You are here: Home / Bisnis / Cara Bisnis Online Untuk pemula

Cara Bisnis Online Untuk pemula

Saat ini menjalankan bisnis online memberikan peluang yang besar. Ada banyak faktor yang mendukung mengapa bisnis online dapat memberikan pendapatan yang lumayan besar, salah satunya adalah karena semakin banyak orang yang memilih berbelanja melalui online. Bagaimana cara bisnis online yang benar dan tepat? Untuk mengetahui memulai bisnis online simak ulasannya dalam artikel ini hingga tuntas.

Bisnis online bisa dilakukan oleh siapapun, baik mahasiswa, pelajar, karyawan, ibu rumah tangga bahkan oleh pengangguran sekalipun. Menjalankan bisnis online bisa dibilang susah-susah mudah, terutama bagi Anda yang baru memulai. Ada beberapa cara bisnis online yang harus diketahui antara lain adalah sebagai berikut:

Pilih Jenis Bisnis

Memilih pekerjaan di jaman sekarang begitu sulit. Semakin bertambahnya penduduk semakin terbatasnya lapangan pekerjaan. Untuk mendapatkan penghasilan tidak selalu harus menjadi pegawai negeri atau karyawan swasta. Anda bisa menjalankan bisnis cengan cara memilih jenis bisnis online.

Ada banyak pilihan bisnis online, seperti: jualan barang buatan sendiri, jualan barang buatan orang lain (menjadi reseller) atau menjual jasa, seperti: jasa penulisan, jasa pengeditan, jasa pembuatan website dsb.

Jika Anda tertarik menjalankan bisnis menjual barang, pilih produk yang sedang banyak dicari orang atau pilih produk yang sesuai dengan hobi dan kesukaan. Misalnya: Anda menyukai hal-hal yang berhubungan dengan fashion, bisa menjual barang-barang yang berhubungan dengan fashion.

Siapakan Modal Bisnis

Berbeda dengan modal yang dibutuhkan jika menjalankan bisnis konvensional yang membutuhkan modal besar, menjalankan bisnis online modal utamanya adalah perangkat yang akan digunakan, yaitu:

Baca Juga:Cara Bisnis Online Jual Sepatu

  1. Perangkat komputer, bisa laptop atau komputer.
  2. Handphone android
  3. Akses internet (kuota).

Ketiga perangkat tersebut adalah modal penting menjalankan bisnis online, jadi siapkan dari sekarang juga.

Pelajari Aturan Mainnya

Aturan bisnis online berbeda dengan bisnis konvensional. Jika bisnis konvensional barangnya langsung dipajang di tempat penjualan, pada bisnis online barangnya berupa foto produk.

Jadi untuk memulai usaha ini siapkan foto barang yang akan Anda jual. Jika barang yang dijual tersedia/ ada, Anda bisa membuat fotonya semenarik mungkin. Namun apabila tidak ada barangnya, Anda bisa mencari foto barang yang sama dengan barang yang Anda jual di kumpulan koleksi foto/ gambar di Google.

Ada beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan untuk media promosi, bisa bergabung dengan toko online, memanfaatkan akun media sosial, bergabung dengan situs jual beli gratis. Anda bisa memilih beberapa media promosi tersebut atau bisa menggunakan semuanya.

Melakukan Pencatatan

Cara bisnis online bagi pemula yang harus diperhatikan terakhir adalah melakukan pencatatan atau membuat laporan. Laporan keuangan, berupa pengeluaran dan pemsasukan bisa membantu mengetahui perkembangan dan kemajuan bisnis yang Anda jalani. Selain itu, dengan adanya pendataan dan laporan bisa dijadikan bahan evaluasi bagaimana menjalankan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *