You are here: Home / Bisnis / Bisnis Terbaru Pariwisata

Bisnis Terbaru Pariwisata

Bisnis sebagai agen perjalanan sudah bukan menjadi bisnis yang baru dalam dunia industri pariwisata. Bisnis terbaru pariwisata adalah bisnis agen perjalanan yang menawarkan nilai pendidikan sebagai isi materi acara yang ditawarkan kepada pelanggan. Dengan materi yang diberikan oleh tenaga ahli di bidang masing-masing, wisatawan yang sedang menikmati liburan akan mendapatkan nilai pendidikan dan secara tidak langsung telah memberikan kontribusi kepada masyarakat dan dunia pendidikan di negara ini. Demikian konsep dasar dari edutourisme atau pariwisata pendidikan. Secara tidak langsung, konsep pariwisata ini memang cocok untuk anak-anak remaja yang berusia dari 13 tahun hingga 18 tahun. Namun, tentunya pihak orang tua pun bisa ikut berpartisipasi dalam mengikuti proses kegiatan yang diadakan oleh pihak penyelenggara.

Apa saja tujuan dari bisnis terbaru pariwisata pendidikan ini? Tujuan utamanya adalah  memberikan kontribusi kepada peserta kegiatan di di bidang pendidikan untuk menambah pemahaman atas ilmu yang sudah di dapatkan di lingkungan sekolah. Dalam kegiatan tersebut, materi yang diberikan dalam bentuk:

  1. Simulasi
  2. Diskusi
  3. Grup Challange

Selain memberikan simulasi atau praktik langsung mengenai ilmu-ilmu yang di pelajari di sekolah, tambahan berupa ilmu yang belum didapatkan di bangku sekolah seperti etika dalam kehidupan masyarakat, komunikasi massa dan bidang ilmu lain yang sekiranya bisa menambah kualitas para peserta tersebut untuk bisa menjadi  pribadi yang baik setelah mengikut kegiatan tersebut. Setiap selesai melakukan kegiatan akan selalu diadakan evaluasi yang untuk melatih kemampuan berkomunikasi setiap anggota tim dan dilakukan secara bergiliran.

Tenaga ahli yang melayani setiap peserta merupakan orang-orang yang kompeten dalam bidang masing-masing dan berasal dengan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Dengan demikian kredibilitas penyelenggara menjadi semakin terjamin. Selain latar belakang pendidikan, tenaga ahli yang diperbantukan untuk menemani peserta pun dibekali oleh pelatihan komunikasi massa yang akan memudahkan mereka menyampaikan informasi kepada peserta dengan variasi umur. Takkan ada kesulitan dalam menggunakan istilah sains atau istilah teknikal karena padanan kata yang sesuai dengan kemampuan mencerna bahasa peserta seakan menjadi lenyap dan bahasa yang digunakan pun menjadi mudah dicerna.

Bisnis terbaru ini pun mempunyai harapan mengenai peserta yang memahami bahwa semua informasi yang mereka peroleh dari kegiatan ini adalah bersifat valid dan berguna bagi siapapun yang mau mempelajarinya. Dengan demikian mereka bisa mengajak sanak saudara mereka atau pun kerabat yang ingin mencoba langsung pengalaman melakukan kegiatan bersama penyelenggara. Destinasi yang di pilih bervariasi dari mulai pantai, pegunungan, hingga museum di kota-kota besar di negara ini. Dengan demikian informasi yang peserta peroleh pun berbeda tergantung paket yang mereka pilih. Satu hal yang pasti adalah keamanan dalam kegiatan ini sudah terlebih dahulu disimulasikan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Semoga informasi singkat mengenai bisnis pariwisata ini bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *