You are here: Home / Bisnis / 5 Poin Penting yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Investasi di Startup
5 Poin Penting yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Investasi di Startup

5 Poin Penting yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Investasi di Startup

Seiring berkembangnya teknologi saat ini, sudah individu yang memanfaatkan startup sebagai peluang bisnis yang menjanjikan di masa depan. Tak hanya bisnis kuliner, Anda juga bisa membuka bisnis yang berkaitan dengan kegiatan sosial dan lain sebagainya. Tak jarang berbagai investor dunia juga kerap berinvestasi di startup guna menunjang kemajuan bisnis tersebut di masa depan. Untuk memperoleh bantuan dana dari investor merupakan hal yang tidak mudah. Berikut beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui sebelum investasi di startup, antara lain.

5 Poin Penting yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Investasi di Startup

  1. Jenis Bisnis yang Dikembangkan Startup

Perlu Anda ketahui, bahwa tingkat persaingan bisnis investasi di startup semakin pesat dan ketat. Baik kalangan mahasiswa, masyarakat umum, bahkan orangtua sekalipun juga turut bergabung dalam bisnis startup ini. Jika tidak ingin kalah bersaing, Anda perlu mengembangkan bisnis Anda supaya terlihat unik dan lain daripada yang lainnya. Hal ini bertujuan supaya bisnis Anda mudah dikenali oleh konsumen berkat ciri khas keunikan bisnis Anda.

  1. Kredibilitas Founder dan Tim

Selanjutnya, poin penting yang perlu Anda ketahui adalah bahwa kesuksesan investasi di startup dikarenakan adanya kegigihan dan perjuangan orang-orang dibalik layar. Seorang investor biasanya melakukan penilaian dari segi kredibilitas founder dan tim. Mereka mencari tahu sejauh mana startup tersebut sudah dikelola.

  1. Track Record dari Perusahaan Startup

Suatu perusahaan dinyatakan sukses apabila sebuah perusahaan tersebut memiliki kinerja atau pencapaian yang sangat baik. Adapun sebuah perusahaan biasanya memiliki track record yang akan dinilai oleh investor tersebut nantinya. Selain itu, dengan adanya track record kita dapat memastikan banyak atau tidaknya partisipan yang berminat daftar. Dengan demikian, jika bisnis Anda memiliki track record yang baik, akan ada banyak investor yang berminat menanamkan modalnya demi kemajuan startup Anda di masa yang akan datang.

  1. Perputaran Modal Bisnis

Dalam kegiatan investasi di startup, proses perputaran modal bisnis sangat erat kaitannya dengan kinerja founder dan tim dalam mengupayakan perkembangan bisnis startup tersebut. Semua investor tentu akan berminat menanamkan modalnya apabila modal berputar cepat dalam bisnis tersebut. Jika modal cepat berputar, maka founder, tim, dan juga investor akan lebih lancar merasakan keuntungan dari bisnis tersebut.

  1. Achievement Perusahaan Startup

Kinerja suatu perusahaan startup bisa dikatakan stabil jika terdapat achievement setiap tahunnya. Bisnis startup yang berkembang, tentunya akan menghasilkan keuntungan yang semakin bertambah juga. Oleh sebab itu, tingkat risiko yang akan dihadapi bisnis tersebut lebih kecil ketimbang perusahaan startup yang kinerjanya selalu labil atau naik turun. Maka, sebagai pebisnis yang bijak, alangkah baiknya pandai-pandai dalam mengelola bisnis serta mampu menarik perhatian para investor untuk ikut andil dalam kinerja bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *