mendapatkan Ide Bisnis Kreatif Dengan Mudah

Cara Mendapatkan Ide Bisnis Kreatif Dengan Mudah

Semakin banyaknya persaingan bisnis online, semakin membuat pembisnis pemula harus memiliki ide yang kreatif. Apalagi di era serba digital seperti sekarang ini, banyak sekali ide kreatif yang bisa dijadikan inovasi untuk menjalankan usaha online. Seperti apakah ide bisnis kreatif itu? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini:

Orisinil Atau Baru Pertama Kali

Ide yang kreatif adalah ide yang baru pertama kali atau belum pernah ada sebelumnya. Bisa berupa produk atau jasa yang belum pernah ada. Memang susah mencari ide yang orisinil, namun bukan berarti keaslian sesuatu tidak ada. Biasanya bisnis yang belum ada akan menjadi bisnis yang besar suatu hari nanti. Contohnya: perusahaan minuman merk Aqua yang pertama kali menjual air putih di Indonesia, sekarang menjadi perusahaan raksasa. Bahkan minuman air putih merk apapun orang tetap memanggilnya dengan sebutan minuman Aqua.

Berbeda Dengan yang Lainnya

Jika Anda susah mendapatkan ide bisnis jenis usaha yang belum pernah ada, bisa coba dengan mencari ide menciptakan sebuah bisnis yang berbeda dengan yang lainnya. misalnya Steve Jobs menciptakan iPhod. Bisnis yang ia buat tersebut bukan binis yang baru, sebelumnya sudah ada perusahaan MP3 lainnya, seperti Walkman dari Sony dsb. Namun Steve Jobs berhasil membuat MP3 device yang berbeda dengan produk keluaran perusahaan lainnya dan inilah yang membuat perusahaan raksasa tersebut berhasil merajai pasar MP3.

Menjadi Yang Terbaik

Jika Anda bingung dengan mencari ide jenis usaha yang baru pertama kali dan yang berbeda dengan yang lainnya tidak perlu putus asa. Karena dengan ide yang sudah ada-pun bisa dijadikan bisnis kreatif. Asal dengan catatan menjadi yang terbaik.

Yang dimaksud terbaik disini adalah meningkatkan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu penting sekali meningkatkan pelayanan yang baik dan kenyamanan para konsumen. Contohnya: jika Anda membuka usaha makanan yang sudah banyak dijual dimana-mana, sudah pasti bisnis tersebut bukan yang pertama kali ada dan bukan pula sesuatu yang berbeda. Namun, bisnis makanan yang Anda jalani bisa menjadi perhatian banyak orang dan banyak langganannya dengan memberikan yang terbaik kepada para pelanggan. Dengan demikian para calon pembeli akan lebih memilih beli di tempat Anda.

Demikian cara mendapatkan ide kreatif bisnis. Namun, jika Anda bukan tipe orang yang kreatif jangan khawatir. Anggapan orang mengenai bakat seseorang mempengaruhi IQ dan nasibnya, tidak benar. Artinya kreativitas bisa dimunculkan dan ditingkatkan dengan niat dan keinginan yang kuat, dengan demikian Anda akan terus mencari dan melakukan analisis pasar yang bermanfaat dan berdampak menguntungkan untuk bisnis yang akan dipilih dan dijalani. Selamat berbisnis!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *