Category Archives: Bisnis

You are here: Home / Bisnis
Berikut 4 Peluang Usaha Ideal untuk yang Masih Mahasiswa

Berikut 4 Peluang Usaha Ideal untuk yang Masih Mahasiswa

Ada banyak peluang usaha yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja termasuk bagi Anda yang masih sibuk dengan urusan kampus. Menjadi anak kuliahan rupanya di masa sekarang sudah bukan lagi hambatan untuk membangun bisnis sendiri. Siapa tahu bisa berkembang dan tetap berjalan sampai Anda wisuda sehingga setelah lulus Anda sudah memiliki bisnis raksasa dengan keuntungan yang menggiurkan. Sekalipun nantinya musti gagal, namun setidaknya Anda sudah punya ilmu mengenai bisnis dan jika merintis lagi resiko suksesnya semakin besar.

Berikut 4 Peluang Usaha Ideal untuk yang Masih Mahasiswa

Kesempatan Bisnis Bagi Mahasiswa

Membangun bisnis atau usaha selama kuliah sah saja dilakukan dan tidak terlalu sulit asalkan memilih bidang yang sesuai. Ada beberapa inspirasi berikut yang bisa Anda comot salah satunya:

  • Jasa les secara privat,

Banyak mahasiswa mencoba menjalankan usaha les privat dengan datang ke rumah siswanya secara langsung. Nantinya Anda bisa menerima penghasilan dengan jam kerja singkat dan tidak setiap hari melainkan beberapa kali dalam seminggu. Selain mengajarkan bahasa asing dan matematika pada anak SD maupun SMP, Anda juga bisa menjadi guru mengaji secara privat. Apalagi banyak orang dewasa yang ingin belajar mengaji secara privat.

  • Merintis bisnis niaga kuliner,

Mahasiswa mungkin yang merasa tertarik dengan dunia kuliner bisa memanfaatkan peluang usaha di bidang tersebut. Jika di rumah atau kost ada dapur dan perlengkapan memasak silahkan membuatnya sendiri. Namun jika dirasa terlalu memakan waktu dan tenaga bisa kulakan dari pembuat kuliner tersebut kemudian dijual di kampus maupun di area CFD setiap akhir pekan. Anda bisa menjual camilan ringan, kue, gorengan, sampai aneka minuman ringan untuk menambah uang jajan.

  • Menekuni usaha desain grafis,

Bagi mahasiswa yang kebetulan mempelajari ilmu desain grafis baik jurusan saat kuliah maupun ketika SMA dulu. Keahlian ini bisa dimanfaatkan untuk merintis usaha sendiri sejak dini sehingga masih kuliah pun sudah memiliki pemasukan tambahan. Anda bisa membuka jasa penerimaan desain grafis untuk undangan, kartu ucapan, poster, dan sejenisnya secara online. Bisa pula membagikan dan memasang brosur untuk menerima jasa desain secara offline, sehingga perlahan Anda paham bagaimana menekuni usaha di bidang ini.

  • Menerima jasa fotografi,

Kebanyakan mahasiswa laki-laki memiliki keahlian untuk memotret, berbekal kamera DSLR standar Anda bisa menerima jasa fotografi. Dimulai dari jasa kecil-kecilan untuk memotret produk sebuah toko online sampai jasa pemotretan di event pernikahan dan pameran. Perlahan jasa ini akan banyak pelanggan dan hasilnya sangat lumayan. Opsional lain adalah terus berkarya memotret dan hasilnya bisa dijual secara online di situs jual beli foto online terkemuka. Lewat kamera muncul peluang usaha yang mudah dan masa depannya menjanjikan.

Sukses Bertahan Dalam Bisnis Makanan

Sukses Bertahan Dalam Bisnis Makanan

Kemungkinan, membuka usaha kuliner tidak sesulit yang dibayangkan. Terlebih bisnis yang satu ini memang masih memiliki peluang lebar dan kesempatan yang besar. Namun kenyataannya, setelah bisnis makanan Anda berjalan beberapa waktu, beberapa kendala akan mulai menghampiri. Di sinilah kemampuan Anda untuk bertahan akan diuji. Menjaga usaha tetap jalan di tengah rintangan serta persaingan yang ketat membutuhkan kesabaran dan menguji kesungguhan Anda dalam mencari rezeki.

Sukses Bertahan Dalam Bisnis Makanan

Konsistensi Anda akan terwujud dalam kreatifitas dan inovasi saat bertahan dalam kerasnya gempuran persaingan. Banyak sekali usaha makanan yang hanya sanggup bertahan 3 bulan pertama saja. Selain halnya membuat Anda rugi modal, kejadian semacam ini juga merugikan waktu dan pikiran. Penting sekali untuk mempertahankan antusias pelanggan agar mereka selalu kembali dan memesan hidangan Anda agar. Semua ini demi kelangsungan bisnis makanan yang menjadi sumber penghasilan Anda dan karyawan. Berikut hal yang bisa Anda coba untuk tetap bertahan;

  • Pilih Lokasi Strategis

Jika Anda menemui usaha makanan yang laris manis meskipun berada di lokasi yang sulit dijangkau, bisa dikatakan ini adalah suatu anomali dimana nilai jual yang ditawarkan sanggup mengalahkan minus lokasi. Jika Anda masih baru dan belum memiliki pelanggan tetap, tidak disarankan untuk nekat melanjutkan usaha tersebut di tempat yang tidak menguntungkan atau kurang strategis. Lokasi menjadi hal pertama kunci kesuksesan usaha kuliner Anda, perhatikan pula kebersihan tempat usaha Anda.

  • Manajemen Keuangan

Karena usaha ini sangat bergantung pada persediaan bahan baku masakan, maka manajemen keuangan yang baik akan memudahkan Anda untuk bertahan saat terjadi kenaikan harga secara signifikan. Jangan sampai Anda merugi lantaran tidak mungkin menaikkan harga makanan Anda saat terjadi kenaikan harga bahan. Walaupun konsumen biasanya merespon kenaikan menu Anda dengan biasa saja, hal ini tentunya dapat dihindari dengan pengelolaan anggaran yang baik.

  • Hindari Dobel Kerjaan

Dengan dalih menghemat anggaran operasional, tak jarang pelaku bisnis makanan memberikan tugas berganda pada karyawan atau bahkan diri sendiri. Misal menjadi manager sekaligus menjadi koki. Selain membuat personil tidak fokus kepada satu pekerjaan, hal ini semakin menambah beban kerja dan terancam mengalami kelalaian yang berujung pada kerugian. Bahkan, usahakan karyawan Anda mendapatkan pelatihan yang berguna demi profesionalisme kerja.

  • Kenali Target Pasar

Mengetahui sasaran usaha kuliner menjadi hal penting untuk diperhatikan. Misal untuk pasar anak kuliahan tawarkan menu yang ramah di kantong, untuk pasar tempat hiburan tawarkan menu ekslusif dengan tampilan dan citarasa tinggi. Menu yang tidak sesuai dengan pasar tentu berujung pada bisnis yang sepi.

  • Pemasaran

Sebagai penentu sukses, strategi pemasaran harus efektif dan dapat mendatangkan banyak pembeli atau agar usaha Anda semakin dikenal. Selalu analisa dan perbaiki metode pemasaran yang Anda terapkan, bila jumlah pengunjung tidak mengalami perubahan, mungkin ada yang salah. Pembeli adalah raja, layani mereka dengan ramah dan sopan. Berikan hadiah atau kejutan agar bisnis makanan Anda meninggalkan kesan bagi mereka.

Ingin Buka Bisnis Makanan, Ini Tipsnya

Ingin Buka Bisnis Makanan, Ini Tipsnya

Harus diakui, bisnis makanan sudah menjadi usaha yang seakan tak akan surut, bahkan peluangnya masih terbuka lebar. Ini karena makanan adalah pokok yang tidak bisa ditawar lagi. Soal pakaian atau kendaraan mungkin masih bisa ditahan, tapi kalau sudah masuk ke ranah perut dan lidah? Inilah alasan mengapa usaha jenis ini sangat layak untuk dipertimbangkan mengingat kesibukan orang jaman sekarang, menuntut segala sesuatu serba cepat dan efisien.

Ingin Buka Bisnis Makanan, Ini Tipsnya

Nah, jika Anda penasaran apa saja kiat memulai bisnis makanan ini, simak postingan kali ini hingga tuntas. Jangan sampai usaha Anda hanya sekedar latah menjual makanan yang sedang nge-trend saja.

  • Modal Usaha

Sebisa mungkin hindari meminjam dana sebagai modal awal. Anda bisa menyesuaikan besaran modal dengan skala usaha yang akan Anda rintis. Selain itu, jangan lupa kelola modal Anda dengan bijaksana agar jangan sampai mengalami tekor atau minus di tengah jalan.

  • Lokasi

Menggeluti usaha kuliner, lokasi strategis menjadi satu faktor yang bisa menentukan seberapa sukses bisnis Anda. Maka dari itu, pilihlah lokasi yang banyak dilalui orang dan ada peluang mereka untuk melirik atau menengok tempat Anda. Boleh saja Anda menyewa ruko dekat pusat keramaian seperti halnya pasar, RS, sekolah, pertokoan ataupun pusat perkantoran. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan peluang penjualan dagangan Anda.

  • Nilai Jual

Hal yang juga menjadi faktor penting dalam bisnis makanan adalah menu yang ditawarkan atau nilai plus lain yang dapat menjual. Makin enak dan unik, maka semakin banyak pula pelanggan yang mampir. Anda bisa melakukan survei atau riset kecil-kecilan untuk poin yang satu ini.

  • Pilih Suplier Bahan Baku Terpercaya

Bahan baku makanan yang berkualitas akan menghasilkan citarasa masakan yang lezat pula. Pastikan bahwa suplier Anda menawarkan harga yang sepadan dengan kualitas bahan. Suplier merupakan gerbang Anda untuk mendapatkan bahan yang mungkin sedang langka di pasaran.

  • Rekrut Karyawan

Jika usaha Anda mulai ramai, maka demi memberikan pelayanan terbaik Anda harus merekrut karyawan. Berapa karyawan yang akan dipekerjakan tergantung jenis dan skala usaha Anda. Resto ataupun cafe pastinya butuh banyak karyawan, sementara usaha makanan gerobak mugkin 1 atau 2 karyawan sudah cukup.

  • Target Pelanggan

Sesuaikan jenis menu dengan target pasar Anda yang kemudian akan mempengaruhi nominal harga akan anda banderolkan. Harga yang murah belum tentu sesuai dengan selera beberapa orang, apalagi yang mahal. Jangan samapi menu Anda malah tidak laku.

  • Promosi

Promo yang cukup efektif adalah promosi dari mulut ke mulut. Pelanggan yang puas akan rasa dan pelayanan tak akan segan merekomendasikan tempat Anda kepada siapapun yang mereka temui. Namun Anda pun harus selalu mempertahankan kualitas bisnis makanan Anda.

Patut Dijajal, Inilah Daftar Peluang Usaha Sampingan 2018

Patut Dijajal, Inilah Daftar Peluang Usaha Sampingan 2018

Entah itu sebagai sumber penghasilan utama ataupun sampingan, tak ada salahnya Anda menganalisa beberapa bisnis yang mungkin cocok dengan situasi dan kondisi Anda. Coba simak beberapa peluang usaha yang sangat berpeluang untuk tahun 2018 ini, antara lain;

Patut Dijajal, Inilah Daftar Peluang Usaha Sampingan 2018

  1. Bisnis Konvensional
  • Street Food

Bisnis ini tergolong unik, sebab Anda hanya perlu jualan makanan di jalanan. Nah, di luar negeri umumnya menggunakan mobil yang kemudian dimodifikasi agar bisa dipakai berjualan. Anda juga bisa menyiapkan meja dan bangku jika memungkinakan

  • Kuliner Klasik

Dengan teknik marketing yang baik, ternyata jajanan klasik seperti lumpia misalnya, juga bisa memiliki segmen pasar tersendiri.

  • Budidaya Kayu Sengon

Mungkin Anda segera mengernyitkan dahi saat membacanya, namun ternyata usaha budidaya ini sangat menggiurkan untuk dicoba. Jenis kayu ini memang sedang banyak dipakai mengingat keunggulan spesifik yang dimiliki oleh pohon Sengon

  1. Agribisnis

Usaha ini terbilang juga tidak bisa mati, mengingat produk yang dihasilkan termasuk dalam kebutuhan primer meliputi bahan pangan. Dengan sedikit tips dan trik, agribisnis bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi Anda.

  1. Bisnis Hidroponik

Dengan memanfaatkan lahan yang tak terlalu luas, Anda bisa meraup keuntungan yang cukup besar. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan pernik yang dibutuhkan untuk membuat kebun hidroponik sebab banyak rumah tangga yang mulai melirik untuk berkebun sendiri.

  1. Waralaba/ Franchise
  • Bakso

Jenis makanan yang juga bisa termasuk dalam kategori jajanan ini memang sangat populer di Indonesia. Bisa saja dalam 1 kota ada ratusan penjual bakso. Apabila Anda tidak ingin membuat usaha kuliner ini dari awal, Anda bisa menafaatkan franchise  yang banyak ditawarkan lengkap menggunakan sistem dan paket.

  • Daily Fresh

Dengan penyajian yang lebih modern, ternyata bahan jagung masih bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Tak melulu dibuat jagung bakar atau jasuke saja, tinggal bagaimana Anda mengolahnya. Jika Anda berminat, Anda bisa mencari franchise olahan jagung untuk meringankan start.

  • Minuman Klasik

Anda tentu masih ingat dengan minuman warna-warni saat masa kecil. Kini minuman ini hadir kembali sebagai franchise dengan penyajian yang menarik bagi remaja kekinian.

  1. Bisnis Online
  • Menulis

Punya hobi menulis bisa Anda manfaatkan untuk membuat artikel bermanfaat dengan bayaran dollar. Tinggal menemukan klien atau melelang artikel tulisan Anda.

  • Affiliate Marketing

Anda bakat berjualan tapi tidak punya barang, maka menjadi tenaga marketing afiliasi bisa jadi kesibukan lain Anda.

  • Toko Online

Banyaknya tempat jualan online bisa Anda manfaatkan untuk berjualan. Selain itu Anda juga bisa membuka toko online sendiri dengan jasa hosting bertarif rendah untuk start. Menariknya toko semacam ini memiliki jam buka yang lebih fleksibel dan pastinya sangat menarik sebagai peluang usaha saat ini.

Peluang Usaha yang Memiliki Prospek Jangka Panjang

Peluang Usaha yang Memiliki Prospek Jangka Panjang

Para pelaku bisnis tentunya berkeinginan untuk membangun sebuah bisnis yang mampu mendatangkan banyak keuntungan, bahkan tidak hanya mendatangkan banyak uang saja, akan tetapi bisnis yang dapat dijalankan hingga tutup usia. Sedangkan peluang usaha yang dapat dijalankan seumur hidup ini pun belum banyak diketahui oleh para masyarakat, padahal peluang bisnis ini sangat cocok dijalankan untuk siapa pun dan semua kalangan.

Peluang Usaha yang Memiliki Prospek Jangka Panjang

Terlebih lagi bagi Anda yang sebentar lagi akan pensiun, maka penting sekali untuk memperhatikan peluang bisnis yang dapat Anda jalankan dengan baik dan dengan keuntungan yang selalu mengalir hingga tutup usia. Meskipun modal yang Anda keluarkan nantinya juga tidak sedikit, namun untuk keuntungan yang akan Anda dapatkan pun juga tidaklah sedikit, sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa jenis bisnis yang ada di bawah berikut ini.

Banyak para masyarakat yang ingin membangun sebuah bisnis dengan keuntungan yang besar, terlebih lagi dengan memiliki sebuah bisnis, maka masa tua pun dapat diselamatkan, karena dihari tua Anda tidak perlu bekerja keras seperti masa muda dulu, akan tetapi Anda dapat untuk menikmati hasil kerja keras yang Anda lakukan selama ini, dengan begitu maka Anda dapat untuk menyimak peluang usaha yang dapat dijalankan hingga menutup usia.

Berikut ini bisnis yang dapat Anda jalankan:

  • Kost-kostan atau kontrakan.

Bisnis kost-kostan atau kontrakan tidak hanya memberikan keuntungan Anda dimasa sekarang saja, akan tetapi masa tua Anda pun juga akan dapat menikmati keuntungan dari biaya kost-kostan atau kontrakan yang selalu mengalir setiap harinya, meskipun modal yang dikeluarkan tidak sedikit, namun untuk keuntungan yang Anda dapatkan pun juga tidaklah sedikit.

  • Bisnis pom bensin.

Semua orang yang memiliki kendaraan tentunya akan membutuhkan bensin, sehingga Anda dapat memanfaatkan peluang ini sebagai bisnis yang menguntungkan hingga tutup usia.

  • Klinik.

Tidak ada manusia yang selalu dalam kondisi yang sehat, akan tetapi manusia juga pernah mengalami sakit, sehingga hal ini pun juga dapat dijadikan sebagai bisnis yang menguntungkan yang tidak akan pernah ada matinya. Modal yang Anda keluarkan pun sangat besar, namun untuk keuntungannya pun juga tidak perlu diragukan lagi.

  • Bisnis property.

Menjalankan bisnis property juga dapat Anda jalankan untuk meraup banyak keuntungan yang akan menjadikan masa tua Anda dapat terselamatkan.

Keempat bisnis itulah yang menjadikan masa tua Anda nantinya akan terselamatkan dari financial Anda. Sehingga dimasa tua Anda tidak perlu bekerja dengan keras lagi, akan tetapi Anda dapat untuk menikmati hasil kerja keras dari bisnis yang Anda jalankan dari sekarang ini. Bagi Anda yang sedang menjadi peluang usaha yang menguntungkan, maka pilih salah satu diantarake4 bisnis yang ada di atas.

Ini Dia 4 Macam Bisnis Rumahan dari Kuliner Kekinian dengan Omzet Besar

Ini Dia 4 Macam Bisnis Rumahan dari Kuliner Kekinian dengan Omzet Besar

Rasa-rasanya nyaris semua orang yang bekerja kantoran berpikiran untuk menjalankan bisnis sendiri, misalnya bisnis rumahan yang terbilang potensial. Jadi jangan beranggapan bahwa bisnis yang dijalankan di rumah ini hanya identik dijalankan oleh para ibu rumah tangga. Sebab aktualnya banyak pria yang statusnya masih menjadi karyawan menjadikan bisnis skala rumahan tersebut sebagai sampingan. Para istri di rumah bisa sekalian membantu mengelola dan membesarkan bisnis tersebut di kala suami masih sibuk bekerja di kantor.

Ini Dia 4 Macam Bisnis Rumahan dari Kuliner Kekinian dengan Omzet Besar

Bisnis Kuliner Khas Rumahan yang Kekinian

Ketika menjalankan bisnis di rumah baiknya mencari yang potensial dan salah satunya di bidang kuliner karena peminatnya banyak dan cocok dijual di depan rumah. Akan lebih laris jika menjual kuliner yang tengah menjadi trend atau kekinian, dan berikut beberapa pilihannya:

  • Berjualan Thai Tea,

Belakangan ini masyarakat kita dimanjakan dengan minuman khas Thailand yakni Thai Tea dan dijual di berbagai gerai dimana-mana. Mulai dari level mall sampai tepi jalan, Anda bisa menjual minuman satu ini yang memang tengah kekinian. Per gelasnya bisa dijual Rp 8ribuan dan keuntungan per hari bisa lumayan dan kalau dibarengi layanan baik dijamin omsetnya melebihi gaji Anda.

  • Menjual sate Thaican,

Banyak sekali orang Indonesia yang jatuh hati dengan makanan pedas, maka cobalah menjalankan bisnis rumahan berjualan sate Thaican. Sate ini memang bukan sate lokal melainkan berasal dari Thailand juga dan kemudian populer di tanah air. Keunikan dari sate ini adalah daging sate dibakar tanpa lumuran bumbu sama sekali, namun setelah matang disiram dengan sambal khas. Cita rasa pedas ini membuat kuliner merakyat dan kekinian ini diminati jadi cobalah menjadi penjualnya.

  • Menyediakan bubur bayi,

Dewasa ini semakin banyak orangtua yang memberikan makanan organik atau makanan rumahan pada bayinya. Meskipun di pasaran banyak tersedia bubur instan namun kandungan gizi dan keamanannya tentu tidak terjamin sebagaimana bubur buatan sendiri. Daripada membiarkan para ibu pemilik bayi repot silahkan menjual bubur bayi di depan rumah dijamin laris. Sebab dalam satu kompleks saja sudah banyak ibu dengan bayi di rumah, belum lagi tetangga dari lokasi lain maka dijamin tidak pernah sepi.

  • Menjual ayam gepuk,

Ayam menjadi salah satu kuliner yang diminati sejuta umat, lebih-lebih masyarakat Indonesia dan diolah menjadi kuliner apapun dijamin laris manis. Anda bisa mencoba menjual ayam kekinian bernama ayam gepuk yang memang menjadi trend belakangan ini. Sekilas penampilannya tidak beda jauh dengan ayam penyet, namun ayam goreng crispy di gepuk dan disiram dengan sambal segar dan pedas. Sensasi pedas inilah yang menjadi alasan kuliner ini populer, dan menjadi peluang bisnis rumahan bagi Anda yang tertarik dengan bidang kuliner.

 

Tips Jitu Memulai Bisnis Makanan Sehat Homemade

Tips Jitu Memulai Bisnis Makanan Sehat Homemade

Ada begitu banyak produk makanan yang berbeda di pasaran. Hal tersebut kadang membuat para pengusaha muda bingung menentukan mana bisnis makanan yang akan digeluti. Apakah jika saya menjual ini akan laku keras. Beberapa hal-hal di bawah ini akan membantu memulai bisnis kuliner Anda.

Tips Jitu Memulai Bisnis Makanan Sehat Homemade

 

Alasan Memilih Bisnis Makanan

Bisnis makanan adalah salah satu pilihan yang paling populer dan menguntungkan. Mereka dapat dimulai dengan cepat dan mudah, dan permintaannya cukup konsisten. Lagi pula, semua orang perlu makan. Sehingga Anda dapat memulai bisnis kuliner yang menguntungkan dengan menggunakan sumber daya minimal dan hanya dalam waktu singkat.

Mengetahui tren pasar

Tren pasar cenderung berubah cukup cepat dan apa yang populer suatu hari bisa saja menjadi tidak populer berikutnya. Namun, salah satu tren dalam industri makanan yang tak akan pernah redup adalah makan sehat. Apakah itu makanan rendah lemak, rendah garam, atau sesuatu yang seluruhnya terbuat dari produk organik. Pasar makanan kesehatan merupakan salah satu yang paling cepat berkembang di dunia.

Apalagi kita lihat sekarang ini banyak orang mulai memperhatikan pola makan dan gaya hidup. Di samping itu lebih banyak yang menjual makanan junk food daripada makanan sehat. Bisnis makanan sehat bisa menjadi bisnis yang tepat.

Cara Mudah Untuk Memulai Bisnis Makanan Anda

Berikut ini beberapa langkah sederhana dan praktis yang dapat memandu Anda dalam membangun bisnis makanan sehat homemade dengan cara mudah:

  • Mulai!

Seperti dalam setiap upaya dalam hidup, memulai adalah bagian yang paling sulit. Penundaan dan malas adalah rintangan pertama yang harus kita atasi.

  1. Pelajari semua yang Anda bisa tentang bisnis. Baca, jelajahi internet, hadiri seminar dan pameran, konsultasikan dengan teman atau rekan yang pernah atau telah berkecimpung dalam bisnis ini. Anda dapat belajar dari pengalaman mereka.
  2. Tetapkan tujuan Anda.

Memiliki hasrat untuk memasak, putuskan aspek apa dari keahlian kuliner Anda yang ingin Anda manfaatkan untuk bisnis Anda. Menargetkan secara langsung aspek tertentu dari bisnis membuatnya lebih mudah dicapai.

  • Tetapkan Target Konsumen Anda

Ini sangat penting karena mempengaruhi berbagai macam aspek seperti harga. Tentukanlah target Anda. Apakah mahasiswa dan pelajar? Maka Anda tidak bisa menetapkan harga yang terlalu tinggi. Atau kalangan bekerja kantoran? Harga yang lebih mahal mungkin bukanlah masalah.

  1. Rencanakan bagaimana Anda akan membiayai bisnis impian Anda. Tergantung pada apa yang Anda rencanakan untuk disiapkan, putuskan seberapa banyak Anda bersedia atau mampu berinvestasi. Memulai bisnis makanan umumnya berbiaya rendah.
  2. Tanyakan. Setelah Anda sudah memutuskan akan menjual apa dengan harga berapa, cobalah tanyakan pada target konsumen Anda. Apakah mereka mau membeli makanan sehat Anda dengan harga yang Anda tawarkan. Apakah target konsumen Anda menyambut antusias produk tersebut.
  3. Setelah semua selesai saatnya melakukan produksi makanan sehat.

Bisnis makanan memang terbilang paling menguntungkan jika di bandingkan bisnis lainnya. Tetapi ada beberapa pekerjaan yang harus Anda lakukan ketika memulai bisnis tersebut, seperti yang telah di sebutkan di atas.

Berikut 4 Peluang Usaha Sampingan yang Cocok untuk Para Karyawan

Berikut 4 Peluang Usaha Sampingan yang Cocok untuk Para Karyawan

Sekedar mengandalkan gaji bulanan dari kantor tentu terasa menyesakkan terutama saat tanggal tua, maka cobalah menekuni peluang usaha sampingan. Dewasa ini semakin banyak penyandang status karyawan bahkan PNS sekalipun yang tetap membuka usaha meski skala kecil demi menyambung hidup. Gaji yang diterima sebulan sekali kadang tidak bisa diandalkan ketika terjepit kebutuhan mendadak, maka ide mencari penghasilan tambahan akan terlintas. Supaya hasilnya maksimal dan mudah dijalankan cobalah menekuni usaha dibandingkan dengan mencari pekerjaan sampingan.

Berikut 4 Peluang Usaha Sampingan yang Cocok untuk Para Karyawan

Usaha Sampingan untuk Para Karyawan

Apabila tergiur untuk menjalankan usaha sampingan Anda bisa punya kesempatan memperoleh penghasilan tambahan setiap harinya. Berikut beberapa rekomendasi usaha sampingan yang aman dijalankan para karyawan:

Usaha penjualan pulsa,

Pulsa menjadi kebutuhan pokok yang setara dengan beras bagi manusia, ketika menjadi penjualnya dijamin tidak pernah sepi pelanggan. Usaha ini mudah dijalankan karena memang tidak butuh modal besar dan fleksibel sewaktu melayani pembeli. Maka sangat cocok dijalankan oleh mereka yang juga masih sibuk menjadi pekerja kantoran. Hasilnya memang kecil namun banyak yang menekuninya kemudian bisa sukses, Anda pun punya peluang yang sama.

Membuka usaha kuliner,

Bagi karyawan perempuan atau dikenal dengan sebutan wanita karir kemudian jago memasak cobalah merintis peluang usaha di bidang kuliner. Tidak harus makanan basah dengan kategori makanan berat semacam gudeg ataupun bakmi jawa. Anda bisa memulai usaha berjualan makanan ringan sejenis keripik dan camilan lain yang diminati banyak orang. Tawarkan pada tetangga dan rekan kantor, bisa pula jenis kuliner lainnya. Usaha ini sebenarnya juga aman dijalankan para pria jadi silahkan menjajal peruntungan disini.

Baca Juga : Tips Mudah Belanja Murah Secara Online

Menjalankan usaha kursus ataupun les privat,

Ilmu yang didapatkan sewaktu kuliah ataupun sekolah sebelum bekerja di perusahaan yang sekarang tentu bisa tetap dimanfaatkan. Selain diimplementasikan ke pekerjaan di kantor bisa menjadi sumber inspirasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Contohnya adalah Anda punya keahlian komputer dengan aneka program jadi bisa membuka kursus terkait komputer tersebut. Keahlian ini jenisnya banyak dan selain membuka kursus bisa pula lewat les privat, misalnya saat memiliki kemampuan bahasa asing yang baik maka bisa mencari murid.

Menjadi seorang konsultan,

Saat bekerja di sebuah perusahaan bisa jadi ditempatkan di bagian yang sebelumnya masih asing, misal di area yang berbeda dengan latar belakang pendidikan. Tentunya akan memperoleh ilmu baru dan nantinya bisa dipergunakan untuk membuka usaha sendiri dan diawali dengan dijadikan sampingan. Salah satunya menjadi konsultan, misal Anda bekerja di perusahaan EO lambat laun Anda bisa menjadi konsultan pernikahan sendiri. Jadi, selama masih menjadi karyawan teruslah giat belajar dan bekerja sebab ilmunya menjadi peluang usaha yang nantinya Anda syukuri.

Berbagai Hal yang Harus Dilakukan Agar Sukses Dalam Bisnis Rumahan

Berbagai Hal yang Harus Dilakukan Agar Sukses Dalam Bisnis Rumahan

Menjalankan bisnis rumahan membutuhkan komitmen waktu dan energi yang pasti. Anda harus memiliki strategi pemasaran yang berkualitas yang dirancang untuk menarik pelanggan Anda. Berikut adalah 4 hal yang dapat Anda lakukan sekarang untuk membangun bisnis skala rumahan.

Berbagai Hal yang Harus Dilakukan Agar Sukses Dalam Bisnis Rumahan

#1. Tetapkan Tujuan Secara Spesifik

Pahamilah apa yang Anda ingin capai dengan bisnis ini. Jangan hanya memulai dan kemudian menjalankannya dengan keinginan berharap untuk sukses. Tetapkan tujuan spesifik tentang penjualan, pengeluaran, target setiap bulannya, dan semacamnya.

Tujuan yang tepat membantu Anda menganggarkan dana dengan benar. Anda dapat merancang bisnis Anda lebih baik. Tujuannya, untuk mencegah Anda terganggu oleh aktivitas tidak produktif yang dapat merugikan bisnis Anda. Anda juga bisa fokus pada kegiatan yang dirancang untuk mengembangkan bisnis secara efisien.

#2. Ketahuilah produk Anda

Apa pun yang Anda jual, Anda harus tahu produk Anda luar dalam. Dengan cara ini, Anda dapat mengutarakan manfaatnya dengan baik kepada pelanggan Anda. Pahami semua hal mengenai produk yang Anda jual, mulai dari manfaat, kekurangan, kelebihan, dan lain-lain. Jangan sampai, Anda si pemilik bisnis tidak mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam produk tersebut.

#3. Ciptakan komunikasi pemasaran yang efektif

Hal paling utama dalam bisnis rumahan adalah mendapatkan perhatian dari target pasar Anda. Setelah mendapatkan perhatian mereka, Anda memberikan informasi yang berguna untuk membantu mereka membuat keputusan pembelian yang tepat.

Anda dapat mulai dari sekarang melakukan komunikasi dasar dengan target konsumen Anda melalui SMS, Telepon, Sosial Media, Brosur, spanduk, blog, vlog dan lain-lain.

#4. Fokus pada loyalitas pelanggan

Sangat bagus melakukan penjualan ke pelanggan baru. Tetapi lebih baik berkonsentrasilah pada membangun loyalitas pelanggan. Kenali pelanggan bisnis rumahan Anda dan berkomunikasi dengan mereka secara teratur. Mereka akan lebih loyal pada Anda. Tawarkan juga beberapa program loyalitas.

Beberapa Ide Bisnis Rumahan

  • Wedding dan event Organizer

Orang sering membutuhkan bantuan untuk merencanakan sebuah acara. Jika Anda senang membuat rencana dan bekerja dengan berbagai klien yang berbeda, ini adalah pekerjaan yang dapat Anda lakukan terutama dari rumah, meskipun Anda mungkin harus bertemu dengan klien di lokasi acara dari waktu ke waktu.

  • Desainer web

Pekerjaan ini bisa sekali di lakukan di rumah. Untuk bertemu klien pun bisa secara online

  • Penitipan Anda

Jika Anda menyukai anak-anak dan memiliki lingkungan rumah yang mendukung, Anda dapat mempertimbangkan membuka jasa penitipan anak.

  • Copywriter

Periklanan dan perusahaan pemasaran selalu mencari copywriter lepas untuk membantu proyek kreatif mereka.

  • Desainer Pakaian

Apakah Anda suka menjahit gaun? Atau mendesain dan menggambar gaun? Ada banyak peluang bagi para desainer untuk membuat dan menjual pakaian mereka sendiri dari rumah.

  • Guru musik

Bagi Anda yang berbakat di dunia musik, Anda dapat mempertimbangkan membuka rumah Anda untuk mereka ingin belajar bermusik.

Nah itu tadi 4 hal yang bisa membantu Anda memulai bisnis rumahan Anda. Jika Anda belum memiliki ide usaha, beberapa ide di atas bisa di pertimbangkan.

Ramadhan Sebentar Lagi, Waktu Memulai Bisnis Takjil

Ramadhan Sebentar Lagi, Waktu Memulai Bisnis Takjil

Tidak terasa Ramadhan sebentar lagi. Ini saatnya kita memanfaatkan kesempatan yang ada dengan bisnis takjil. Seperti biasanya, di bulan Ramadhan setiap orang berbondong-bondong mencari takjil, tak heran kebiasaan ini bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Ramadhan Sebentar Lagi, Waktu Memulai Bisnis Takjil

Mudah dan Menguntungkan

Peluang usaha takjil ini sangat mudah dan menguntungkan. Tak perlu modal besar. Kita bisa memulainya dengan menjual makanan buka puasa seperti es buah, jenang sum-sum, jus buah, nasi goreng, nasi kuning, puding, dan masih banyak lagi.

Selain itu, bagi Anda yang tidak suka memasak dan ingin berbisnis takjil tanpa modal, Anda bisa menjualkan barang titipan. Artinya Anda hanya menyediakan tempat, para produsen makanan bisa menitipkan makanannya pada lapak Anda dan Anda hanya cukup menjualkannya. Misalkan tahu bakso dari produsen seharga 1300 Anda jual 1500.

Pilih yang Anti-Mainstream

Sayangnya ketika bulan Ramadhan, banyak orang yang melirik bisnis serupa. Mereka yang biasanya tidak menjual makanan menjadi berjualan berbagai hidangan untuk buka puasa. Sebagai tips, hindari  menjual makanan yang sama. Misalnya tetangga sebelah menjual nasi goreng, Anda bisa menjual nasi goreng pete yang sudah di lengkapi dengan telur dan kerupuk.

Pilihlah Tempat Strategis

Tak bisa di pungkiri, lokasi sangat menentukan kesuksesan berbisnis. Sama halnya dengan bisnis takjil, Anda harus memikirkan tempat yang tepat untuk bisnis Anda. Selain itu, pikirkan juga seberapa luasnya. Apakah Anda hanya menjual sedikit makanan atau berbagai lauk pauk tersedia?

Pilih Makanan Berkualitas

Bagi Anda yang menjualkan barang titipan, Anda harus memiliki produsen makanan atau pemasok yang dapat memberi Anda makanan berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Kualitas makanan adalah nomor satu. Dengan menyajikan makanan berkualitas tinggi pelanggan Anda tidak akan berpaling.

Jika Anda yang membuat sendiri makanan yang Anda jual, pastikan bahan baku yang Anda gunakan dalam kondisi baik. Perhatikan pula masalah kebersihan. Ingat kepercayaan sangat penting, sedikit saja pelanggan merasa produk sudah basi dan tidak berkualitas maka mereka akan berpindah halauan.

Atur dengan Baik Persediaan Makanan Takjil

Ketika kita menjual makanan untuk buka puasa, waktu ramai hanya sebelum magrib. Setelah magrib pelanggan akan mulai berkurang. Sangat penting untuk kita menghitung berapa banyak takjil yang harus ada tanpa ada sisa setelah magrib. Padahal jika kita menjualnya lagi besok, kualitas sudah menurun. Untuk mengetahui berapa banyak yang harus kita sediakan memerlukan beberapa riset. Pada hari pertama cobalah menyetok dengan jumlah yang lumayan banyak. Jika habis, esok hari Anda bisa menyediakan dalam jumlah yang sama. Tetapi jika tidak habis, Anda besok harus menguranginya.

Jadi, sudah siap memulai Bisnis takjil di bulan Ramadhan nanti?