You are here: Home / Bisnis / 5 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis

5 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis

Banyak orang yang memiliki modal usaha untuk memulai bisnis, namun beberapa di antara mereka gagal memanfaatkannya dengan. Alih-alih berkembang, modal usaha tersebut justru hangus begitu saja karena tidak pintar dalam mengelolanya dengan baik. Tak hanya itu, ada pula pelaku usaha yang tidak mampu bertahan melawan tantangan dunia bisnis yang tidak menentu. Untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut sebelum membangun sebuah usaha, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.

Cari Role Model 

Orininalitas adalah salah satu poin penting yang paling dibutuhkan dalam memulai bisnis. Hanya saja, Anda sebaiknya tidak mengabaikan referensi dalam berkiblat. Oleh karena itu, carilah role mode atau panutan yang telah sukses dalam bidang usaha yang sama lalu pelajarilah dengan baik kiat-kiat sukses yang mereka ajarkan. Namun, jika Anda tidak menemukannya, mungkin saja bentuk usaha tang Anda lakukan sebelumnya tidak berhasil. Tak ada salahnya mencoba selama Anda bisa berpikir lebih realistis.

Cari Rekan Kerja

Pepatah yang menyebutkan bahwa dua kepala lebih baik daripada satu mungkin saja ada benarnya dalam dunia usaha. Untuk itu, sebelum memulai bisnis carilah rekan kerja yang bisa Anda ajak diskusi karena biasanya ide kreatif akan muncul jika Anda sering melakukan brain storming dengan seseorang. Selain itu, rekan kerja juga bisa menyokong Anda dalam segi pendanaan modal usaha. Biasanya untuk memulai suatu usaha Anda membutuhkan modal awal yang tidak sedikit. Dengan demikian, bantuan modal dan ide dari rekan kerja bisa membuat Anda lebih ringan dalam memikul beban memulai bisnis.

Waktu Adalah Uang

Pepatah yang menyebutkan waktu adalah uang sanga penting untuk Anda jadikan panduan dalam memulai bisnis. Misalnya saja Anda harus mengantarkan barang ke pelanggan Anda dan perjalanan bisa memakan satu jam. Jika Anda bisa menggunakan jasa pengiriman untuk mengantarkan barang tersebut dengan hanya membayar ongkos jalan sebesar Rp 10.000, lebih baik tempuh cara ini. Dibandingkan Anda harus membuang waktu Anda selama satu jam padahal hal tersebut bisa ditukar dengan uang senilai Rp 10.000. Lebih baik gunakan waktu satu jam Anda untuk keperluan yang lebih penting. Hal inilah yang disebut sebagai efisiensi waktu. baca juga 4 Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Restoran Sendiri

Cari Karyawan Terbaik

Agar usaha Anda semakin berkembang, cobalah merekrut karyawan untuk membantu Anda. Tentu saja hal tersebut dilakukan jika Anda sudah memiliki modal lebih dan ketika Anda merasa bisnis Anda sudah cukup siap merekrut karyawan. Hanya saja, dalam merekrut karyawan Anda diperlukan kehati-hatian yang ekstra. Pilihlah karyawan yang memiliki sikap atau attitude yang baik dan jujur. Selebihnya, Anda bisa memastikan calon karyawan tersebut mau membantu Anda mencapai visi dari bisnis yang Anda lakukan.

Buat Perhitungan  

Untuk memulai bisnis, pastikan dulu Anda memperhitungkan semuanya secara terperinci. Yang dimaksud dalam hal ini adalah Anda harus tahu berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk membangun usaha. Misalnya ketika Anda membutuhkan sebuah toko, hitung berapa harga sewa bangunan, gaji karyawan yang akan dipekerjakan hingga hal remeh-temeh yang nantinya Anda butuhkan, seperti harga pembersih lantai, biaya bola lampu dan sebagainya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *