You are here: Home / Bisnis / 4 Tipe Orang yang Dibutuhkan untuk Merintis Bisnis Startup
4 Tipe Orang yang Dibutuhkan untuk Merintis Bisnis Startup

4 Tipe Orang yang Dibutuhkan untuk Merintis Bisnis Startup

Merintis sebuah startup bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan berbagai usaha yang kuat untuk membangunnya. Tak hanya itu, sebuah startup yang tengah dirintis juga membutuhkan modal, target dan strategi pemasaran, tim yang solid dan lain sebagainya. Di antara semua hal tersebut, sumber daya manusia yang ada dalam sebuah bisnis startup yang menjadi kunci suksesnya sebuah startup. Tanpa adanya adanya tim yang solid, rintisan startup  tidak bisa bergerak maju.

4 Tipe Orang yang Dibutuhkan untuk Merintis Bisnis Startup

Untuk itu, Anda harus memilih orang-orang yang memiliki kemampuan dan minat yang sesuai dengan tanggung jawab pekerjaannya masing-masing. Sebelum mendirikan sebuah bisnis startup, ada baiknya Anda mengenal dengan baik tipe-tipe orang yang dibutuhkan untuk merintis usaha ini, berikut ulasan lengkapnya.

Si Jenius

Entah bisnis jenis apapun pastinya membutuhkan orang yang  jenius untuk memberikan beragam masukan, ide atau gagasan, termasuk dalam bisnis startup ini. Selain itu, kepintaran otak si jenius ini sangat dibutuhkan untuk menghasilkan produk unik dan belum pernah direalisasikan oleh siapapun sebelumnya sehingga nantinya bisa menarik perhatian masyarakat.

Seorang Front-End Engineer

Saat Anda baru mau merintis bisnis startup, tentu Anda belum memiliki sumber daya yang mumpuni. Namun, yang perlu Anda ketahui, jika Anda ingin rintisan startup maju, Anda harus merekrut seorang front-end engineer. Dia inilah yang nantinya membantu Anda dalam pemrograman dan menentukan tampilan atau tema dekorasi web yang unik sehingga menarik orang untuk mengunjungi website startup Anda.

Seorang Back-End Engineer

Sosok yang tak kalah penting dalam membangun sebuah bisnis startup adalah seorang “back-end engineer. Dia adalah orang yang berperan dalam mengatur mekanisme kerja dan pembentukan sistem, seperti pembentukan hosting dan penerjemahan kode-kode ke dalam bahasa teknis. Nantinya, jika menemui masalah, ia akan memberikan solusi terbaik untuk menciptakan teknologi yang sangat dibutuhkan startup milik Anda.

Manajer Pemasaran

Peran selanjutnya adalah bagian pemasaran yang memiliki fungsi yang sangat penting di dalam sebuah bisnis. Nantinya mereka yang bergerak dalam bidang pemasaran akan dihadapkan langsung dengan konsumen yang merupakan sumber keuntungan dan profit sebuah perusahaan. Untuk itu, Anda sangan membutuhkan manajer pemasaran yang berkinerja baik dan handal untuk merealisasikan target utama perusahaan.

Selain itu, manajer pemasaran juga harus memiliki ide cemerlang untuk meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan bisnis, memperluas pangsa pasar dan yang tidak kalah penting adalah bagaimana caranya memperoleh pundi-pundi keuntungan.

Sedangkan untuk karyawan di bidang manajemen keuangan, Anda harus menempatkan orang-orang yang terpecaya karena merekalah yang akan mengelola keuangan perusahaan Anda. Selain itu, mereka juga harus jeli melihat kesempatan dan peluang dengan membuat rumusan pemasaran agar tujuan bisnis startup Anda bisa tercapai. Jadi, sudah siapkah Anda untuk membangun bisnis ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *