You are here: Home / Bisnis / Bisnis Unik Untung Ratusan Ribu Rupiah, Coba dengan Budidaya Jangkrik

Bisnis Unik Untung Ratusan Ribu Rupiah, Coba dengan Budidaya Jangkrik

Banyak pilihan bisnis unik yang jarang dilirik oleh masyarakat, padahal sebenarnya bisa menghasilkan peruntungan yang sangat tinggi, khususnya adalah di tangan orang-orang yang kreatif. Sebut saja diantaranya adalah bisnis pengelolaan sampah menjadi barang yang bernilai uang, kemudian juga usaha pembuatan pupuk dari kotoran. Jika terasa cukup sulit dilakukan, maka bagaimana dengan mencoba usaha ternak jangkrik? Tentunya sudah tak asing dengan serangga yang satu ini bukan.

Sering kali ia membuat malam yang tenang menjadi gaduh karena suara yang ditimbulkan. Bagi masyarakat perkotaan agaknya mungkin cukup sulit menemukannya, karena ia berkembang di kawasan persawahan yang agak lembab. Namun bagi masyarakat desa, maka jangkrik ini adalah hewan yang sangat mudah untuk dijumpai. Lalu sebenarnya apa nilai manfaat dari hewan yang satu ini, sebagian orang mungkin hanya menganggapnya sebagai hama, namun jangan salah karena ternyata untuk para pecinta burung, khususnya jenis burung koleksi yang bisa berkicau, maka jangkrik ini adalah sumber makanan terbaik.

Ia kaya akan kandungan gizi untuk burung peliharaan mereka, begitu juga manfaat untuk membuat burung berkicau lebih keras. Lalu bagaimana cara menjalankan bisnis unik ini? Sangat mudah, berikut ini panduannya:

Baca Juga: 4 Tips Menjalankan Bisnis Unik Jualan Kue Donat

  1. Buatlah media untuk ternak jangkrik tersebut, diantaranya adalah dengan membuat rumah dari bambu, namun dengan ukuran yang kecil saja. kotak bambu inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat tinggal dari jangkrik-jangkrik tersebut.
  2. Pilih bibitnya terlebih dahulu, tentunya dari jangkrik betina dan juga jantan, lalu dari mana bisa mendapatkannya? Khusus untuk Anda yang tinggal di kawasan pedesaan pastinya bisa dengan mudah mencarinya di sawah, khususnya ketika malam hari, namun untuk wilayah perkotaan juga bukan masalah, karena Anda dapat membelinya di toko pakan hewan. Bibitnya adalah satu jangkrik betina dan juga jantan.
  3. Tempatkan di dalam satu kandang, khusus untuk makanan yang dibutuhkan, selain dengan tanaman jenis tertentu, maka untuk mempermudah Anda, bisa mengandalkan pakan yang kering, salah satunya adalah bekatul.
  4. Pastikan juga untuk memberikan air di dalam kandang jangkrik tersebut. Biasanya telur dari jangkrik akan menetas antara 10 hingga 15 hari, setelah itu tinggal tunggu perkembangannya hingga ukuran jangkrik sedikit lebih besar.
  5. Penjualannya sendiri bisa ke beberapa pedangan pakan ternak atau dengan langsung tawarkan ke beberapa orang yang mengoleksi burung, untuk satu ons jangkrik ini harga bisa mencapai 200 ribu rupiah, sangat mahal bukan.

Bisnis unik ini bisa dengan mudah Anda kembangkan tanpa harus keluarkan banyak biaya, selain dijual dalam bentuk jangkrik hidup, maka juga bisa menjual telurnya. Harga dari telur jangkrik ini sendiri juga tergolong mahal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *