You are here: Home / Bisnis / Bisnis Menarik Untuk Mahasiswa

Bisnis Menarik Untuk Mahasiswa

Pernah bingung untuk mencari uang jajan tambahan? Banyak mahasiswa yang mengalami fase ini, kekurangan uang untuk jajan atau untuk tambahan membayar uang kuliah. Kalau kalian pernah atau sedang mengalami fase ini, baiknya sebagai mahasiswa mulai memikirkan untuk mencari penghasilan sendiri, dengan catatan tidak menganggu waktu kuliah. Saat ini semakin banyak peluang bisnis yang menarik untuk mahasiswa.

Bisnis yang dimulai dari hobby adalah bisnis yang sudah pasti menyenangkan, maka mulailah perdalam hobby yang disukai. Beberapa hobby yang bisa dijadikan bisnis menarik yang cukup menguntungkan di antaranya adalah :

  • Hobby Nonton film

Nonton film adalah kegiatan yang menyenangkan, sekedar untuk melepaskan lelah setelah jam kuliah selesai. Pernahkah terpikir untuk menjual dvd film yang sudah ditonton? Daripada dibiarkan menumpuk, lebih baik dijual agar dapat menghasilkan uang kembali.

  • Menulis

Untuk mahasiswa menulis adalah hal biasa. Pernahkah membayangkan tulisan kita terpampang di media? Cobalah mulai mencari-cari kesempatan untuk bisa menulis di salah satu media masa,

  • Otomotif

Menggemari otomotif bisa membuka peluang untuk mulai berbisnis. Mulai perdalam pengetahuan tentang otomotif. Bisnis bisa dimulai dari servis motor atau mobil teman. Tidak menutup kemungkinan dari hanya sekedar hobby otak-atik motor, sebuah bengkel bisa menjadi sumber penghasilan utama anda di masa depan.

Baca Juga: Informasi Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

  • Desain Grafis

Semakin banyaknya perusahaan agency creative di Indonesia, berarti mulai banyak juga kesempatan seorang desain grafis untuk mendapat pekerjaan. Mulailah menawarkan beberapa karya desain grafis anda kepada perusahaan-perusahaan tersebut.

  • Fotografi

Hobi fotografi saat ini bisa dibilang sangat pesat. Semua moment dalam hidup selalu di abadikan dalam bentuk fotografi. Karena itu, bisnis fotografi ini bisa dikatakan tidak akan pernah mati.  Bisnis yang bisa dilakukan dari hobby ini adalah jasa fotografi seperti pra-wedding, acara keluarga, kegiatan perusahaan dan lain-lain.

Ada beberapa tips singkat untuk sukses dalam berbisnis:

  1. jangan melakukan inovasi secara berlebihan. Mulailah dari yang sederhana tetapi menghasilkan keuntungan.
  2. Pilih bisnis yang mempunyai target market yang jelas dan sangat membutuhkan barang yang anda jual.
  3. Setelah modal awal Anda, usahakan tidak mengeluarkanuang lagi. Ini dimaksudnkan untuk mengukur seberapa besar kesuksesan dari bisnis ini. apabila  bisnis yang anda jalani belum cukup baik, segera lakukan penyesuaian, baik dari sisi harga, kualitas produk ataupun pelayanan
  4. Belajarlah menjadi lebih disiplin dalam mengatur waktu agar tetap bisa kuliah dan bisnis tetap berjalan.
  5. Manfaatkan segala sumber daya dan peluang yang ada. Memanfaatkan sumber daya di kampus seperti mengajak teman untuk ikut bergabung, ajukan beasiswa, atau bisa juga mengikuti kesempatan belajar di luar negeri untuk mendapat pengalaman dan ide baru serta memperluas jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *