You are here: Home / Bisnis / Bisnis Kreatif Untuk Mahasiswa

Bisnis Kreatif Untuk Mahasiswa

Kampus merupakan tempat bagi mahasiswa untuk menimba ilmu. Namun bagi mahasiswa yang kreatif, selain sebagai tempat menimba ilmu, kampus juga menjadi tempat belajar membuka bisnis kreatif sampingan. Bahkan dapat digunakan untuk merintis bisnis yang lebih serius, sebagai awal dari bisnis yang akan ditekuni setelah lulus kuliah nantinya. Sudah banyak fakta yang membuktikan bahwa kampus selain menjadi tempat belajar materi kuliah, juga menjadi titik awal mahasiswa untuk merintis bisnis dari nol.

Ada banyak peluang bisnis kreatif untuk mahasiswa yang dapat dicoba, baik bisnis yang membutuhkan modal besar maupun yang tidak memerlukan modal. Bisnis mahasiswa dapat berupa bisnis online maupun bisnis yang dijalankan secara nyata. Berikut ini beberapa peluang bisnis yang sebaiknya dicoba mahasiswa :

  • Bisnis Kursus Private

Bisnis kursus private merupakan bisnis sampingan yang tidak memerlukan modal. Namun bisnis ini menuntut mahasiswa yang menjalankannya mempunyai keterampilan dan keahlian khusus. Misalnya saja bisnis kursus private matematika, paling cocok bagi mahasiswa jurusan matematika. Kursus matematika banyak dicari orang tua murid, karena matematika diajarkan sejak pendidikan dasar dan diujikan pada ujian nasional. Ini merupakan ladang emas yang sebaiknya dicoba mahasiswa.

  • Bisnis Jualan Barang Bekas

Bisnis jualan barang bekas merupakan bisnis sampingan yang memerlukan modal. Bisnis ini memerlukan kecermatan membaca peluang. Karena barang yang dijual merupakan barang bekas yang biasanya disepelekan oleh banyak orang, namun merupakan barang yang berarti bagi orang yang membutuhkannya. Seperti misalnya membeli kipas angin di pasar barang bekas, kemudian dijual kembali kepada teman kampus yang membutuhkan kipas untuk kamar kosnya. Semakin cermat membaca peluang, semakin kecil modal yang dibutuhkan dan semakin besar laba yang didapat.

  • Bisnis Jasa Foto dan Video

Bisnis jasa foto dan video juga merupakan bisnis sampingan mahasiswa yang berhubungan dengan hobi. Bisnis ini biasanya ditekuni mahasiswa jurusan fotografi, sehingga mereka dapat berbisnis sekaligus mengaplikasikan materi yang didapat di kampus. Walaupun awalnya hanya sebagai bisnis sampingan sewaktu kuliah, namun bisnis ini berpotensi besar jika dilakukan dengan baik dan manajemennya bagus. Sehingga dapat menjadi rintisan bisnis yang serius setelah lulus kuliah nantinya.

  • Bisnis Jasa Printing

Bisnis jasa printing memerlukan modal minimal 1 buah laptop, print dan perlengkapan lainnya. Peluang usaha ini cukup menjanjikan, karena banyak orang yang membutuhkan, seperti mahasiswa yang tidak bisa lepas dari tugas atau laporan berupa hard copy. Ini merupakan peluang untuk mendirikan jasa printing, baik print tugas sesama mahasiswa maupun jasa print kepada orang umum. Jasa printing ini dapat dibuka di tempat tinggal, seperti di rumah, kost atau kontrakan Anda. Bahkan jasa printing ini dapat dijadikan rintisan bisnis untuk dikembangkan menjadi bisnis percetakan yang lebih besar setelah lulus kuliah.

  • Bisnis Kaos

Bisnis kaos sedang menjadi tren bisnis anak muda masa kini, sehingga banyak bermunculan distro. Ini adalah kesempatan untuk ikut meramaikannya, namun dalam bisnis ini mahasiswa dituntut kreatifitasnya. Untuk memulai bisnis ini, Anda harus mempunyai hubungan yang baik dengan konveksi dan sablon. Kemudian Anda dituntut kreatifitasnya membuat desain kaos yang paling keren untuk dijual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *