You are here: Home / Bisnis / Beragam Ide Bisnis Kreatif yang Cocok Dijalankan Mahasiswa

Beragam Ide Bisnis Kreatif yang Cocok Dijalankan Mahasiswa

Banyak diantara mahasiswa yang tak mau menyia-nyiakan waktu luangnya dengan duduk diam ataupun juga nongkrong dengan teman, melainkan mencoba untuk memulai sebuah usaha atau bisnis. Kenyataannya dengan mencoba terjun ke dunia bisnis sedini mungkin maka akan ada banyak sekali hal-hal baru yang bisa mereka pelajari. Begitu juga dengan kemungkinan untuk dapatkan keuntungan yang juga cukup tinggi. Lumayan untuk menambah uang jajan atau tambahan biaya semesteran. Kebanyakan diantara mahasiswa lebih tertarik untuk menjalankan bisnis kreatif.

Usaha yang lebih mengandalkan kepada skill atau keahlian untuk mendapatkan keuntungan dengan nilai yang tinggi. Tak bisa dipungkiri bahwa untuk bisa sukses di dunia bisnis, maka keahlian atau kreatifitas menjadi hal yang patut untuk dipertimbangkan. Tanpa hal ini akan sangat sulit membawa usaha tersebut sampai ke puncaknya, jika Anda hanya sekedar meniru bisnis yang dibuat oleh orang lain. Ada sangat banyak usaha atau bisnis kreatif yang bisa ditekuni, seperti diantaranya adalah:

  1. Inovasi membuat kompor dengan bahan bakar tenaga surya, agaknya hal-hal semacam ini mulai dikembangkan oleh mahasiswa teknik mesin. Dimana mereka membuat sebuah produk terbaru sebuah kompor yang dapat digunakan tanpa mengandalkan bahan bakar minyak, melainkan dengan energi panas matahari yang disimpan untuk menghasilkan panas guna memasak makanan.
  2. Catering makanan sehat, khusus untuk Anda dengan latar belakang ilmu gizi atau teknologi pangan, maka bisa membuat inovasi baru sebuah catering makanan sehat, misalnya untuk kebutuhan diet, bagi penderita masalah jantung maupun masalah diabetes. Harga jualnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan catering makanan biasa, namun setiap produk memang harus ditimbang dan diperhatikan kandungan gizinya.
  3. Menjadi content writer, mengembangkan bisnis penulisan, khusus untuk yang menggemari dunia literasi, seperti diantaranya adalah mahasiswa sastra mungkin bisa mencoba bisnis yang satu ini. Usaha yang bergerak di bidang jasa penyedia sebuah tulisan atau content writer ini cukup banyak dibutuhkan belakangan ini, sejalan dengan pesatnya pertumbuhan usaha online, baik itu bagi website-website penyedia informasi maupun sebuah website penjualan seperti market place.
  4. Program developer, khusus Anda dengan latar belakang bidang IT maka ada kian banyak usaha kreatif yang dapat dijalankan dengan keahlian yang dimiliki, seperti mengembangkan sebuah program baru, baik itu software maupun game, hingga bisa menerima jasa-jasa untuk optimalisasi sebuah website. Usaha semacam ini juga banyak dibutuhkan belakangan ini. Apalagi tingkat keuntungannya juga besar.

Itulah setidaknya bisnis kreatif yang bisa dicoba oleh mahasiswa, sehingga waktu Anda tak terbuang percuma hanya untuk kuliah dan juga pulang. Melainkan dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang bisa menghasilkan uang, selepas kuliah tak perlu kebingungan mencari kerja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *