You are here: Home / Bisnis / 4 Cara Mengelola Ide Usaha Laundry untuk Membuatnya Berkembang

4 Cara Mengelola Ide Usaha Laundry untuk Membuatnya Berkembang

Membuka usaha laundry rumahan atau kiloan menjadi ide usaha yang cukup menarik untuk ditekuni, dan tentu saja dewasa ini begitu bermanfaat. Terutama bagi Anda yang tinggal di kawasan perkotaan dan kawasan industri dijamin bisnis ini akan mendapatkan banyak pelanggan. Sebab minimnya waktu dengan kesibukan di kantor sebagaimana orang perkotaan besar pada umumnya. Membuat kegiatan mencuci baju menjadi sangat sulit untuk dilakukan sehingga kebanyakan orang berpikir praktis dengan menitipkannya ke jasa laundry.

Cara Mengelola Usaha Laundry Rumahan

Mengetahui bahwa jasa laundry tengah dibutuhkan maka putuskan untuk menekuni bisnis tersebut supaya bisa mendapatkan penghasilan lebih. Jika diperhitungkan modal yang dibutuhkan minim dan tentu saja pengelolaannya sendiri terbilang mudah. Adapun cara mengelolanya antara lain:

  • Menentukan target konsumen dengan jelas,

Lokasi tempat Anda membuka usaha laundry tentu akan menentukan target konsumen yang diincar, apakah kalangan mahasiswa, perawat, rumah tangga, dan sebagainya. Mengetahui target konsumen sejak awal akan membantu mengelola usaha laundry ini dengan baik. Sehingga bisa menentukan tarif yang pas dan tentu saja memberikan layanan yang sesuai dengan permintaan.

Baca Juga: Usaha Kecil Menengah dengan Modal Kecil

  • Mengetahui cara memperlakukan baju kotor,

Supaya pengguna jasa ide usaha laundry yang Anda inginkan merasa puas dengan layanan yang diberikan. Maka usahakan untuk memahami bagaimana cara memperlakukan baju kotor supaya bisa bersih maksimal dan tidak merusak. Sebab dalam mencuci baju tidak cukup hanya merendam dalam larutan deterjen lalu dijemur dan disetrika. Perlu pemisahan beberapa golongan baju berdasarkan warna dan jenis kotoran yang menempel. Tujuannya tentu saja menghindari warna putih kelunturan warna pakaian lain dan menjadikan baju bersih secara total.

  • Melakukan layanan antar jemput,

Membuka jasa laundry jika menunggu bola datang dijamin akan kalah saing mengingat usaha satu ini sudah banyak dirintis pelaku bisnis lain. Selain mempertahankan kualitas layanan Anda pun perlu siap menjemput bola. Salah satunya dengan Anda yang mencari konsumen sehingga pengguna jasa tidak perlu repot-repot datang ke lokasi laundry. Melainkan Anda berkeliling naik motor dan membawa keranjang besar untuk menaruh cucian kotor para pelanggan. Setelah selesai dicuci Anda antarkan kembali sehingga pelanggan lebih nyaman memakai jasa laundry Anda

  • Memberikan tarif yang terbilang bersaing,

Kalau diperhatikan jasa laundry yang ada di sekitar kita memasang tarif yang terbilang hampir sama. Kecuali untuk cucian jenis tertentu misal boneka, selimut tebal, karpet, dan sejenisnya maka tarif masing-masing penyedia jasa akan berbeda. Taktik untuk menjalankan bisnis satu ini adalah mengusahakan memberikan tarif yang bersaing. Hindari keinginan memasang tarif lebih mahal, meskipun hasil cucian Anda lebih baik sebab cenderung mencari yang murah. Pertimbangkan ide usaha laundry ini dan kelola dengan cara yang sudah diuraikan agar sukses.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *