You are here: Home / Bisnis / Berikut 4 Peluang Usaha Ideal untuk yang Masih Mahasiswa
Berikut 4 Peluang Usaha Ideal untuk yang Masih Mahasiswa

Berikut 4 Peluang Usaha Ideal untuk yang Masih Mahasiswa

Ada banyak peluang usaha yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja termasuk bagi Anda yang masih sibuk dengan urusan kampus. Menjadi anak kuliahan rupanya di masa sekarang sudah bukan lagi hambatan untuk membangun bisnis sendiri. Siapa tahu bisa berkembang dan tetap berjalan sampai Anda wisuda sehingga setelah lulus Anda sudah memiliki bisnis raksasa dengan keuntungan yang menggiurkan. Sekalipun nantinya musti gagal, namun setidaknya Anda sudah punya ilmu mengenai bisnis dan jika merintis lagi resiko suksesnya semakin besar.

Berikut 4 Peluang Usaha Ideal untuk yang Masih Mahasiswa

Kesempatan Bisnis Bagi Mahasiswa

Membangun bisnis atau usaha selama kuliah sah saja dilakukan dan tidak terlalu sulit asalkan memilih bidang yang sesuai. Ada beberapa inspirasi berikut yang bisa Anda comot salah satunya:

  • Jasa les secara privat,

Banyak mahasiswa mencoba menjalankan usaha les privat dengan datang ke rumah siswanya secara langsung. Nantinya Anda bisa menerima penghasilan dengan jam kerja singkat dan tidak setiap hari melainkan beberapa kali dalam seminggu. Selain mengajarkan bahasa asing dan matematika pada anak SD maupun SMP, Anda juga bisa menjadi guru mengaji secara privat. Apalagi banyak orang dewasa yang ingin belajar mengaji secara privat.

  • Merintis bisnis niaga kuliner,

Mahasiswa mungkin yang merasa tertarik dengan dunia kuliner bisa memanfaatkan peluang usaha di bidang tersebut. Jika di rumah atau kost ada dapur dan perlengkapan memasak silahkan membuatnya sendiri. Namun jika dirasa terlalu memakan waktu dan tenaga bisa kulakan dari pembuat kuliner tersebut kemudian dijual di kampus maupun di area CFD setiap akhir pekan. Anda bisa menjual camilan ringan, kue, gorengan, sampai aneka minuman ringan untuk menambah uang jajan.

  • Menekuni usaha desain grafis,

Bagi mahasiswa yang kebetulan mempelajari ilmu desain grafis baik jurusan saat kuliah maupun ketika SMA dulu. Keahlian ini bisa dimanfaatkan untuk merintis usaha sendiri sejak dini sehingga masih kuliah pun sudah memiliki pemasukan tambahan. Anda bisa membuka jasa penerimaan desain grafis untuk undangan, kartu ucapan, poster, dan sejenisnya secara online. Bisa pula membagikan dan memasang brosur untuk menerima jasa desain secara offline, sehingga perlahan Anda paham bagaimana menekuni usaha di bidang ini.

  • Menerima jasa fotografi,

Kebanyakan mahasiswa laki-laki memiliki keahlian untuk memotret, berbekal kamera DSLR standar Anda bisa menerima jasa fotografi. Dimulai dari jasa kecil-kecilan untuk memotret produk sebuah toko online sampai jasa pemotretan di event pernikahan dan pameran. Perlahan jasa ini akan banyak pelanggan dan hasilnya sangat lumayan. Opsional lain adalah terus berkarya memotret dan hasilnya bisa dijual secara online di situs jual beli foto online terkemuka. Lewat kamera muncul peluang usaha yang mudah dan masa depannya menjanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *