You are here: Home / Bisnis / 5 Perusahaan Raksasa di Dunia Bisnis
5 Perusahaan Raksasa di Dunia Bisnis

5 Perusahaan Raksasa di Dunia Bisnis

Setiap orang memiliki cara berbeda untuk membangun mimpi dan meniti karir masing-masing. Beberapa memilih untuk terjun di dunia bisnis dan beberapa lagi memilih berkarir di dunia pemerintahan. Mereka yang memilih untuk membangun bisnis sendiri berupaya untuk membuat perusahaan atau tempat di mana orang lain bisa berkarir.

5 Perusahaan Raksasa di Dunia Bisnis

Tak sedikit dari mereka yang sukses membangun kerajaan bisnis hingga menjadi perusahaan besar yang memiliki bangunan tinggi menjulang serta sukses mempekerjakan ribuan karyawan. Berikut ini beberapa perusahaan terbesar dan tersukses yang ada di dunia bisnis.

Industrial and Commercial Bank of China, China

China salah satu negara yang paling sukses mengembangkan dunia bisnis. Hal tersebut terbukti dari beberapa perusahaan raksasa yang terdapat di sana, salah satunya ICBC atau Industrial and Commercial Bank of China. ICBC adalah bank komersial terbesar yang ada di China selain China Construction Bank. Perusahaan raksasa ini memiliki aset senilai RMN 11 triliun atau setara dengan USD 1.6 triliun. Kini ICBC telah memiliki 18.000 outlet yang ada di seluruh dunia.

China Construction Bank, China

Ada lagi satu perusahaan terbesar di dunia bisnis setelah ICBC, yakni China Construction Bank. Bank komersial terbesar di China ini didirikan pada 1 Oktober 1954 yang awalnya bernama People’s Construction Bank of China. Baru kemudian pada tahun 1996, bank ini berubah nama menjadi China Construction Bank. Hingga 2009 bank ini tercatat memiliki aset mencapai RMB 8.7 triliun pada tahun 2009 dan memiliki 13.629 cabang yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Berkshire Hathaway, United States

Selain di China, Amerika Serikat juga surganya perusahaan raksasa terbesar di dunia bisnis, yakni Berkshire Hathaway. Perusahaan ini merupakan perusahaan konglomerasi yang bergerak di bidang asuransi termasuk asuransi properti dan asuransi jiwa. Perusahaan raksasa ini berpusat di Omaha dan dikendalikan oleh Warren Buffet salah satu investor terkenal dan terkaya kedua di Amerika Serikat. Hingga saat ini, Berkshire tercatat memiliki aset bisnis lain seperti penjualan retail permen, penerbitan koran, penjualan ensiklopedia, perhiasan, dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan laba bersih yang dihasilkan perusahaan dengan jumlah karyawan yang mencapai 180.000 ini sebesar USD 10.254 miliar pada tahun tahun 2011.

JPMorgan Chase, United States

JPMorgan Chase and Co merupakan sebuah perusahaan raksasa di dunia bisnis yang fokus di bidang sekuritas, perbankan serta investasi. Perusahaan ini berpusat di New York City, Amerika Serikat juga menyediakan jasa keuangan yang cukup besar. Dengan aset senilai USD 2 triliun, tak heran jika perusahaan ini dikenal sebagai institusi perbankan dengan kapitalisasi pasar kedua di Amerika Serikat.

Apple, United States

Setelah perusahaan terbesar di dunia bisnis selalu dikuasai oleh perusahaan bank dan keuangan, kini ada perusahaan raksasa yang bergerak di bidang elektronik, yakni Apple Inc. Perusahaan multinasional ini berbasis di Silicon Valley, California, Amerika Serikat yang fokus merancang, mengembangkan serta menjual barang yang termasuk dalam barang elektronik, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Tercatat pada tahun 2013, Apple Inc mencapai laba bersih hingga USD 37.037 miliar dan mempekerjakan sekitar 80.000 karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *