You are here: Home / Bisnis / Bisnis Terkini Affiliate Marketing, Peluang Menjadi Pembisnis Sukses

Bisnis Terkini Affiliate Marketing, Peluang Menjadi Pembisnis Sukses

Jika Anda ingin menjalankan bisnis terkini affiliate ada 2 cara yang bisa dijadikan pilihan, yang pertama adalah menjadi orang yang menawarkan program afilliate atau disebut advertiser atau mendaftarkan diri ke advertiser untuk menjalankan bisnis affilliate.

Keduanya sama-sama berpeluang mendapatkan keuntungan. Sebenarnya bisnis ini bukan jenis bisnis terkini, namun sampai saat ini menjadi affiliate masih banyak dipilih oleh banyak pembisnis online.

Penting untuk mengetahui jenis-jenis affiliate marketing karena cara mendapatkan penghasilan affiliate tergantung jenis yang Anda pilih. Berikut ini beberapa jenis program affiliate:

Pay Per Click

PPC adalah jenis affiliate dimana komisi yang didapat berasal dari pengunjung iklan di website atau blog yang Anda kelola. Besar kecilnya keuntungan yang di dapat tergantung pada page rank web/ blog, yaitu berkisar antara Rp 25 ribu rupiah setiap artikelnya atau dengan hitungan blog untuk pank rank yang berada di peringkat ke-1.

Pay Per Sale

PPS adalah program affiliate dimana keuntungan yang didapat berasal dari komisi jika terjadi transaksi penjualan melalui link affiliate milik Anda. Jika Anda memilih program ini terdapat supplier.id yaitu affiliate dimana konversi link akan mendapatkan komisi.

Baca Juga: PENTING MENGETAHUI INFORMASI BISNIS TERKINI

Pay Per Lead

PPL adalah jenis affiliate yang memberikan komisi dari setiap lead yang bergabung melalui jalur link affiliate milik Anda. Kualifikasinya sudah ditentukan oleh perusahaan dan besar kecilnya komisi dari perklik bervariasi tergantung perusahaan, namun bisanya komisi yang di dapat berkisar antara Rp 300 rupiah perklik.

Pay Per Review

Jenis affiliate berikutnya adalah PPR yaitu jenis yang memberikan komisi jika ada calom member yang berhasil bergabung berlangganan layanan bulanan yang Anda tawarkan. Biasanya jenis affiliate ini memberikan keuntungan secara berkala.

Dari jenis-jenis affiliate yang sudah disebutkan di atas kita dapat mengetahui bahwa secara garis besar bisnis ini mirip dengan pemasaran dimana jika Anda bergabung akan mendapatkan keuntungan berupa komisi jika terjadi transaksi pembelian. Artinya pihak perusahaan (advertiser) menjual produknya, lalu Anda yang memasarkan produk/ barang tersebut. Nah, jika terjadi penjualan maka Anda akan mendapatkan komisi.

Besar kecilnya komisi berbeda-beda, tergantung perusahaan apa yang Anda pilih. Yang penting harus diketahui dan dipahami jika Anda tertarik menjalankan bisnis affiliate adalah aturan setiap perusahaan yang berbeda-beda. Misalnya: ada perusahaan yang memperbolehkan Anda menyebarkan (share link) melalu website saja, namun ada juga yang tidak memperbolehkannya. Nah, jadi sebaiknya pelajari terlebih dulu aturan yang ditetapkan oleh perusahaan yang Anda pilih.

Menjalankan bisnis terkini affiliate terlihat mudah, namun sebenarnya tidak sesederhana seperti yang orang sebutkan. Diperlukan strategi dan taktik pemasaran yang cerdas dan jitu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *