You are here: Home / Bisnis / 4 Jenis Dasar Bisnis Internet yang Bisa Anda Coba

4 Jenis Dasar Bisnis Internet yang Bisa Anda Coba

Ketika Anda memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, pastinya sudah berdasarkan banyak pertimbangan, diantaranya adalah waktu yang tersedia, juga keuntungan hingga kemungkinan kerugiannya. Selama ini memang banyak diantara masyarakat yang hanya melihat prospek keuntungannya saja, tanpa melihat kemungkinan resikonya, sehingga ketika sudah berhubungan dengan kerugian tak berani lagi mencoba untuk menjalankan usaha tersebut. Padahal dalam setiap bisnis apapun jenisnya resiko sudah pasti ada. Tak menutup kemungkinan juga untuk bisnis internet.

Internet adalah sebuah dunia maya baru yang sekarang ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dapatkan peruntungan, diantaranya adalah dengan jual beli atau tawarkan sebuah jasa. Internet mencangkup semua belahan dunia, sehingga tak bisa dipungkiri jika seandainya kemungkinan untuk sukses juga sangat besar. Apalagi untuk mereka yang ingin menjangkau pasaran internasional.

Ada banyak jenis bisnis internet ini, diantaranya yang wajib Anda ketahui adalah:

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Bisnis Internet Cocok Dijadikan Usaha Sampingan

  1. Bisnis sistem dropship, istilah dropship digunakan untuk mereka yang menggeluti sebuah bisnis, namun tak mengeluarkan modal sama sekali, khususnya adalah modal dalam bentuk uang. Pelaku bisnis hanya menawarkan barang dan spesifikasi produk secara lengkap, ketika ada yang membelinya, maka nantinya baru diambilkan barang dari supplier, mereka tak mengeluarkan modal sama sekali, hanya berlaku sebagai seorang perantara, namun dapatkan keuntungan yang tinggi.
  2. Menjadi seorang reseller, reseller ini berbeda dengan dropshipper, dimana jika dropshipper tak mengeluarkan modal sama sekali, maka reseller masih menyetok barang, hanya saja mereka mengandalkan lapak gratisan di internet, misalnya adalah media sosial, sebuah market place atau blog sebagai media untuk menjual barang tersebut. Resiko kerugian sudah pasti ada karena barang tersebut telah di stock sebelumnya, namun keuntungannya juga lebih tinggi dibandingkan sebatas menjadi reseller.
  3. Menjual produk sendiri, berbeda dengan dropship maupun reseller, mereka yang menjual produk sendiri memulainya dari tingkatan yang paling dasar, yaitu dengan berbelanja bahan baku kemudian mengelolanya, biasanya bisnis-bisnis kreatif yang memang paling banyak mengandalkan jenis ini, bisa menjual ebook, sebuah game atau juga sebuah desain website. Prosesnya memang lebih lama, namun tak jarang juga mereka yang mendapatkan nama dengan mengelola usaha yang satu ini.
  4. Menawarkan jasa, jasa yang banyak dicari untuk bisnis online ini biasanya terkait penulisan, penerjemah hingga jasa berhubungan dengan IT, Anda tak mengeluarkan modal dalam bentuk uang, melainkan dapat pemasukan dari skill atau keahlian yang dibeli oleh orang lain.

Itulah jenis-jenis bisnis internet yang harus diketahui, tentukan mana yang ingin Anda coba, membuat dan menjual produk sendiri, hanya sebagai reseller atau justru dropshipper. Semuanya bisa dipilih sesuai dengan keahlian masing-masing. Tentunya tingkat keuntungannya juga berbeda-beda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *