You are here: Home / Bisnis / 5 Ide Usaha Pertanian, Peluang Bisnis Rumahan dengan Keuntungan Melimpah
5 Ide Usaha Pertanian, Peluang Bisnis Rumahan dengan Keuntungan Melimpah

5 Ide Usaha Pertanian, Peluang Bisnis Rumahan dengan Keuntungan Melimpah

Bagi sebagian orang, bekerja full time dengan terikat jam kerja di kantor adalah sebuah hal yang membosankan. Tak heran jika kini sudah banyak pekerja kantor yang alih profesi menjadi pengusaha. Tak perlu jadi pengusaha besar. Anda bisa membuka peluang bisnis dengan memulainya dari dari rumah. Salah satunya seperti usaha agrobisnis yang belakangan banyak dilirik oleh masyarakat. Selain tak membutuhkan modal besar, pengelolaan bisnis ini juga terbilang mudah. Anda tidak perlu memiliki lahan yang luas karena bisnis ini bisa tetap berjalan meski dengan menerapkan sistem hidroponik. Sistem ini memungkinkan Anda menanam tanaman dengan memanfaatkan halaman depan rumah atau teras belakang rumah.

5 Ide Usaha Pertanian, Peluang Bisnis Rumahan dengan Keuntungan Melimpah

Berikut beberapa ide usaha agrobisnis yang bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda.

Reseller Jual Beli Bibit secara Online

Langkah pertama untuk memulai bisnis tanaman adalah menyediakan bibit yang unggul untuk membuat peluang bisnis pertanian Anda semakin meningkat. Saat bibit Anda sudah siap jual, maka Anda bisa memasarkannya secara luas, baik secara konvensional ataupun memasarkannya secara online. Namun, jika Anda masih ragu memiliki usaha sendiri, Anda bisa menjadi reseller dari toko online yang sudah lebih dulu memiliki nama besar yang dikenal masyarakat.

Mengembangkan Sayuran Hidroponik

Seperti telah dipaparkan sebelumnya, bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik bisa jadi alternatif bagi Anda yang belum memiliki lahan luas. Terlebih lagi jika Anda tinggal di daerah perkotaan dan baru merintis usaha agrobisnis ini. Dengan menggunakan sistem hidroponik, Anda bisa menanam sayuran organik tanpa pestisida. Peluang bisnis ini bisa Anda kembangkan, mengingat permintaan sayuran organik belakangan ini semakin meningkat seiring dengan banyaknya orang sudah beralih ke gaya hidup sehat. Tak hanya itu, pengembangan sayuran hidroponik juga terbilang cukup mudah karena Anda tidak membutuhkan lahan yang luas serta modal yang dibutuhkan relatif kecil.

Usaha Obat dari Bahan Alami

Belakangan ini, beberapa orang yang mengidap penyakit lebih memilih pengobatan alternatif dengan menggunakan obat dari bahan alami. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan untuk Anda dengan mengembangkan tanaman obat secara hidroponik. Banyak jenis tanaman yang bisa Anda kembangkan menjadi obat-obatan alami, seperti kunyit, lidah buaya, jahe merah, kencur, lengkuas dan lain sebagainya. Selain sistem penanamannya yang mudah, usaha agrobisnis yang satu ini juga bisa dijalankan dengan skala kecil dan tidak menutup kemungkinan usaha ini dapat berkembang menjadi lebih besar jika permintaan dari konsumen semakin banyak.

Budidaya Jamur Tiram

Jamur sebagai salah satu makanan sumber protein dari dulu hingga saat ini tak pernah sepi peminat. Menariknya lagi, jenis usaha budidaya jamur masih terbilang sepi, padahal potensi keuntungannya sangat besar. Kondisi inilah yang bisa Anda jadikan peluang bisnis. Ada bisa mengembangkan tanaman jamur, salah satunya jenis jamur tiram yang sangat digemari masyarakat. Ketika sudah berkembang, Anda bisa menjualnya di restoran mewah atau hotel-hotel, mengingat mereka menjadi jamur sebagai bahan utama untuk mengolah berbagai jenis menu makanannya.

Berbagai Budidaya Tanaman Rempah-Rempah

Peluang bisnis bidang pertanian selanjutnya adalah budidaya tanaman rempah-rempah. Indonesia yang terkenal memiliki potensi rempah-rempah yang melimpah, tidak akan membuat Anda bingung mencari tanaman rempah-rempah apa yang cocok Anda tanam. Selain itu, menanam rempah-rempah juga tidak membutuhkan lahan dengan kontur tanah yang khusus. Anda bisa memanfaatkan halaman rumah dengan menanam bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *