You are here: Home / Bisnis / Bisnis Kreatif Di Masa Kini

Bisnis Kreatif Di Masa Kini

Bisnis kreatif di masa kini mampu bertahan melewati masa-masa sulit dalam penjualan. Bisnis yang memiliki strategi yang matang dan mendalam akan mampu menghadapi semua halangan yang akan menghadang. Dengan perencanaan yang matang dan implementasi yang tepat sasaran, maka akan didapat hasil yang maksimal dalam penjualan. Dengan perencanaan bisnis yang baik dan matang, tentu akan menghasilkan sistem yang baik. Dalam perencanaan bisnis, tentu perlu mencakup semua aspek yang dibutuhkan dalam menjalankan aspek-aspek yang nantinya akan dijadikan acuan dalam menjalankan bisnis tersebut.

“A business plan is a written description of your business’s future, a document that tells what you plan to do and how you plan to do it. If you jot down a paragraph on the back of an envelope describing your business strategy, you’ve written a plan, or at least the germ of a plan.”

Berikut adalah urutan perencanaan yang bisa digunakan dalam bisnis kreatif yang sedang rekan-rekan rencanakan. Tidak terikat kepada hal-hal di bawah ini namun kurang lebih alur pembuatan rencana bisnis bisa di wakilkan dalam langkah-langkah dibawah ini:

  • Ringkasan Eksekutif
  • Review Bisnis
  • Strategi Maketing dan Sales
  • Manajemen Tim dan personil
  • Persiapan
  • Proyeksi Perencanaan Keuangan

Menurut majalah Forbes, terdapat 8 langkah yang bisa dijadikan langkah-langkah dalam merencanakan rencana bisnis kreatif yang ingin rekan-rekan jalankan. Antara lain adalah seperti yang terlihat di bawah:

  • Analisa Perusahaan, menjelaskan tentang produk apa yang rekan-rekan tawarkan saat ini dan apa yang akan rekan-rekan tawarkan di masa depan.
  • Analisa industri, menjelaskan tentang seberapa besar pasar yang rekan-rekan jadikan target dalam penjualan dan bagaimana mereka berubah seiring berjalannya waktu. Mempelajari tren yang sedang berkembang dan bagaimana tren tersebut mempengaruhi bisnis.
  • Analisa Kompetisi, mempelajari siapa kompetitor rekan-rekan dan bagaimana kekuatan dan kekurangan mereka dan mencari tahu dimana rekan-rekan bisa mengungguli mereka.
  • Analisa Pelanggan, menentukan siapa target pelanggan rekan-rekan. Bagaimana demografi dan profil fisiografi mereka. Yang terpenting adalah apa yang mereka butuhkan.  
  • Perencanaan Marketing, disini yang paling menentukan dalam proses bisnis, yaitu bagaimana cara rekan-rekan mencapai target pelanggan yang telah di tentukan sebelumnya. Mulai dari taktik promosi, pemberian harga produk yang sesuai dengan kebutuhan dan daya beli pelanggan.
  • Perencanaan Manajemen, yaitu menentukan dan memahami tentang informasi tim yang rekan-rekan miliki. Apa yang mereka miliki agar dapat menjalankan rencana yang sudah di buat. Menentukan siapa yang bisa memberikan kesempatan untuk dapat menjalankan dan mengembangkan bisnis yang sedang rekan-rekan rencanakan.
  • Rencana Operasional, yaitu apa rencana aksi yang rekan-rekan akan lakukan, apa saja langkah-langkah kongkret yang akan dilakukan hingga mencapai target yang telah ditentukan diawal.
  • Perencanaan Keuangan, yaitu menentukan pengeluaran yang perlu di persiapkan untuk bisa menjalankan bisnis, berapa besar keuntungan yang harapannya didapat selama satu hingga lima tahun setelah bisnis dimulai.

Dengan menjalankan perencanaan-perencanaan di atas, rekan-rekan bisa memonitor bagaimana perkembangan bisnis kreatif rekan-rekan mulai dari tahap persiapan hingga di perkembangannya dari waktu ke waktu. Dengan memahami perencanaan tersebut maka rekan-rekan diharapkan bisa menggunakannya untuk mendapatkan keuntungan yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *