You are here: Home / Bisnis / Berjualan Kue Kering, Peluang Bisnis Lebaran yang Tak Boleh Anda Lewatkan
Berjualan Kue Kering, Peluang Bisnis Lebaran yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Berjualan Kue Kering, Peluang Bisnis Lebaran yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Bagi seorang entrepreneur, momen lebaran merupakan peluang yang besar. Mereka dapat melihat peluang bisnis apapun, kapan pun, dan dimana pun. Banyak bisnis dapat dilakukan di bulan Ramadhan ini. Salah satunya adalah berjualan kue kering. Lebaran memang selalu identik dengan berbagai macam kue. Bahkan kue lebaran adalah salah satu yang dinanti bagi anak-anak. Bisnis kue kering menjelang lebaran dapat disimpulkan sebagai bisnis yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis lebaran kue kering, berikut tips yang dapat Anda lakukan.

Berjualan Kue Kering, Peluang Bisnis Lebaran yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Mengenali target pasar

Sebelum mulai membuat kue kering, ada baiknya melakukan survey pasar. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui minat masyarakat. Dengan demikian Anda dapat menemukan referensi bagi bisnis Anda. Referensi dapat dilihat melalui apa yang sedang trend di masyarakat, seperti karakter kartun, warna yang sedang in pada masa sekarang, dan lain sebagainya.

Tentukan jenis kue kering

Langkah selanjutnya adalah menentukan jenis kue yang akan dijual. Hal tersebut untuk mempermudah membeli bahan baku pembuatnya. Agar lebih efisien dalam biaya, pilih jenis kue yang memiliki bahan baku hampir sama. Sebagai contoh, kue nastar dan kue putri salju, kue bawang, kastengel, atau kue kering lain dengan membedakan toppingnya.

Buat inovasi menarik

Jangan buat kue lebaran yang hanya itu-itu saja. Berikan inovasi menarik pada produk anda. Inovasi didapat dari survey target pasar dengan melihat minat pasar. Anda dapat mengkreasikan toppingnya menggunakan cokelat atau keju, memainkan warna topping, atau mencetaknya dengan berbagai macam karakter lucu.

Hias kue kering semenarik mungkin

Tips menjalankan bisnis lebaran berjualan kue kering yang lainnya adalah hias kue menjadi lebih menarik. Selain rasa, tampilan produk juga merupakan hal yang tidak kalah penting. Hias kue semenarik mungkin.  Hal ini bukan berarti anda meletakkan semua topping ke dalamnya. Topping berlebihan justru membuat eneg sebelum memakannya. Hiaslah kue dengan topping sederhana namun dapat menggugah selera bagi siapa saja yang melihatnya.

Perhatikan tanggal kadaluarsa

Meskipun kue kering bertahan lama, membuat kue kering terlalu dini bukan ide yang bagus. Berikanlah timing yang tepat. Kue kering tanpa bahan pengawet bertahan hingga dua bulan, sedangkan menggunakan pengawet bertahan satu hingga satu setengah tahun. Baik bagi Anda memperhatikan tanggal kadaluarsa demi kualitas produk.

Pasarkan produk

Anda dapat memasarkan produk melalui broadcast pesan, melakukan promosi online, maupun menawarkan pada rekan kerja di kantor. Gunakan bahasa persuasif yang mematik untuk mengajak konsumen membeli produk Anda.

Telaten dan jujur

Tips bisnis lebaran yang terakhir adalah jujur dan telaten. Telaten dan jujur adalah kunci keberhasilan menjalankan bisnis. Anda juga harus konsisten agar bisnis tetap berjalan. Sedangkan kejujuran Anda dalam berbisnis melahirkan kepercayaan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan seperti, memberikan deskripsi sebenarnya dan tidak mengada-ada. Kepuasan pelanggan dapat membangun kepercayaan dengan bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *