You are here: Home / Bisnis / 5 Ide Bisnis Kreatif dari Dunia Pendidikan yang Layak Anda Coba
5 Ide Bisnis Kreatif dari Dunia Pendidikan yang Layak Anda Coba

5 Ide Bisnis Kreatif dari Dunia Pendidikan yang Layak Anda Coba

Jika ingin sukses dalam dunia bisnis, Anda harus jeli melihat peluang di sekitar yang mungkin saja cocok untuk dijadikan sumber penghasilan. Salah satu ide bisnis yang cukup berpotensi meraup keuntungan adalah membuka usaha di bidang pendidikan.

5 Ide Bisnis Kreatif dari Dunia Pendidikan yang Layak Anda Coba

Jika Anda tertarik membuka usaha bisnis di bidang pendidikan dan sedang mencari ide yang tepat sesuai dengan modal yang Anda miliki, berikut ada beberapa referensi yang bisa Anda pertimbangkan.

Les Privat

Salah satu ide bisnis di bidang pendidikan yang hanya membutuhkan modal kecil adalah les privat. Hanya dengan bermodalkan ilmu yang Anda miliki dan kendaraan, Anda sudah bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Bisnis les privat ini menyasar siswa yang kesulitan mendalami pelajaran di sekolah. Kelebihan lain dari membuka bisnis les privat ini adalah Anda bisa mendapatkan penghasilan besar, tergantung dari tingkat pendidikan siswa yang Anda ajar, karena Anda tidak bergabung dengan lembaga bimbingan belajar. Sehingga fee yang akan Anda dapatkan tidak terpotong karena Anda bekerja secara independen.

Les Baca Tulis dan Hitung

Di banyak kota besar di Indonesia, hampir sebagian warganya menghabiskan waktu di luar rumah untuk urusan pekerjaan. Alhasil mereka yang memiliki anak, tidak sempat memberikan pelajaran tambahan kepada anak-anaknya. Kondisi inilah yang bisa Anda jadikan ide bisnis dengan membuka les baca dan menghitung untuk anak-anak yang membutuhkan bimbingan ekstra. Anda bisa menawarkan jasa mendidik dan mengajar anak-anak kepada orang tua yang memiliki kesibukan yang padat di luar rumah. Bisnis ini sangat cocok untuk Anda tekuni, terutama untuk Anda yang menyukai dan sabar terhadap anak-anak.

PAUD 

Ide bisnis selanjutnya adalah membuka Pendidikan Anak Usia Dini atau yang lebih dikenal dengan PAUD. Hanya saja, perlu Anda ketahui bahwa bidang bisnis satu ini tidak bisa dijalankan sendiri. Untuk mendirikan sekolah PAUD Anda membutuhkan orang yang ahli menangani anak-anak. Karena bukan tidak mungkin para orang tua tidak mempercayakan anak mereka kepada sekolah PAUD yang tidak memiliki tenaga ahli di bidangnya.

Kursus Bahasa Asing

Kemampuan bahasa asing menjadi kini menjadi salah satu keterampilan yang wajib dimiliki setiap orang untuk menunjang keberhasilan pendidikan dan karir. Setidaknya mampu berbahasa inggris adalah keterampilan awal yang harus dikuasai. Situasi ini bisa Anda jadikan ide bisnis yang menjanjikan. Apalagi jika Anda memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam berbahasa asing. Untuk mengembangkan bisnis ini, Anda bisa mengajak beberapa rekan yang memiliki keterampilan yang sama untuk turut berpartisipasi sebagai tenaga pengajar. Bisnis ini memiliki prospek yang besar kedepannya, mengingat kebutuhan masyarakat pada pendidikan bahasa asing terus meningkat dari hari ke hari.

Kursus Komputer

Di zaman yang serba digital ini, seseorang dituntut untuk memiliki keterampilan menggunakan komputer beserta software yang ada di dalamnya. Peluang ini bisa Anda jadikan ide bisnis. Jika Anda merasa ahli dalam ilmu komputer dan software, Anda bisa mendirikan bisnis pendidikan ilmu komputer. Targetnya menyasar anak sekolah dan orang dewasa yang memerlukan pengetahuan untuk bisa mengoperasikan komputer dan software tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *