You are here: Home / Bisnis / Beberapa Usaha Kreatif Memanfaatkan Barang Bekas yang Bisa Ditiru

Beberapa Usaha Kreatif Memanfaatkan Barang Bekas yang Bisa Ditiru

Barang bekas adalah jenis barang yang sudah dibuang dan tidak dipergunakan lagi. Barang tersebut diubah karena nilai gunanya sudah habis, tetapi banyak orang yang tidak tahu bahwa barang bekas terutama yang dari sampah anorganik bisa dimanfaatkan untuk membuat beberapa kerajinan. Sehingga hal tersebut dapat menjadi usaha kreatif yang dapat dilakukan oleh masyarakat yang bukan hanya menghasilkan keuntungan secara materil, tetapi juga dari lingkungan yang akan menjadi lebih bersih dan menjadi salah satu hal yang dapat mencegah global warming misalnya karena tidak membuang barang dan memanfaatkannya kembali. Beberapa cara memanfaatkan barang bekas yang dapat dilakukan dengan mudah misalnya adalah sebagai berikut:

  • Membuat sendok plastik bekas menjadi lampu

Cara pertama untuk memanfaatkan barang bekas adalah dengan membuat sendok plastik menjadi lampu hias yang cantik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah dengan mengumpulkan sendok plastik bekas es krim dan lainnya dan kemudian di lem menyerupai tempat untuk menaruh lampu. Anda bisa untuk membuat berbagai hiasan dan ide untuk tempat lampu tersebut dari bentuk buah nanas, kapal, dan banyak lainnya yang tergantung dari kekreatifitasan Anda. Sisakan tempat di tengah untuk lampu dan dapat untuk menyambungkan kabel sehingga bisa dinyalakan dan menjadi salah satu pilihan lampu tidur yang cantik dan juga bermanfaat untuk lingkungan.

  • Tempat make up dari kardus bekas

Usaha kreatif selanjutnya yang bisa dilakukan oleh masyarakat adalah dengan memanfaatkan kardus bekas. Misalnya untuk kardus bekas tersebut dapat dibuat untuk menjadi tempat make up dimana bentuknya juga bisa beragam dan mempunyai banyak tingkat. Selain tempat make up, ada banyak fungsi dan bentuk yang bisa dibuat dengan kardus bekas tersebut. Bahkan juga untuk membuat lemari yang digunakan untuk menaruh pajangan dan barang yang tidak berat di rumah.

Baca Juga: Belajar Cara Mengembangkan Produk untuk Usaha Kreatif yang Lebih Baik

  • Sedotan untuk gelang

Salah satu barang bekas yang bisa dapat dengan mudah ditemui di tempat sampah dan sangat banyak jumlahnya adalah sedotan. Barang tersebut menjadi sedotan sekali pakai dan langsung dibuang ketika telah selesai digunakan. Padahal ada banyak hal lainnya yang bisa dibuat dengan sedotan tersebut. Seperti membuat gelang sendiri dengan sedotan yang disetrika, membuat kunciran rambut, dan banyak kerajinan lainnya.

  • Plastik bekas menjadi tas

Dan usaha kreatif selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah dengan menyulap plastik bekas yang merupakan sampah paling besar di dunia menjadi barang yang lebih berguna. Salah satunya dibuat menjadi tas terutama dapat dibuat totebag untuk menjadi tas yang bisa dipakai ketika ke pasar dan ke tempat lain. Dengan usaha tersebut, bukan hanya menjadi salah satu usaha yang kreatif tetapi juga mempunyai manfaat yang baik untuk penyelamatan bumi dari barang bekas yang sulit terurai alam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *