You are here: Home / Bisnis / Bisnis Ritel, Ide Bisnis Biasa dengan Keuntungan Luar Biasa

Bisnis Ritel, Ide Bisnis Biasa dengan Keuntungan Luar Biasa

Memiliki bisnis sendiri tentu menjadi sebuah kebanggaan. Dengan menjalankan usaha sendiri, maka sepenuhnya tanggung jawab dan kendali kontrol bisnis ada di tangan Anda. Memang ketika menjalankannya berat, terlebih jika ide bisnis ini baru, maka beban yang ditanggung pun akan semakin berat. Meski begitu, jika Anda menjalankan bisnis sendiri, maka keleluasaan waktu juga menjadi milik Anda. Belum lagi dengan potensi keuntungan yang tidak terbatas sehingga berbisnis merupakan langkah yang tepat diambil untuk mencapai kebebasan finansial.

Salah satu jenis bisnis yang punya potensi untuk berkembang pesat adalah bisnis ritel. Banyak masyarakat yang lebih mengenal jenis bisnis ini dengan sebutan bisnis eceran karena memang pelaku bisnis ritel ini bertugas menjadi penyalur barang untuk konsumen akhirnya. Bisnis ritel tak melulu hanya berkutat pada mini market karena bisa juga dimulai dengan skala kecil yaitu toko kelontong, warung dan lain sebagainya. Untuk skala besarnya tentu bisnis ritel ini adalah kelas super market.

Jika Anda tertarik untuk terjun dalam bisnis ritel, maka berikut ini beberapa ide bisnis yang bisa Anda terapkan untuk menjalankannya:

  • Mulailah dari skala yang kecil

Memulai bisnis tidak bisa langsung dari skala besar. Memang bisa, namun besar juga resikonya. Alangkah baiknya jika memulainya cukup dengan skala kecil terlebih dulu. Bisnis skala kecil ini nantinya akan bisa berkembang menjadi lebih besar dan semakin besar lagi jika Anda mampu mengembangkannya. Selain itu resiko yang muncul juga tidak terlalu besar. Memulainya dengan skala kecil dirasa tepat lantaran tentunya pebisnis pemula masih cenderung terbatas pada modal, jaringan serta faktor lainnya.

  • Cermat dalam berhitung

Mengingat bisnis ritel adalah bisnis yang berkutat pada eceran, maka pundi rupiah yang akan dikumpulkan pun cenderung pada skala recehan. Meski begitu, jangan kira jika keuntungannya sedikit karena tetap saja recehan yang terus dikumpulkan akan lama-lama menjadi banyak. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda selalu cermat dalam penghitungannya. Jangan langsung mengambil laba besar, lebih baik ambil laba normal namun tetap laku sehingga putaran uang tidak mandeg.

  • Sesuaikan passion

Memang kisah sukses dari tetangga atau saudara selalu bisa menjadikan termotivasi. Namun karena kisah sukses ini, jangan sampai Anda jadi meniru 100% dengan bisnis yang dilakoninya karena belum tentu Anda bisa selancar mereka. Untuk itu, ada baiknya jika Anda memiliki ciri khas sendiri dan jual produk yang memang sesuai dengan passion yang Anda miliki.

Untuk bisa memaksimalkan jualan Anda, pelayanan adalah yang terpenting di bisnis ritel ini. Konsumen haruslah dilayani secara maksimal dan santun. Tak ada gunanya jika ide bisnis luar biasa tapi konsumen terabaikan. Untuk itu, pastikan pelayanan adalah nomor satu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *