Category Archives: Bisnis

You are here: Home / Bisnis

Mengelola Usaha Modal Kecil Baiknya Lewat Internet, Berikut 4 Alasannya!

Kalau Anda pernah mendengar dan sedang ditawari untuk menjalankan peluang usaha modal kecil maka tidak ada salahnya diambil. Memiliki usaha sendiri membuat seseorang memiliki kesempatan untuk bekerja secara fleksibel dan memperoleh keuntungan skala besar. Anda tentu lebih tergiur untuk menjadi seorang pengusaha dibanding menjadi pegawai kantoran, bukan? Nah, pertimbangkan untuk menekuninya sekarang juga untuk bisa memiliki lebih banyak waktu menjalankan usaha tersebut. Sebab mengembangkan sebuah usaha tidak cukup menjetikan jari, kadang prosesnya lumayan panjang.

Pertimbangkan Usaha Lewat Internet

Minimnya modal bisa membantu Anda menjalani usaha sendiri dan salah satu pilihannya adalah usaha lewat internet. Usaha online sangat mendukung kondisi Anda yang modalnya minim karena beberapa alasan berikut:

  • Tidak perlu modal menyediakan produk jualan,

Membuka usaha online jenis tertentu tidak menuntut pelakunya untuk menyediakan produk sendiri, sehingga tidak memerlukan modal untuk melakukan proses produksi. Bisa memilih menjadi reseller atau dropshipper untuk mampu mendapatkan penghasilan dari internet. Modal pun bisa ditekan, sehingga Anda tidak menunggu lama untuk menjadi seorang pengusaha.

Baca Juga: Usaha Online Menjadi Dropship, Modal Kecil Untung Besar

  • Menekan biaya sewa toko atau tempat jualan,

Menekuni usaha modal kecil memang sangat terbantu dengan peluang usaha online sebab kebutuhan modal sangat memungkinkan untuk ditekan. Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membayar sewa tempat usaha misalnya ruko, toko, dan sebagainya. Cukup membangun website atau memanfaatkan media sosial dan membuat lapak usaha berbasis online. Tanpa fisik seseorang sudah bisa memiliki tempat usaha dan tentunya modal yang dibutuhkan sangat kecil. Jauh lebih ekonomis dibanding memilih menjalankan usaha secara offline yang membuat rekening tabungan berkerut.

  • Menghapus kebutuhan menggaji karyawan,

Menjalankan sebuah usaha tentu akan sulit jika dijalankan sendiri maka memerlukan partner, salah satunya merekrut karyawan. Sehingga membantu menjaga lapak usaha untuk kemudian Anda mengurus kebutuhan usaha lain. Namun, pertimbangkan usaha berbasis online sebab tidak perlu menggaji karyawan. Tidak perlu menunggu toko karena nantinya pembeli akan menghubungi Anda sehingga selama menjalankan usaha kegiatan usaha yang diperlukan tetap bisa dijalankan berbarengan. Menarik sekali untuk ditekuni supaya bisa menjadikan modal minim memberi hasil maksimal.

  • Bisa dijalankan sekedar modal kuota internet,

Minimnya biaya operasional membuat pelaku usaha online bisa jadi hanya menyediakan modal berupa kuota internet. Sehingga tidak perlu keluar uang bensin untuk menjajakan produk usaha ataupun datang ke lapak usaha. Biaya-biaya tambahan yang tidak terduga pun bisa dihindari yang tentu saja secara otomatis modal yang dikeluarkan semakin hemat. Tidak keliru jika memilih usaha berbasis online untuk memanfaatkan modal minim yang bisa disediakan. Bersama internet kesempatan menekuni usaha modal kecil terbuka semakin lebar dan tentu saja semakin mudah pula.

Perhatikan 4 Cara Berikut Agar Mampu Mengelola Bisnis Modal Kecil

Zaman sekarang tidak begitu sulit untuk menjalankan bisnis modal kecil sebab banyak peluang tersaji di depan mata. Asalkan Anda mau memanfaatkan salah satunya maka akan menikmati kesuksesan meski dalam skala kecil di tahap awalnya. Menjalankan bisnis memang tidak bisa dengan kata ‘buru-buru’ wajib sekali untuk bersabar terutama di masa awal bisnis dirintis. Berbekal dengan modal yang jumlahnya terbatas otomatis ruang gerak Anda dalam berbisnis ikut terbatas. Maka perlu dikelola dengan benar dan cermat agar bisa menghasilkan keuntungan maksimal dalam tempo singkat.

Cara Mengelola Bisnis dengan Modal Kecil

Ketika modal yang dimiliki jumlahnya sangat terbatas maka akal dan kecerdasan Anda akan mendominasi tindakan dalam menjalankan bisnis. Supaya terasa mudah dikelola maka simak beberapa cara berikut:

  • Minimalkan pengeluaran bisnis,

Dalam menjalankan bisnis tentu Anda tidak hanya mengeluarkan modal untuk kebutuhan produksi. Bisa jadi ada kebutuhan untuk membeli alat tulis guna mencatat semua arus keluar masuk modal bisnis tersebut. Pengeluaran tentu akan beragam dan Anda wajib sekali untuk menekan pengeluaran tersebut seminimal mungkin agar tidak berpengaruh pada keuangan bisnis.

  • Memproduksi dalam skala kecil,

Kalau modal yang dimiliki sejak awal memang kecil maka dalam menjalankan bisnis pilih cara paling aman. Yakni dengan melakukan produksi skala terbatas dengan maksud menekan keluarnya modal. Produksi minim tentu perlu ditawarkan kepada orang terdekat dulu dan memang pelaku bisnis modal kecil wajib untuk bersabar. Keuntungan skala kecil berkat produksi jumlah terbatas perlu diatur agar bisa meningkatkan skala produksi. Perlahan jumlah produksi yang dilakukan akan meningkat dan keuntungan pun ikut mengalami peningkatan

  • Jual dengan teknik online,

Menjual produk yang sudah dibuat tentu akan keluar modal lagi, misalnya menyewa stand di ajang pameran. Atau memilih berjualan di tepi jalan bisa jadi ada tarikan biaya sehingga perlu dipertimbangkan. Pilihan yang paling aman adalah menjualnya secara online sebab Anda tinggal memoto produk jualan dan menunggu pesanan. Anda bahkan bisa menekan angka produksi dengan sistem PO sehingga produksi baru dijalankan ketika pesanan diterima. Resiko barang tidak laku bisa ditekan meski keuntungan yang didapat terbatas karena menunggu orderan.

  • Berikan harga yang cukup menarik,

Di masa awal usahakan untuk tidak mengambil keuntungan berlebihan, Anda bisa menimbang menekan nilai keuntungan. Dijamin tidak rugi sebab perlahan konsumen akan terus bertambah dan pemasukan bisnis akan ikut berkembang. Ketika di awal Anda sudah membandrol harga tinggi tentu konsumennya terbatas, padahal Anda butuh modal cepat berputar. Maka pilih dijual cepat dengan ditawarkan di berbagai media dan kesempatan tentunya dengan harga menarik. Setelah mendapat pelanggan setia maka Anda sudah berhasil memulai bisnis modal kecil dengan benar.

4 Tips Memulai Bisnis Online Anti Gagal yang Wajib Diperhatikan

Ketertarikan untuk memiliki bisnis sendiri ternyata saat ini semakin mudah diwujudkan berkat adanya peluang bisnis online. Menjalani bisnis melewati dunia maya atau internet terbilang menjadi peluang bisnis yang menggiurkan untuk dimanfaatkan. Anda bisa menekuni bisnis dengan mudah dan tentu saja ada lebih banyak keuntungan yang bisa dipetik dari bisnis berbasis online ini. Siapa saja bisa memulainya, mulai dari anak sekolah sampai kalangan ibu rumah tangga bisa berpenghasilan melalui internet. Modalnya pun terbilang murah dan beberapa bahkan tidak menuntut pengorbanan modal sama sekali.

Tips Memulai Bisnis Lewat Internet

Bisnis berbasis internet bisa dimulai dengan modal yang terbatas dan tidak harus memiliki dasar ilmu mengenai bisnis dan produk yang dijual. Supaya tidak gampang simak tips berikut untuk kemudahan jalan memulai bisnis secara online:

  • Mencari produk yang mudah disediakan,

Anda wajib melakukan survey untuk menentukan produk jualan ketika menjalankan bisnis berbasis internet. Mulailah dengan mencari produk yang memang mudah untuk Anda sediakan, misalnya Anda memiliki keterampilan membuat produk itu sendiri. Atau memilih menjual produk tetangga untuk dipasarkan lewat internet.

Baca Juga: Ragam Bisnis Online Bagi Pemula

  • Memahami cara memfoto produk agar menarik,

Modal pelaku bisnis online adalah foto produk dan tentu saja kualitas dari produk itu sendiri, namun fokus dulu pada foto produknya. Sebab foto yang kurang menarik meski menyediakan produk yang bermutu tinggi akan susah menggaet pembeli. Maka belajar dulu bagaimana memfoto produk jualan online agar terlihat menarik dan mengundang. Anda bisa belajar secara otodidak dengan berburu tutorial lewat internet atau bertanya kepada teman yang kebetulan paham dunia fotografi.

  • Tawarkan kualitas dengan harga yang sesuai,

Dalam berbisnis ada baiknya tidak selalu fokus hanya pada keuntungan Anda perlu memikirkan soal kualitas pada point utamanya. Sebab produk yang bagus akan menjadi media promosi yang tentunya tepat sasaran. Anda tidak perlu menulis kalimat panjang untuk mempromosikan produk tersebut karena kepuasan pembeli akan memberi ulasan yang membuat orang berbondong membeli produk tersebut. Maka sediakan produk yang mutunya bagus dan soal harga bisa disesuaikan dengan modal dan keinginan, namun minimalkan keuntungan di awal.

  • Pertimbangkan untuk melakukan promosi online,

Tentu tidak benar jika menjalankan bisnis berbasis online membuat pelakunya tidak perlu melakukan promosi. Meskipun internet diakses oleh semua orang namun bukan berarti mereka langsung tahu Anda memiliki website jualan atau akun media sosial khusus berbisnis. Maka usahakan untuk mempertimbangkan promosi online yang tentunya ragam caranya lumayan banyak. Lebih efektif promosi berbayar baik lewat akun selebriti media sosial, Google Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya. Promosi secara tepat dan kontinyu akan membantu bisnis online berjalan baik.

Ragam Usaha Online dengan Modal Minim

Ingin memiliki bisnis atau usaha online namun tak memiliki modal besar? Tak perlu khawatir, karena saat ini banyak bisnis online yang membutuhkan modal minim. Apa saja bisnisnya? Berikut ulasannya.

  1. Menjadi Reseller / Dropshipper

Menjadi reseller atau dropshipper adalah kita tidak usah pusing mengenai stok barang serta pengiriman. Ada banyak toko di dunia maya yang memberikan penawaran program ini, akan tetapi ketika ingin menjalin kerjasama sebaiknya dilihat dulu track record dari toko online tersebut.

  1. Menjual Jasa Menulis

Bagi yang memiliki hobi menulis, ada pula usaha online menjanjikan di dunia maya dengan menjadi ghost writer artikel-artikel atau konten website yang biasanya menggunakan teks serta artikel.

Banyak pemilik website yang tak memiliki skill atau waktu untuk membuat konten, oleh karena itu banyak mencari jasa para penulis website. Dan ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan dengan hanya bermodalkan laptop dan jaringan internet saja.

  1. Menjual Jasa Pembuatan Website/Blog

Bagi yang memiliki kemampuan membuat website atau blog, bisnis menjual jasa ini sangatlah tepat. Pembuatan website/blog ini tak terbatas pada membuatnya saja, akan tetapi tetap harus memperhatikan desainnya dan lain sebagainya.

  1. Menjadi Makelar Online

Jenis bisnis ini banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis online dimana mempertemukan penjual serta pembeli produk. Untuk menjadi makelar online ini, tentunya butuh jaringan serta kenalan yang luas. Beberapa jenis bisnis yang sering menggunakan jasa makelar online ini adalah menjual property, menjual website, dan lain sebagainya.

  1. Bisnis MLM Online

Hingga sekarang masih banyak yang memiliki pandangan negatif terhadap bisnis MLM. Padahal bisnis ini memiliki potensi tinggi serta memberikan keuntungan bagi banyak orang. Akan tetapi tetap harus jeli dalam memilih MLM.

  1. Menjadi Blogger Profesional

Bagi para blogger bisa memantapkan diri untuk menjadi blogger profesional. Tak sedikit para blogger yang mempunyai penghasilan tinggi dari blog yang dibangunnya. Penghasilan blog ini biasanya berasal dari PPC (Pay Per Click) Google Adsense, review produk, space iklan dan lain sebagainya.

  1. Bisnis Offline di Dunia Maya

Apabila memiliki bisnis offline, tak ada salahnya untuk melebarkan sayap di dunia maya, hal ini bisa meningkatkan keuntungan serta brand produk. Tidak sedikit pengusaha UKM yang akhirnya berhasil mengembangkan bisnis offlinenya di dunia maya hingga akhirnya bisa memperoleh keuntungan yang berlipat ganda. Untuk memasarkan bisnis offline di dunia maya tidaklah sulit dan tidak membutuhkan modal besar, kita cukup memajang produk yang kita jual secara offline di media sosial atau blog, maka ini bisa menarik minat konsumen yang lebih luas.

Itulah ragam usaha online yang membutuhkan modal minim dan bisa dilakukan oleh siapa saja, karena dalam usaha yang terpenting adalah niat, kerja keras, dan konsistensi sehingga nantinya akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

 

Strategi Marketing Bisnis Restoran

Berbicara mengenai strategi marketing sebuah restoran, tentunya berkaitan erat dengan kreatifitas yang dimiliki oleh pelaku usahanya. Ada banyak cara atau startegi yang bisa ditempuh untuk meningkatkan penjualan serta mendapatkan perhatian dari calon pelanggan.

Lalu, strategi marketing seperti apa yang bisa digunakan oleh pengusaha restoran untuk memasarkan produk restoran agar sukses dan unggul? Berikut ini adalah strategi yang bisa dilakukan untuk memperoleh banyak pelanggan.

  1. Buat Sesuatu yang Berbeda

Untuk sebuah marketing yang baik, tentunya harus membuat sesuatu yang beda agar konsumen memberikan perhatian lebih. Misalnya seperti yang dilakukan oleh restoran ‘Steak Kiloan’ dimana harga steak diukur dari berat daging steak, sehingga konsumen bisa memilih daging seperti apa yang mereka inginkan sesuai dengan kondisi perut dan dompet. Dengan konsep marketing yang unik ini membuat omset restoran ini cukup besar.

  1. Pemasaran Lewat Jejaring Sosial

Ide pemasaran yang unik tak hanya bisa dilakukan di dunia nyata, akan tetapi juga bisa dilakukan di dunia maya lewat media sosial sehingga bisa dijangkau lebih banyak calon konsumen dan tentunya modalnya lebih murah. Misalnya banyak produk-produk ponsel yang memasarkan via media sosial dengan tweet atau video di youtube.   

  1. Brand Ambassador Restoran

Tak bisa dipungkiri bawa brand ambassador bisa menjadi alat promosi yang efektif. Hal ini bisa dilakukan dengan menyewa tokoh atau publik figur. Apabila membayar artis terlalu mahal, bisa dengan menggunakan tokoh sekitar yang memiliki prestasi, seperti duta wisata daerah, atau murid berprestasi nasional dan internasional.

Baca Juga: Bisnis Terkini Affiliate Marketing, Peluang Menjadi Pembisnis Sukses

  1. Libatkan Konsumen

Selain melibatkan tokoh masyarakat untuk menjadi brand ambassador restoran, langsakh selanjutnya adalah dengan melibatkan konsumen agar bisa berperan aktif untuk menjalankan strategi pemasaran. Misalnya bagi konsumen yang sudah menjadi member restoran bisa mengajak berapa orang maka di restoran akan mendapatkan diskon atau harga khusus. Hal ini bisa diartikan sebagai melibatkan konsumen dalam pemasaran restoran.

  1. Pemberian Diskon

Siapa yang tak suka dengan diskon? Hampir setiap orang tentunya suka akan diskon. Pemberian diskon ini akan menarik pelanggan untuk datang ke restoran. Pemberian diskon pun bisa dilakukan secara kreatif. Misalnya seperti yang dilakukan oleh restoran ‘Super Penyet’ dimana memberikan diskon dengan mengambil rata-rata berat badan pengunjung yang datang. Apabila pengunjung datang berlima, maka dihitung berat badan rata-rata lima orang tersebut. Jika setelah ditimbang berat badan rata-rata mereka adalah 76 kilogram, maka mereka akan mendapatkan diskon sebanyak 76 %. Hal ini tentunya menggiurkan bukan? Selain bisa mengajak pengunjung untuk datang dengan banyak orang, pengunjung bisa memperoleh diskon.

Itulah tips dalam melakukan strategi marketing untuk sebuah restoran. Pada intinya adalah harus mau berinovasi dan melakukan hal-hal baru dalam pemasaran.

 

Ragam Bisnis Online Bagi Pemula

Perkembangan internet yang pesat memang menjadi salah satu faktor pendorong tingginya minat seseorang untuk memulai bisnis online. Sebenarnya, ada beragam jenis bisnis di dunia maya yang bisa menjadi pilihan untuk pemula, yaitu sebagai berikut:

  1. Membangun Blog atau Website

Langkah paling mudah ketika ingin membangun bisnis online adalah membuat blog atau website yang berisikan topik tertentu yang memiliki manfaat untuk audiens. Buat blog yang berkaitan dengan keahlian dan hobi, sehingga akan banyak orang yang memiliki hobi atau keahlian tersebut akan datang berkunjung.

Sesudah blog atau website mempunyai pengunjung yang banyak, maka selanjutnya bisa memonetisasi blog dengan beragam cara, seperti dengan memasang iklan, bisa iklan afiliasi, iklan produk sendiri, iklan PPC Google Adsense, dan lain sebagainya. Dengan memiliki sebuah blog profesional, tentu nantinya akan bisa memberikan keuntungan dari beragam jenis monetisasi.

  1. Membangun Toko Online

Membangun toko online adalah salah satu bisnis yang paling banyak dilakukan di dunia maya. Meski berupa toko online, akan tetapi yang dijual tetaplah produk fisik, caranya adalah dengan memajang produk di toko online kemudian mempromosikannya ke berbagai media online. Apabila tidak memiliki produk sendiri pun masih bisa berjualan online dengan cara dropship dari produk orang lain. Apabila menjalani toko online sebagai dropshipper, tidak perlu memusingkan tentang pengadaan barang, packing serta pengiriman barang dan cukup promosi saja. Saat pengiriman pun, kita bisa meminta nama kita/toko online milik kita ditulis sebagai pengirim.

Baca Juga: Tips Bisnis Online Agar Semakin Sukses Dan Dikenal Banyak Orang

  1. Menjual Produk Digital

Apabila memiliki keahlian pada bidang tertentu, maka keahlian ini bisa dimanfaatkan. Misalnya mempunyai keahlian di bidang digital, maka bisa menjual ebook, video, dan lain sebagainya. Bisnis ini memiliki potensi yang besar, apalagi pada zaman digital seperti sekarang ini, yang mana banyak orang menyukai segala hal yang praktis. Produk digital ini biasanya akan banyak diminati di komunitas-komunitas tertentu, seperti komunitas pelaku bisnis daring yang banyak menggunakan e book.

  1. Menjadi Affiliate Marketer

Apabila memiliki blog namun tidak memiliki barang yang dijual, bisa dengan menjadi broker yang menjual barang orang lain atau disebut juga affiliate marketer. Produk yang dijual bisa berupa produk fisik, bisa juga berupa produk digital, sesuaikan dengan blog kita.

  1. Menjadi Penulis Artikel

Penulis artikel adalah salah satu profesi yang banyak dibutuhkan dalam dunia digital saat ini, dikarenakan banyak pemilik website yang membutuhkan jasa penulis untuk mengisi konten di situs mereka. Tidak hanya situs besar, akan tetapi situs kecil juga banyak membutuhkan penulis handal.

Itulah ragam bisnis online yang bisa menjadi pilihan bagi para pemula yang ingin merambah bisnis di dunia internet. Pilih yang sesuai minat dan sesuai dengan passion yang dimiliki.

Peluang Sukses Usaha di Kota Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang ramai dengan pendatang, baik itu para wisatawan, maupun para pelajar atau mahasiswa yang merantau ke kota ini. Ramainya Yogyakarta dengan segala pesonanya tentunya menjadi sebuah daya tarik tersendiri untuk membuka usaha di Kota Pelajar ini. Apa saja peluang sukses dalam membuka usaha di Kota Yogyakarta yang bisa mendatangkan keuntungan besar? Berikut ulasannya:

  1. Usaha Kuliner

Yogyakarta memiliki penduduk yang heterogen dan berasal dar berbagai tempat, apalagi aktivitas pariwisata di Yogyakarta begitu tinggi, maka peluang usaha kuliner sangatlah terbuka lebar. Ada banyak jenis kuliner yang bisa menjadi pilihan, seperti makanan khas jawa, atau makanan-makanan unik yang tentunya akan menarik perhatian.

  1. Usaha Penginapan

Ada jutaan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta setiap tahunnya. Ini tentunya menjadi pasar yang menjanjikan untuk membuka usaha penginapan. Untuk memulai bisnis ini tidaklah sulit, bisa dengan menyewakan beberapa kamar di rumah.

  1. Usaha Kos-Kosan

Yogyakarta merupakan kota pelajar yang memiliki banyak kampus diberbagai sudut kota Yogyakarta. Oleh karena itu, sangatlah menjanjikan apabila membuka usaha kos-kosan, terlebih jika memiliki rumah di dekat kampus.

  1. Usaha fashion

Kota Yogya adalah salah satu kota yang mana usia remaja di bawah 25 tahun berada pada urutan tertinggi di Indonesia, hal ini bisa jadi karena Yogya dihuni oleh mahasiswa yang berusia antara 18-22 tahun. Usia remaja ini tentunya akan seringkali mengikuti tren dalam hal fashion, oleh sebab itu, usaha fashion bisa menjadi peluang yang bagus di Yogyakarta.

  1. Usaha Gadget

Gadget adalah salah satu barang yang saat ini dibutuhkan oleh banyak orang, begitu juga dengan masyarakat di Yogyakarta. Apalagi Yogya dihuni oleh para mahasiswa dan pelajar yang sering mengikuti tren hp terkini, Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk membuka usaha jual beli gadget di yogyakarta.

  1. Usaha Stationer dan Foto Kopi

Mahasiswa tentunya membutuhkan beragam perlengkapan seperti alat tulis, buku, kalkulator, serta berbagai macam peralatan lainnya. Ini bisa menjadi potensi untuk dikembangkan. Selain itu buka juga usaha fotokopi dan printing yang tentunya akan selalu dicari dan dibutuhkan oleh para mahasiswa setiap harinya.

  1. Usaha Oleh-oleh dan Souvenir

Yogyakarta adalah salah satu kota di Indonesia dengan wisatawan tertinggi, baik itu wisatawa lokal, maupun wisatawan mancanegara. Para wisatawan yang datang tentunya ingin membawa oleh-oleh dari tempat yang dikunjunginya. Hal ini tentunya bisa menjadi peluang sukses, yaitu dengan menjual oleh-oleh khas berupa makanan khas atau souvenir khas Jogja. Meski banyak toko souvenir dan oleh-oleh di Yogyakarta, namun dengan banyaknya wisatawan, tentunya toko oleh-oleh dan souvenir akan selalu laris.

Itulah beberapa peluang sukses dalam berbisnis yang bisa dijalani di Kota Yogyakarta. Selain peluang di atas, sebenarnya banyak lagi peluang usaha lainnya yang tentunya menjanjikan apabila dijalani dan ditekuni.

Strategi Untuk Mendapatkan Bisnis Terbaik

Di era ini, banyak anak muda yang berlomba-lomba untuk merintis usaha sendiri. Kemajuan teknologi dan munculnya tren yang terus berganti membuat mereka selalu berusaha berpikir kreatif. Mencari ide-ide usaha yang baru dan menemukan strategi-strategi yang bisa membuat bisnis terbaik semakin maju.

Meski tidak bisa dibilang mudah, banyak hal yang bisa kamu lakukan. Mulai dari memilih nama, membangun wajah brand-mu, hingga menemukan cara-cara cerdik untuk menarik pelanggan.

Agar usaha yang kamu tekuni menjadi bisnis terbaik, simak artikel dibawah ini :

  • Meski kelihatan sederhana, bisnis online shop tidak bisa dijalani seadanya. Pilih nama brand yang mudah diingat atau yang enak didengar

Saat ini banyak sekali anak muda umur 20-an mempunyai usaha berjualan di dunia maya atau yang biasa disebut online shop. Tak bisa dipungkiri, bisnis ini memang cukup menjanjikan dari segi keuntungan. Selain itu, bisnis online sangat memungkinkan dijadikan sambilan sehingga kamu yang masih kuliah pun tak akan kerepotan untuk membagi waktu. Meski tampak mudah, menjalankan bisnis ini bukannya tanpa tantangan. Perkara memilih nama dan membangun image atau wajah dari online shop-mu pun tak bisa sembarangan. Kamu harus memikirkan nama apa yang paling cocok. Tentunya harus yang mudah diingat atau diucapkan calon pelanggan. Bagaimana membuat logo, tagline, hingga gaya bahasamu saat promosi di media sosial dan membalas pesan dari pelanggan pun harus diperhatikan.

  • Merintis bisnis cafe memang menyenangkan. Soal pelayanan dan dekorasi cafemu harus bisa membuat pelanggan merasa nyaman

Banyak cafe atau restoran yang kini sukses jadi sasaran tempat nongkrong anak muda. Rata-rata dari jajaran cafe dan restoran yang sukses itu pastilah punya ciri khas tersendiri. Selain itu, mereka bisa menonjolkan kelebihan yang dimiliki sehingga mampu menarik banyak pelanggan setiap harinya. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah perkara dekorasi di cafe-mu. Pastikan kamu memilih jenis kursi, desain dinding, dan lampu-lampu yang serasi. Perkara kenyamanan tentulah jadi prioritas utama karena itulah yang menjadi daya tarik bagi pelangganmu. Yang kedua, soal pelayanan yang diberikan cafe-mu pun harus bagus, hingga pelayanan yang cepat tanggap dan ramah. Pastikan ada fasilitas yang memadai seperti wi-fi gratis misalnya.

  • Banyak anak muda tertarik menjajal bisnis clothing line

Bisnis clothing line boleh dibilang salah satu yang jadi favorit anak muda. Pasalnya, banyak dari mereka yang menyukai dunia desain dan fotografi sehingga keinginan untuk mengembangkan hobi menjadi bisnis pun semakin besar. Sayangnya, banyak dari kita yang mungkin terburu-buru atau tidak punya perhitungan matang sebelum menekuni bisnis ini. Akibatnya, bayangan kerugian dan kemungkinan usaha gulung tikar pun menjadi semakin besar. Satu hal yang terpenting ketika ingin menekuni bisnis ini adalah mengukur kemampuan diri sendiri terlebih dahulu. Ketika kemampuan untuk mendesain dan menghasilkan karya belum cukup mumpuni, tak ada salahnya mengajak teman atau rekan yang lebih ahli untuk bergabung. Memiliki tim yang solid sangat penting di bisnis ini. Pasalnya, bisnis clothing line memang membutuhkan inovasi setiap waktunya. Sebagai pengusaha, kamu harus aktif mengamati pasar dan mewujudkan apa yang mereka inginkan. Dan jangan lupa, perkara kualitas tentu jadi hal utama yang harus baik-baik dijaga.

 

Bisnis Terbaik : Usaha Cuci Mobil

Usaha cuci mobil termasuk kedalam bisnis terbaik, karena bisnis inti terhitung usaha yang pelanggannya tak akan habis karena jumlah pemilik kendaraan semakin banyak, dan cuci mobil salju merupakan pilihan yang sedang tren. Perkiraan modal usaha cuci mobil salju juga hanya sedikit lebih mahal daripada cuci mobil biasa, namun sebagai imbalannya, Anda bisa mendapat pelanggan lebih banyak karena banyak orang lebih memilih cuci salju daripada cuci biasa. Pasalnya, cuci salju lebih bisa mengangkat kotoran sekaligus membantu melapisi bodi mobil atau motor.

Jika Anda ingin membuka usaha cuci mobil salju, berikut perkiraan modal usaha dan perangkat yang diperlukan untuk menjalankan usaha bisnis terbaik ini:

  1. Tempat yang cukup luas, minimal bisa untuk 2 buah mobil dan mungkin 1 tempat untuk motor.
  2. Tangki snow wash dan shampoo wax yang digunakan untuk menghasilkan campuran ‘salju.’ Untuk tangki ini, sebaiknya Anda tidak pelit; belilah yang memang terbuat dari stainless steel serta memiliki pelat agak tebal.
  3. Kompresor angin yang digunakan untuk menghasilkan semprotan ‘salju’ sekaligus mengeringkan mobil.
  4. Alat penyemprot dan pembersih mobil seperti selang, lap microfiber dan sebagainya.

Rata-rata uang investasi yang Anda perlukan untuk semua perlengkapan ini adalah sekitar 7,5 juta rupiah, ditambah dengan shampoo wax yang harga per liternya sekitar 15 ribu rupiah. Akan tetapi, pemakaian shampoo ini cukup 1 liter untuk 25-60 liter air, yang bisa untuk mencuci antara 10 hingga 20 mobil. Rata-rata di Indonesia Harga Hidrolik untuk Steam Cuci Mobil adalah Berkisar antara Rp. 35.000.000,- sampai dengan Rp. 50.000.000,- untuk 2 hidrolik. Tergantung pada kualitas dan ketahanan masing-masing hidrolik. Rata-rata Harga 2 Hidrolik untuk Cuci Mobil ini sudah dipaket, lengkap dengan peralatan lainnya yang dibutuhkan dalam Usaha Cuci Mobil atau Cuci Salju.

Baca Juga: Bisnis Terkini Untuk Bulan Ramadhan

Peluang Usaha yang satu ini menjadi sangat menarik di Indonesia, karena setiap harinya penjualan kendaraan roda 4 ini juga semakin meningkat, hal ini membuka peluang bisnis baru dalam jasa pencucian kendaraan. Selain itu, sebagai sampingan, dalam usaha jasa cuci mobil ini, anda juga bisa membuka Jasa Cuci Kendaraan Sepeda Motor.

Lalu, bagaimana perhitungan keuntungan usaha ini? Sekedar perhitungan kasar: jika Anda memasang tarif 30 ribu rupiah per cuci mobil, dan Anda mencuci 5-10 mobil sehari, maka keuntungan kasar per hari adalah antara 150 ribu hingga 300 ribu rupiah. Jika dikalikan 30 hari, maka keuntungan kasar adalah antara 4.5 juta hingga 9 juta rupiah. Jika dikurangi dengan biaya shampoo 1000 rupiah perhari, biaya karyawan sebesar 10 ribu per hari dan biaya bensin, listrik serta air sekitar 10 ribu rupiah perhari, maka keuntungan bersih menjadi antara 4,2 juta hingga 8,5 juta rupiah per bulan.Nah, dengan semakin meningkatnya jumlah kendaraan, itu juga membuka peluang usaha baru dan semakin menjanjikan ditahun 2017 ini. Bisnis Cuci Salju atau Cuci Mobil ini akan sangat berkembang pesat di Indonesia, karena indonesia juga memiliki 4 musim yang akan membuat pengendara membutuhkan jasa cuci kendaraan ini.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda berminat dengan Peluang Bisnis yang satu ini?

Bisnis Terkini Untuk Bulan Ramadhan

Bisnis Terkini Untuk Bulan RamadhanPuasa menjadi bulan yang dinantikan oleh banyak orang. Bulan puasa juga menjadi waktu tepat bagi anda dalam menjalankan peluang usaha menjelang puasa. Banyak diantara usaha tersebut memang khusus terjadi selama Ramadan. Sementara usaha lainnya bisa dijalankan kapan saja. Menjalani usaha musiman tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Sehingga anda harus jeli dalam mengolah usaha tersebut. Perhatikan apabila kondisi pasar berubah, dan banyak tren baru bermunculan. Sehingga usaha anda akan sesuai dengan waktu yang ada. Menjelang bulan puasa tentu menjadi waktu sibuk bagi setiap keluarga. Menyediakan berbagai stok kebutuhan rumah tangga, adalah kegiatan yang sering dijumpai. Oleh karenanya peluang usaha menjelang puasa bisa anda manfaatkan dengan baik.

Di bawah ini adalah daftar beberapa bisnis terkini untuk bulan ramadhan :

  • Bisnis Menjual Makanan Takjil

Berbuka puasa membutuhkan makanan pembuka untuk dikonsumsi. Biasanya orang orang tidak memakan nasi beserta lauknya langsung. Selain perut akan kaget, makanan pembuka ini cocok untuk menghilangkan lapar. Bisnis keroket, risol, pastel, atau gorengan menjadi pilihan yang cocok untuk anda.

  • Usaha Membuat Minuman Takjil

Minuman manis menjadi salah satu favorit masyarakat ketika berbuka. Beberapa diantaranya disajikan dalam bentuk panas atau dingin. Contoh minuman tersebut adalah; jus, kolak, es pisang ijo, es kelapa muda. Jajakan minuman takjil dengan bungkus menarik agar orang tertarik membelinya.

  • Bisnis Jual Alat Kebutuhan Solat

Bulan puasa tiba, maka perlengkapan solat biasanya diganti ke barang yang baru. Barang seperti sarung, mukena, atau sejada merupakan contoh barang dengan permintaan tinggi. Apalagi ditambahkan dengan variasi variasi menarik ke dalam perlengkapan tersebut, tentu akan laku dijual.

  • Bisnis Menjual Kue Kering

Kudapan lebaran yang satu ini menjadi makanan wajib untuk disajikan pada saat lebaran nanti. Tidak heran apabila selama bulan puasa, peluang usaha menjelang puasa ini mengalami peningkatan jumlah pembeli. Kue kering juga biasa dipasarkan secara online.

  • Bisnis Menjual Busana Muslim

Selama bulan puasa, penampilan berbusana sangat diperhatikan oleh masyarakat. Dengan menjual aneka busana muslim, anda bisa mendapatkan keuntungan cukup banyak.

  • Peluang Usaha Jualan Pakaian Anak

Dahulu, peluang usaha jualan pakaian merupakan sebuah usaha yang membutuhkan modal besar untuk dijalankan, namun dengan semakin majunya zaman, hal itu tidak lagi berlaku, sekarang ada namanya sitem dropship, bayar belakangan, reseller dan sebaginya. Jadi, anda tidak lagi butuh modal yang besar untuk menjalankannya,  anak-anak pastinya akan segera memikirkan baju lebaran meskipun masih jauh dari jadwal lebaran, oleh karena itu jika anda seorang mahasiswa yang kreatif tidak ada salahnya anda memanfaatkan momen tersebut untuk menbuka usaha jualan pakaian anak sedari kini.

Manfaatkan peluang usaha menjelang puasa sebagai bisnis yang menguntungkan. Jangan sampai kehabisan ide untuk memasarkan produk produk anda.