You are here: Home / Bisnis / 2 Peluang Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

2 Peluang Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Dengan adanya internet dibarengi dengan teknologi yang semakin canggih membuka peluang bisnis yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Salah satunya adalah usaha sampingan yang berpeluang dijalankan oleh ibu rumah tangga.

Ada banyak manfaat menjalankan bisnis rumahan, diantaranya mendapatkan penghasilan tambahan, kegiatan yang asik dan membuka jaringan bisnis. Jika usaha sampingan dijalankan dengan serius terbuka peluang mencapai kesuksesan.

Banyak ibu rumah tangga yang setelah menikah memutuskan berhenti bekerja dan fokus ke tugas dan kewajiban sebagai ibu. Ibu rumah tangga identik dengan pekerjaan di dalam rumah dan tidak bekerja di luar rumah. Anggapan tersebut ada benarnya, namun jika dikaitkan dengan kondisi ibu rumah tangga yang menjalankan usaha sampingan bisa berbeda. Karena ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis rumahan adalah ibu yang juga bekerja namun dilakukan di rumah sehingga tugas dan kewajiban terhadap keluarga tidak terbengkalai.

Ada beberapa jenis bisnis rumahan yang bisa dikerjakan dengan fleksibel dan modalnya tidak terlalu besar. Apa saja jenis usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga? Simak penjelasannya berikut ini:

Usaha Jualan Makanan Ringan atau Makanan Berat

Bagi ibu yang hobi memasak, bisa pilih jenis usaha rumahan di bidang kuliner. Usaha yang satu ini tidak pernah sepi, karena semua manusia membutuhkan makanan dan bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Untuk menjalankan bisnis ini yang pertama tama harus dilakukan adalah memilih jenis makanan yang akan dijual, apakah jenis makanan ringan atau berat.

Baca Juga:Informasi Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Jika modal terbatas, bisa pilih jualan makanan ringan karena bahan dan peralatan yang dibutuhkan tidak sebanyak menjalankan bisnis makanan berat. Setelah menentukan jenis makanan, buat perencanaan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Menjual makanan ringan selain bisa dilakukan dirumah juga bisa dengan strategi pemasaran yang lain yaitu: memasukkan ke warung-warung, kantin disekitar daerah tempat Anda tinggal atau bisa menggunakan akun jejaring sosial untuk menjualnya.

Gabung Menjadi Reseller

Ingin menjalankan bisnis rumahan namun tidak ada modal sama sekali, solusi yang paling tepat adalah menjadi reseller. Jenis usaha ini tidak membutuhkan modal sama sekali karnea ANda hanya menjual barang milik pemasuk dan tidak perlu membeli barangnya.

Banyak jenis barang yang bisa dijadikan pilihan dengan segmen pasar yang terbuka lebar, misalnya: kosmetik, busana muslim, perabotan rumah tangga dsb. Agar bisnis Anda laku sebaiknya pilih barang yang banyak diminati dan minim penjualnya.

Selain kedua jenis usaha rumahan tersebut, masih banyak jenis peluang bisnis sampingan lainnya yang cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga, seperti: menjual nasi kuning, jual pulsa, jual kerajinan tangan, membuka jasa menjahit, salon dan lain sebagainya. Kelebihan menjalankan usaha rumahan,  selain mendapatkan penghasilan, Anda tidak harus melepaskan kewajiban sebagai seorang istri dan ibu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *