You are here: Home / Bisnis / 5 Hal Yang Menggagalkan Ide Usaha

5 Hal Yang Menggagalkan Ide Usaha

Memulai sebuah ide usaha tentu tidak semudah membalik telapak tangan. Ada banyak kendala dan tantangan yang tentunya berbeda – beda pada masing – masing orang.

Begitu kuat keinginan untuk meraih keuntungan yang maksimal dalam setiap ide usaha yang telah dijalankan, tetapi hasilnya akan tetap sama jika selalu melakukan 5 hal berikut ini :

  • Ketidakjelasan perencanaan kedepan

Merencanakan segala sesuatunya sebelum memulai sebuah pekerjaan tentu akan memberikan hasil yang berbeda jika dibandingkan tanpa persiapan sama sekali. Merencanakan segala sesuatunya dengan seksama merupakan langkah penting pertama yang harus dilakukan, terlebih jika hal tersebut menyangkut bisnis. Setelah itu, lakukan rencana tersebut dengan konsisten, baik dalam pelaksanaannya maupun tata cara sesuai rencana semula. Dengan begitu, apapun kondisi yang dialami oleh bisnis, kita mempunyai sebuah planning yang akan dilakukan di kemudian hari.

  • Besar pasak daripada tiang

Lebih banyak pengeluaran daripada pemasukan yang dihasilkan juga menjadio salah satu penyebab bisnis yang dijalnkan tidak kunjung mendapatkan keuntungan.  Melakukan perencanaan pada pemasukan dan pengeluaran bisa menjadi solusi yang pas unutk mencegah kerugian yang terjadi. Dengan hal ini, posisi keuangan dan modal yang tersisa bisa diketahui dengan pasti. Satu yang terpenting, pengeluaran yang ada bisa terkontrol dengan baik.

  • Sasaran pemasaran yang tidak tepat

Marketing atau aktifitas penjualan merupakan ujung tombak pada suatu bisnis. Apapun jenis bisnisnya, penjualan adalah hal utama yang perlu diperhatikan. Tingkat keberhasilan suatu bisnis ditanda dengan tingkast penjualannya, apakah laku atau tidak. Jika diabaikan, hal inilah yang akan membunuh bisnis yang telah dijalankan secara perlahan – lahan.

  • Produk yang kurang diminati

Jika penjualan produk dalm bisnis yang dijalankan terasa lambat, ada beberapa kemingkinan yang terjadi. Antara pemasarannya yang kurang dan produk yang kurang diminati. Bisa jadi dalam produk tersebut mempunyai banyak kekurangan yang membuat konsumen enggan membeli. Solusinya adalah dengan memperhatikan kualitas produk tersebut dan mencari target konsumen yang sesuai dengan produk tersebut.

lalu, tantangan seperti apa yang kelak akan dihadapi dalam proses usaha, demi mewujudkan ide usaha secara mandiri :

  • Ide yang Anda jalankan belum tentu benar

Ide yang Anda jalankan untuk memulai bisnis belum tentu berhasil. Anda harus berani untuk menaruh keberanian di ide dan memberikan usaha yang maksimal. Walaupun begitu, dengan semangat serta kerja keras, usaha Anda pun akan mampu membuahkan hasil.

  • Harus berani gagal

Kegagalan merupakan hal lumrah yang biasa dirasakan oleh banyak orang. Apabila Anda berani untuk memulai bisnis sendiri, maka Anda pun harus berani untuk gagal. Namun kegagalan ini bukanlah merupakan akhir dari proses Anda menuju kesuksesan. Gagal justru merupakan awal dari sebuah perjuangan yang nantinya pasti mampu membuahkan hasil.

  • Gaya hidup yang berubah total

Apabila Anda terbiasa untuk bangun pagi dan bekerja sesuai dengan waktu kantor, maka Anda harus siap untuk merubah kebiasaan Anda tersebut. Menjadi pengusaha berarti Anda harus siap dengan ketidakpastian. Hal ini berarti Anda harus rela untuk bekerja lebih dari jam kerja yang biasa Anda lakukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *