You are here: Home / Bisnis / Beberapa Pilihan Investasi Tabungan Terbaik Untuk Hari Tua

Beberapa Pilihan Investasi Tabungan Terbaik Untuk Hari Tua

Merencanakan hari tua harus sudah Anda pikirkan sejak hari ini. Dengan perencanaan sejak dini mencegah saat memasuki usia senja mengalami penurunan kualitas hidup. Sekarang sudah banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memiliki tabungan jaminan di hari tua.

Hampir semua lembaga keuangan menawarkan dan menyiapkan dana di masa tua. Lembaga keuangan membantu dalam merencanakan seberapa besar dana yang harus disiapkan secara rutin.

Bentuk-bentuk investasi untuk hari tua bermacam-macam, ada yang bentuknya asuransi, tabungan atau investasi dalam bentuk instrument finansial seperti: obligasi, saham, atau ada juga dana pensiun lembaga keuangan yang lebih dikenal dengan singkatannya DPLK. Lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

Asuransi

Asuransi adalah pilihan alternatif terbaik yang bisa dijadikan persiapan untuk hari tua. Anda harus mencermati dengan benar jenis-jenis asuransi dan pilih sesuai dengan kebutuhan. MisalnyaL asuransi pendidikan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi kecelakaan, asuransi kesehaan, asuransi poferti dsb.

Sebelum Anda membeli produk asuransi ada baiknya pastikan dulu ekspektasi hasil yang akan Anda terima saat pensiun.

Tabungan

Ada banyak jenis tabungan yang ditawarkan oleh lembaga keuangan, baik bank-bank swasta ataupun bank pemerintah. Salah satunya adalah jenis regular yaitu jenis investasi untuk jangka waktu tertentu. Jenis investasi ini memberikan beberapa keuntungan, yaitu tingkat bunga dengan fluktuasi yang rendah artinya resiko investasinya rendah.

Baca Juga:Peluang Investasi Masa Depan

Produk Finansial

Alternatif lainnya yang bisa Anda jadikan investasi saat tua adalah saham, obligasi dan reksanada. Mungkin diantara pembaca belum begitu paham mengenai produk finansial ini. Yang dimaksud dengan obligasi adalah investasi untuk jangka panjang dengan tingkat pengembalian yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan deposito. Bunga yang terdapat pada obligasi atau surat hutang yang kita beli dari perusahaan akan dibayar secara periodik.

Produk perbankan lainnya yang memberikan keuntungan jangka panjang adalah saham. Saham disini merupakan surat kepemilikan perusahaan oleh para penanam saham atau disebut dengan istilah investor. Keuntungan menanam saham adalah devidan dan capital gain jika ada kenaikan harga saham suatu hari nanti. Jika Anda ingin menjalankan bisnis saham, sebaiknya mengetahui lebih banyak mengenai saham.

Sedangkan reksadana memiliki resiko terbatas dan tingkat pengembaliannya relatif lumayan besar.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Produk lainnya yang bisa dijadikan pilihan sebagai tabungan investasi di hari tua adalah Dana Pensiun Lembaga Keuangan atau DPLK.  Alternatif investasi ini adalah yang paling menguntungkan, karena tidak dikenakan pajak dan jumlah bunga yang diterima akan terus diakumulasikan.

Jadi semakin lama menabung maka bunganya akan terus betambah. Selain itu, keuntungan dari tabungan ini adalah tidak bisa diambil sewaktu-waktu. Dengan demikian tabungan ini bisa fokus untuk hari tua. DPLK bisa diambil minimal saat memasuki usia 45.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *