You are here: Home / Bisnis / Bisnis Terbaru : Memulai Bisnis Kecil

Bisnis Terbaru : Memulai Bisnis Kecil

Bisnis Terbaru : Usaha Kecil apalagi yang nyaris tanpa modal membutuhkan ketekunan, usaha keras yang luar biasa. Jauh di atas rata-rata usaha yang mempunyai modal besar. Namun demikian usaha keras tersebut tidak akan ada artinya manakala Anda salah mentor sehingga terjerumus ke mana-mana untuk mencoba tanpa ada yang mengarahkan, tidak bisa menghasilkan uang dan berujung pada putus asa. Berikut beberapa tips untuk memulai bisnis kecil anda :

  • Amati, Tiru dan Modifikasi

Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang Anda kehendaki, lalu pelajari, amati, tiru dan modifikasi. Perlu diingat, semua bisnis pasti ada model yang sudah pernah ada, bila Anda tak dapat menemukan, entah Anda yang luar biasa jenius, atau model bisnis Anda tidak bakal berhasil di dunia nyata.

  • Cari Partner untuk sharing resiko

Kalaupun butuh modal, usahakan untuk tidak menginvestasikan uang sendiri. Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, apalagi Anda belum paham betul dengan risiko yang nanti akan terjadi, maka carilah partner. Jadi, jika semuanya tidak berjalan semua rencana, Anda tidak bakal bangkrut karena dana start-up tadi, dan tidak dikejar utang.

  • Harga Waktu, Konversikan ke Uang

Konversikan waktu yang Anda keluarkan untuk berbisnis dengan uang. Beri nilai uang pada waktu Anda, misalnya Rp20 ribu per jam. Tujuannya adalah membantu saat Anda harus mengambil keputusan: misalnya saja sebuah toko mengenakan biaya Rp10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan Anda membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke toko tersebut sendiri, maka bayar terus ongkos kirim dari perusahaan tersebut, karena lebih murah. Ini prinsip dasar dari menghargai waktu.

Baca Juga:Bisnis Terbaru dari Tren Gaya Hidup Sehat

  • Lakukan Secara Maksimal

Tahap awal memulai usaha, Anda harus bersedia bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan kesehatan. Sebagai pengusaha pemula, Anda pasti tidak akan mampu membayar karyawan, sekalipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan Anda, adalah Anda sendiri.

  • Rekrut Karyawan

Jika usaha Anda sudah mulai berjalan, jangan show of force sendirian. Mulailah untuk rekrut karyawan dengan baik. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa. Cari yang punya passion di bidang tersebut. Karyawan adalah kunci masa depan usaha Anda. Di tangan mereka visi misi Anda akan diwujudkan.

  • Manfaatkan Teknologi Terbaru

Karena usaha Anda berbasis online, maka gunakan teknologi terbaru. Teknologi baru seperti aplikasi dan penyimpanan data dengan cloud technology sangat murah dan membuat perusahaan kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar. Alokasikan waktu Anda untuk mempelajari beberapa perkembangan teknologi terbaru sehingga Anda bisa memanfaatkan teknologi rendah biaya yang ada di pasaran untuk menunjang usaha Anda

Memulai suatu bisnis terbaru memang bukanlah hal yang mudah, banyak tantang dan kendala yang nantinya harus Anda hadapi. Kuncinya adalah jangan pernah menyerah, karena disetiap tantangan yang Anda hadapi akan selalu ada pelajaran yang dapat Anda ambil. Tidak hanya itu, setiap kesulitan pada setiap tantangan akan membuat Anda lebih ulet dan gigih. Jadi, jangan takut mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *