You are here: Home / Bisnis / Beberapa Contoh Peluang Bisnis Menjanjikan di Daerah Pedesaan
Beberapa Contoh Peluang Bisnis Menjanjikan di Daerah Pedesaan

Beberapa Contoh Peluang Bisnis Menjanjikan di Daerah Pedesaan

Urbanisasi di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, terutama pasca mudik lebaran. Banyak masyarakat desa yang datang ke kota dengan harapan bisa mendapatkan penghidupan yang lebih baik. Hal ini karena didasari pemikiran bahwa peluang pekerjaan maupun usaha di kota lebih menjanjikan daripada di desa. Tak jarang kita lihat di desa banyak anak muda yang merantau sampai ke kota. Sehingga tak jarang suatu desa tidak mengalami kemajuan yang signifikan. Sebenarnya jika mau menggali dan berfikir kreatif, desa juga menyimpan banyak potensi bisnis menjanjikan.

Beberapa Contoh Peluang Bisnis Menjanjikan di Daerah Pedesaan

Kota memang menjanjikan banyak peluang pekerjaan yang tinggi, namun untuk menjalankan bisnis di kota tidak segampang yang dibayangkan. Persaingan bisnis di kota lebih ketat daripada di desa. Walaupun tidak menampik untuk jaringan pemasaran memang lebih bagus di kota. Jika kita mau menggali lebih lagi, desa juga menawarkan banyak peluang usaha. Sehingga bagi yang tinggal di desa tak usah jauh-jauh pergi kota untuk menggapai kesuksesannya. Adapun peluang bisnis di desa yang menjanjikan, diantaranya yaitu:

  • Beternak ayam kampung.

Kebutuhan akan daging ayam kampung setiap hari semakin meningkat di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini tentu bisa dijadikan peluang usaha bagi yang tinggal di desa. Rumah-rumah di desa kebanyakan memiliki pekarangan yang luas. Jadi kita bisa memanfaatkan sebagian lahan pekarangan menjadi kandang ayam. Merawat ayam kampung tidak susah, cukup memberikan makan minum yang teratur dan terus memperhatikan kebersihan kandang ayam.

  • Budidaya ikan.

Budidaya ikan merupakan salah satu bisnis menjanjikan di pedesaan saat ini. Banyak daerah-daerah yang membutuhkan berbagai jenis pasokan ikan segar setiap harinya. Jadi jika masih bingung ingin memulai bisnis apa di pedesaan, bisa dicoba usaha yang satu ini. Bagi yang mempunyai sawah, bisa memanfaatkan sedikit lahannya untuk dijadikan empang ikan. Namun ada baiknya sebelum memulai bisnis yang satu ini kita melakukan survei pasar terlebih dahulu, dari mulai ikan apa yang paling di cari di pasaran, agen dan distributor ikan, cara perawatan, harga jenis-jenis bibit ikan.

Baca Juga:Berikut Daftar Bisnis Menjanjikan dengan Keuntungan yang Melimpah

  • Usaha hidroponik.

Masyarakat perkotaan biasanya memanfaatkan pekarangannya yang terbatas untuk menanam sayuran secara hidroponik. Bagi yang tinggal di pedesaan tentunya tidak mau kalah bukan? Hasil pertanian hidroponik sangat diminati saat ini oleh masyarakat karena lebih sehat dan higienis. Sistem hidroponik juga lebih praktis dan mudah dalam perawatannya. Lahan di desa memang sangat luas, namun dengan bercocok tanam secara hidroponik akan menjadikan pemanfaatan lahan lebih efektif. Hidroponik yang paling mudah bisa dimulai dari sayuran terlebih dahulu. Untuk memulai usaha yang satu ini, tentu harus paham cara bercocok tanam hydroponic dengan baik.

  • Usaha salon potong rambut.

Untuk memulai usaha salon, tentu harus menguasai ilmunya dahulu yang bisa didapatkan dari kursus salon. Untuk mendirikan usaha salon juga tidak membutuhkan banyak modal.

Semua aspek bisa menjadi bisnis menjanjikan jika kita mau berfikir lebih kreatif. Hidup di desa juga tidak menutup kemungkinan seseorang untuk sukses. Kunci sukses adalah jangan mau mengalah dengan keadaan dan teruslah berinovasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *