You are here: Home / Bisnis / Bisnis kreatif edutourisme

Bisnis kreatif edutourisme

Bisnis kreatif edutourisme, mengajar dan melakukan perjalanan pada saat bersamaan, merupakan salah satu konsep bisnis kreatif yang bisa menjadi momentum dalam dunia pendidikan Indonesia. Bagaimana detail dari konsep edutourisme? Seperti kita ketahui, pendidikan itu bisa didapat di mana pun dan kapan pun kita inginkan. Dengan memberikan isi pendidikan ketika sedang melakukan perjalanan, dengan target pasar siswa sekolah atau kampus di Indonesia, maka secara tidak langsung, para siswa tersebut telah mendapatkan pengajaran informal mengenai beberapa subjek pendidikan seperti yang mereka dapatkan di bangku sekolah. Biasanya dengan suasana belajar di luar ruangan, maka materi yang akan diberikan jauh lebih cepat diserap oleh penerima materi. Bisnis kreatif ini sepertinya akan menjadi viral jika di kemas dalam bentuk yang menarik dan tentunya menjual ke masyarakat.

Apa saja yang bisa diterima oleh para wisatawan? Selain jalan-jalan ke destinasi wisata seperti yang biasa di tawarkan oleh agen perjalanan lainnya, dalam perjalanan tersebut pun akan disisipkan informasi sebagai berikut:

  1. Geologi lokasi wisata.
  2. Ekologi dan Biodiversitas.
  3. Antropologi dan Budaya setempat.

Secara geologi, mengenai sejarah pembentukan lokasi dan bagaimana proses pembentukan lokasi tersebut hingga bisa terlihat seperti saat ini merupakan salah satu pengetahuan yang bisa diberikan kepada para wisatawan. Lalu tidak lupa informasi mengenai ekosistem dan keanekaragaman-hayati yang menempati lokasi tersebut, selain . Itu merupakan dua contoh informasi pendidikan yang bisa di berikan oleh agen perjalanan kepada para wisatawan yang nantinya selain menerima secara pasif informasi tersebut, namun juga bisa dengan aktif memberikan kontribusi secara langsung kepada alam dan masyarakat sekitar. Di daerah Ujung Genteng, terdapat penangkaran penyu yang bisa di kunjungi oleh para wisatawan dan dengan membeli bayi penyu dan lalu segera melepasnya ke lautan, para wisatawan telah memberikan kontribusi kepada penyu karena telah melepas mereka di habitat alami mereka dan juga kepada pihak penangkaran yang secara sukarela merawat dan menjaga telur-telur penyu tersebut.

Baca Juga: Tips Bisnis Agar Sukses Untuk Para Pemula

Ekosistem suatu daerah sangat berpengaruh terhadap semua makhluk hidup yang berada di dalamnya. Dengan mengetahui bagaimana cara merawat ekosistem dan bagaimana pengaruhnya kepada keberlangsungan makhluk hidup di dalamnya, diharapkan destinasi wisata yang kini bisa dinikmati oleh para wisatawan pun bisa dinikmati oleh anak cucu kelak. Hal ini sangat mudah dilakukan saat ini, sebagai contoh dengan memperhatikan tentang pembuangan sampah dan penggunaan air sewajarnya. Selain itu, para wisatawan juga diajak untuk menanam bibit pohon di lokasi-lokasi tertentu untuk menjaga kesinambungan siklus pertumbuhan pohon di lokasi tersebut.

Supaya tidak membosankan, semua hal tersebut di kemas dalam bentuk orienteering game dan dilakukan secara berpasangan atau berkelompok, tergantung kuota wisatawan yang hadir. Bisnis ini memang berusaha meracik hal-hal mendasar supaya mudah dicerna dan diterima oleh mereka yang sedang ingin berlibur tanpa bermaksud membebani pikiran para wisatawan dengan hal-hal yang akan membuat mereka merasa tertekan. Tujuan utama dari bisnis ini adalah edukasi yang menyenangkan. Setidaknya, itu harapan yang ingin di capai. Semoga pembahasan bisnis kreatif edutourisme ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *