You are here: Home / Bisnis / 5 Tips Branding Dalam Membangun Bisinis Dari Bawah
5 Tips Branding Dalam Membangun Bisinis Dari Bawah

5 Tips Branding Dalam Membangun Bisinis Dari Bawah

Dalam merintis bisnis, popularitas sebuah brand turut menentukan arah pertumbuhan usaha yang Anda miliki. Semakin populer brand bisnis yang Anda rintis maka akan semakin besar pula pertumbuhanya, begitu pun sebaliknya. Brand atau nama bisnis memang bukan hal sepele, sama halnya saat Anda memberikan nama pada anak Anda. Nama bukan lagi sebuah hal tanpa arti, karena nama yang Anda berikan akan berdampak langsung pada perjalanan usaha Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung.

5 Tips Branding Dalam Membangun Bisinis Dari Bawah

Lantas bagaimana jika Anda baru memulai usaha dari nol dengan artian brand yang Anda miliki belum populer? Jangan khawatir karena di bawah ini ada beberapa tips branding dalam membangun bisnis yang bisa Anda simak.

Mengetahui Pasar Anda

Tips branding pertama dalam membangun usaha kecil menjadi brand besar adalah dengan memikirkan bagaimana cara agar merek bisnis Anda tepat pada sasaran atau target pasar. Setiap bisnis tentu saja memiliki target untuk dijadikan sasaran pemasaran. Target pasar yang dimaksud bisa berupa umur, profesi, pekerjaan, kebutuhan, tren, jenis kelamin dan lainnya. Gunakan referensi ini sebagai acuan dalam menentukan target bisnis Anda. Dan alangkah baiknya lagi jika Anda memfokuskan lebih detail mengenai target pasar yang diperluka, agar nantinya Anda lebih mudah dalam menentukan strategi bisnis.

Perhatikan Penampilan Merek Anda

Selanjutnya, tips branding kedua adalah menentukan penampilan bisnis Anda, baik itu berupa logo maupun kemasan produk. Karena daru nama dan desain brand Anda bisa menarik pelanggan untuk melihat dan membeli produk atau layana yang Anda tawarkan. Dalam membuat merek yang menarik, Anda bisa menggunakan bahasa visul serta desain esetika yang menarik. Pastikan desain brand Anda juga menggunakan font tulisan yang konsisten agar karakter dan ciri khas produk yang Anda tawarkan mudah diingat orang.

Pakai Kata-kata yang Mudah Dideskripsikan

Penggunaan kata juga bisa mempengaruhi pamor brand bisnis Anda. Usahakan kata yang Anda gunakan bisa menggambarkan produk bisinis Anda secara umum. Jika Anda sanggup menemukan kata yang tepat, maka Anda telah berhasil menggunakan kata kunci merek yang sesuai dengan target dan tujuan produk Anda. Oleh sebab itu, pastikan tips branding ini bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin agar nantinya produk yang Anda jual bisa lebih mudah dikenal oleh msyarakat.

Ciptakan Nama Merek yang Mengandung Solusi

Untuk tips branding selanjutnya adalah memikirkan merek produk yang bisa memberikan pesan sebagai solusi bagi para pembeli. Pasalnya merk yang Anda berikan bukanlah sekadar sebuah nama melainkan juga akan memberikan pesa tertentu kepada publik. Untuk itu, usahakan untuk membuat merek bisnis yang mampu menyampaikan pesan solusi bagi target pasar. Jadi, ketika pembeli sedang membutuhkan sesuatu, secara otomatis akan langsung teringat dengan merek bisnis Anda.

Cermatlah Dalam Berpromosi

Berkat perkembangan media sosial, para pelaku usaha diuntungkan dalam mempromosikan brand mereka agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Menariknya lagi mempromosikan produk melalui media sosial bisa dilakukan secara gratis. Hal ini tentu saja menguntungkan para pelaku usaha karena bisa menghemat dana yang dianggarkan khusus untuk kebutuhan promosi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *