You are here: Home / Bisnis / Cara Cerdas Memulai Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil
Cara Cerdas Memulai Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil

Cara Cerdas Memulai Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan manusia yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Fungsinya sebagai salah satu kebutuhan pokok menjadikan usaha di bidang sandang bisa dipastikan tidak akan pernah surut. Seperti yang kita ketahui, setiap orang membutuhkan baju. Bahkan satu orang tidak hanya memiliki satu baju bahkan terkadang lebih. Orang membeli baju juga tidak hanya dikarenakan baju mereka sudah rusak, namun terkadang karena ingin mengikuti keluaran mode terbaru hingga karena alasan demi menunjang penampilan mereka. Berbeda dengan jenis usaha lainnya seperti elektronik. Umumnya orang cukup memiliki satu saja sudah cukup. Terkadang baru akan membeli produk elektronik terbaru jika dirasa sudah mulai rusak atau sudah bosan. Melihat kenyataan ini, tentu memulai untuk menjalankan bisnis pakaian patut untuk dicoba.

Cara Cerdas Memulai Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil

Cara Cerdas Memulai Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil

Sebelum memulai suatu usaha, tentu niat atau tekad yang kuat harus dimiliki. Selain itu modal juga menjadi bagian yang tidak boleh dilupakan, baik modal pikiran, tenaga, maupun materi. Jika modal materi untuk membuat usaha belum mencukupi atau masih sedikit, maka Anda tidak perlu berkecil hati terlebih dahulu. Anda bisa memulai usaha pakaian dengan menerapkan cara-cara berikut ini:

  • Memulai dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Memiliki modal yang minim bukan berarti Anda tidak bisa memulai bisnis pakaian yang sudah Anda rencanakan. Anda bisa memulai dengan menjadi reseller ataupun dropshipper. Dengan cara ini, Anda tidak perlu memiliki stok pakaian untuk dijual karena Anda bisa menawarkan produk milik supplier yang Anda ajak kerja sama dengan pemberian keuntungan untuk setiap produk yang berhasil Anda jual. Untuk menjadi reseller atau dropshipper, carilah supplier yang terpercaya dan pro aktif saat bekerja sama.

  • Mulai membuat stok pakaian sendiri dari hasil keuntungan yang didapat.

Hasil keuntungan yang Anda dapat bisa Anda pergunakan untuk mulai membuat stok produk Anda sendiri. Pemasaran secara online maupun offline bisa Anda lakukan. Mengingat sudah memiliki stok barang, maka Anda harus mulai belajar me-managemen persediaan barang. Setiap barang yang masuk dan keluar harus Anda catat setiap harinya. Proses dalam tahap ini dilakukan seterusnya bahkan saat Anda sudah memiliki modal besar untuk memulai produksi sendiri.

  • Memulai produk sendiri.

Setelah cukup modal, Anda bisa mulai membuka produksi sendiri. Namun pelajari terlebih dahulu seluk beluk tentang bahan, produksi, manajemen karyawan untuk produksi, dlsb. Proses ini memang cukup memakan energi dan pikiran dibandingkan dengan proses-proses sebelumnya. Selain itu resikonya juga lebih besar, disamping memang sangat besar juga keuntungan yang akan didapat.

  • Membangun sistem kemitraan.

Setelah bisnis pakaian Anda memasuki tahap bisa memproduksi sendiri, maka tahap selanjutnya adalah membangun sistem kemitraan dalam bentuk distributor, agen, maupun reseller. Paket distributor untuk mitra yang melakukan kerjasama dalam jumlah besar. Paket agen untuk mitra dengan pembelian jumlah sedang. Dan paket reseller untuk pembelian jumlah kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *