Category Archives: Bisnis

You are here: Home / Bisnis
5 Poin Penting yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Investasi di Startup

5 Poin Penting yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Investasi di Startup

Seiring berkembangnya teknologi saat ini, sudah individu yang memanfaatkan startup sebagai peluang bisnis yang menjanjikan di masa depan. Tak hanya bisnis kuliner, Anda juga bisa membuka bisnis yang berkaitan dengan kegiatan sosial dan lain sebagainya. Tak jarang berbagai investor dunia juga kerap berinvestasi di startup guna menunjang kemajuan bisnis tersebut di masa depan. Untuk memperoleh bantuan dana dari investor merupakan hal yang tidak mudah. Berikut beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui sebelum investasi di startup, antara lain.

5 Poin Penting yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Investasi di Startup

  1. Jenis Bisnis yang Dikembangkan Startup

Perlu Anda ketahui, bahwa tingkat persaingan bisnis investasi di startup semakin pesat dan ketat. Baik kalangan mahasiswa, masyarakat umum, bahkan orangtua sekalipun juga turut bergabung dalam bisnis startup ini. Jika tidak ingin kalah bersaing, Anda perlu mengembangkan bisnis Anda supaya terlihat unik dan lain daripada yang lainnya. Hal ini bertujuan supaya bisnis Anda mudah dikenali oleh konsumen berkat ciri khas keunikan bisnis Anda.

  1. Kredibilitas Founder dan Tim

Selanjutnya, poin penting yang perlu Anda ketahui adalah bahwa kesuksesan investasi di startup dikarenakan adanya kegigihan dan perjuangan orang-orang dibalik layar. Seorang investor biasanya melakukan penilaian dari segi kredibilitas founder dan tim. Mereka mencari tahu sejauh mana startup tersebut sudah dikelola.

  1. Track Record dari Perusahaan Startup

Suatu perusahaan dinyatakan sukses apabila sebuah perusahaan tersebut memiliki kinerja atau pencapaian yang sangat baik. Adapun sebuah perusahaan biasanya memiliki track record yang akan dinilai oleh investor tersebut nantinya. Selain itu, dengan adanya track record kita dapat memastikan banyak atau tidaknya partisipan yang berminat daftar. Dengan demikian, jika bisnis Anda memiliki track record yang baik, akan ada banyak investor yang berminat menanamkan modalnya demi kemajuan startup Anda di masa yang akan datang.

  1. Perputaran Modal Bisnis

Dalam kegiatan investasi di startup, proses perputaran modal bisnis sangat erat kaitannya dengan kinerja founder dan tim dalam mengupayakan perkembangan bisnis startup tersebut. Semua investor tentu akan berminat menanamkan modalnya apabila modal berputar cepat dalam bisnis tersebut. Jika modal cepat berputar, maka founder, tim, dan juga investor akan lebih lancar merasakan keuntungan dari bisnis tersebut.

  1. Achievement Perusahaan Startup

Kinerja suatu perusahaan startup bisa dikatakan stabil jika terdapat achievement setiap tahunnya. Bisnis startup yang berkembang, tentunya akan menghasilkan keuntungan yang semakin bertambah juga. Oleh sebab itu, tingkat risiko yang akan dihadapi bisnis tersebut lebih kecil ketimbang perusahaan startup yang kinerjanya selalu labil atau naik turun. Maka, sebagai pebisnis yang bijak, alangkah baiknya pandai-pandai dalam mengelola bisnis serta mampu menarik perhatian para investor untuk ikut andil dalam kinerja bisnis Anda.

Menjadi Pebisnis Profesional dengan Kebiasaan Bangun Pagi

Menjadi Pebisnis Profesional dengan Kebiasaan Bangun Pagi

Disadari atau tidak, bangun lebih pagi membuat diri kita lebih segar dan fresh menjalani hari. Anda akan merasakannya jika mengubah kebiasaan bangun siang menjadi bangun di pagi hari. Bangun pagi merupakan salah satu rahasia orang-orang sukses di dunia. Sebut saja Richard Branson seorang pebisnis profesional yang sukses mendirikan 360 perusahaan di bawah bendera Virgin Group. Beliau memiliki kebiasaan bangun setiap jam 5 pagi hari untuk melakukan olahraga atau sekedar menghabiskan waktu dengan keluarga. Lalu, apa logikanya bangun pagi bisa menjadikan Anda sebagai pebisnis yang sukses? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Menjadi Pebisnis Profesional dengan Kebiasaan Bangun Pagi

Waktu yang Tepat untuk Berdoa

Di agama apapun, berdoa adalah salah satu ritual sakral yang menghubungkan manusia dengan Tuhannya. Sebelum memulai aktivitas, tentu kita akan berharap pada hasil yang maksimal. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memanjatkan doa-doa terbaik Anda. Ketika suasana sekitar masih tenang, alam yang segar, dan kondisi jiwa yang masih stabil, ini adalah waktu Anda untuk memohon kesuksesan bisnis.

Suasana Tenang

Seperti telah dikatakan sebelumnya, pagi hari adalah salah satu waktu paling tenang. Udara sekitar pun belum terkontaminasi debu dan polusi, sehingga cenderung segar dan mengandung banyak oksigen. Di saat-saat inilah Anda bisa mulai merencakan strategi bisnis Anda. Bahkan mereka yang sudah menjadi pebisnis professional saja masih memerlukan inovasi. Tidak ada salahnya kita memanfaatkan ketenangan ini untuk menghasilkan ide-ide yang cemerlang.

Kesehatan Terjaga

Waktu tidur manusia memiliki standar maksimal 7 hingga 8 jam per hari. Tubuh manusia sendiri umumnya memerlukan istirahat saat sudah memasuki waktu malam. Untuk mengoptimalkan kerja organ tubuh, kita harus memenuhi waktu tidur ini dengan cukup. Tidak boleh kurang maupun berlebih. Jika kurang, Anda akan sulit berkosentrasi, juga jika berlebih, justru badan akan lemas dan tidak bersemangat.

Motivasi Kuat

Suasana di pagi hari sangat manjur membuat Anda merasa termotivasi dan percaya diri. Jika sebelumnya Anda sedang mengalami masalah bisnis, bangun di pagi hari akan mengembalikan pikiran positif menghadapi masalah tersebut. Anda akan termotivasi untuk bersikap menerima, tegar, dan selalu optimis.

Tersedia Waktu Lebih Senggang

Bagi Anda yang memiliki kesibukan tinggi, mungkin waktu dengan keluarga menjadi kurang. Hal ini dapat memicu ketidakharmonisan yang tidak diharapkan. Waktu pagi hari bisa menjadi solusi untuk sekedar berkumpul dan bermain bersama keluarga. Anda bisa meluangkan waktu untuk sekedar membantu istri di dapur ataupun membantu anak menyiapkan keperluan sekolah.

Bangun pagi hari mungkin akan sulit bagi mereka yang memiliki kebiasaan tidur larut malam. Waktu tidur menjadi kurang jika bangun di pagi-pagi hari. Ini bisa Anda atasi dengan kembali konsisten mengatur waktu tidur Anda. Misalnya dengan memperbaiki pola jam tidur Anda. Hilangkan kebiasaan begadang, sehingga bangun pagi tidak akan lagi sulit dilakukan. Jadi, jika pebisnis profesional saja dapat bangun pagi, mengapa Anda tidak?

Deretan Artis yang Berhasil dalam Investasi Saham

Deretan Artis yang Berhasil dalam Investasi Saham

“Yuk Nabung Saham!” Ini adalah jargon yang digelorakan Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk menjaring para investor. Tercatat sudah mencapai 600,000 investor yang ikut berpartisipasi. Jumlah tersebut berasal dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk dari kalangan selebriti. Anda pasti penasaran siapa saja artis yang sukses dalam investasi saham tersebut. Berikut ini beberapa diantaranya.

Deretan Artis yang Berhasil dalam Investasi Saham

Raisa

Siapa yang tidak kenal dengan artis cantik pelantun lagu “Serba Salah” ini. Raisa Andriana atau lebih akrab disapa Raisa ini merupakan salah satu artis yang memilih jalan investasi pada saham. Awalnya, Raisa benar-benar belajar bagaimana caranya transaksi saham. Dia mempelajari tentang seluk beluk investasi saham, mulai dari pengertian, tata cara, hingga risiko yang mungkin dihadapi. Tidak heran, jika kini semuanya berbuah manis.

Agnes Monica

Menjadi penyanyi internasional, Agnes Monica tak lantas menutup diri dalam pengembangan diri. Agnes Monica yang lebih sering dipanggil Agnes Mo ini mulai meniti dunia bisnis atau investasi dari membeli saham PT. Ninetology Indonesia yang membuatnya disebut sebagai co-founder produsen ponsel Blackberry tersebut. Agnes Mo bahkan mengaku memang menyukai investasi saham di perusahaan ponsel karena menganggap bisnis ini akan mempunyai masa depan yang menjanjikan.

Piyu Padi

Piyu merupakan salah satu personel grup legendaris di Indonesia, Padi. Gitaris yang menginjak usia 45 tahun ini memilih produk investasi reksa dana mulai tahun 2003 silam. Meski pernah mengalami kegagalan dalam berinvestasi, Piyu tak putus asa untuk beralih ke instrumen saham di PT. Bumi Resources Tbk. Diketahui hingga saat ini Piyu sudah mengoleksi 10 saham perusahaan yang malantai di BEI dengan keuntungan Rp 70 juta per bulan.

Giring Nidji

Vokalis grup band Nidji, Giring masuk dalam daftar trader yang cukup sukses. Ia memulai karir di dunia investasi saham pada tahun 2008. Awalnya, Giring berniat untuk melakukan investasi dalam jangka panjang, bukan hanya spekulan yang sibuk keluar masuk saham setiap hari. Alasannya, menabung pada saham jangka panjang akan memberinya keuntungan yang besar. Terbukti hingga kini Giring sudah mengalokasikan sekitar 10 persen dari honornya menjadi saham-saham secara konsisten.

Tantowi Yahya

Seperti artis-artis lainnya, Tantowi Yahya termasuk artis yang sudah tidak asing dalam dunia investasi. Kiprahnya sebagai trader saham sudah lebuh dari 1 dekade. Tantowi yang juga anggota DPR ini belum pernah merugi dalam berinvestasi. Hal ini karena kejeliannya dalam memilih produk investasi. Tantowi lebih memilih investasi saham jangka panjang yang dianggapnya seperti menabung untuk hari tua.

Dari kisah-kisah artis di atas, bisa menjadi motivasi bagi kita untuk tidak takut dalam berinvestasi. Belajar dan memahami konsep investasi adalah langkah awal yang bisa kita lakukan. Di samping itu, sebagai pemula, hendaknya tidak gegabah dalam menentukan produk investasi agar tidak masuk dalam saham investasi bodong. Ingat, mempelajari kondisi pasar adalah yang paling utama, karena semuanya bergerak secara fluktuatif dan naik turun.

Tips Mengarungi Dunia Bisnis untuk Kesuksesan di Masa Mendatang

Tips Mengarungi Dunia Bisnis untuk Kesuksesan di Masa Mendatang

Bisnis startup merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan di semua kalangan. Bahkan mereka yang belum berpengalaman pun, berani untuk terjun ke bisnis tersebut. Sebagian dari mereka awalnya membuka startup untuk mengikuti trend yang ada. Dengan bermodal nekat, banyak perusahaan startup yang mencoba menjawab kebutuhan dasar dengan produk dan jasa yang mereka ciptakan. Namun, bukan berarti pula mereka tidak bersungguh-sungguh dalam menjalankannya. Semua dilakukan dengan usaha yang keras dan disiplin untuk memasuki dunia bisnis. Berikut beberapa diantaranya.

Tips Mengarungi Dunia Bisnis untuk Kesuksesan di Masa Mendatang

Menciptakan Visi dan Misi Bisnis Startup

Dalam memasuki dunia bisnis, salah satu yang harus kita miliki adalah landasan. Baik landasan dalam hal berpikir maupun tujuan dalam berbisnis. Landasan ini fungsinya sebagai dasar dalam pengambilan keputusan, langkah, maupun segala inovasi yang akan diterapkan. Secara sederhananya, Anda meletakkan sebuah harapan pada bisnis yang Anda jalankan. Atau dalam bahasa bisnis dikenal dengan visi dan misi. Selama berbisnis, visi misi inilah yang harus Anda raih. Jika Anda bisa meraihnya, maka inilah yang disebut kesuksesan yang sebenarnya.

Berani dalam Berinovasi

Semakin banyaknya bisnis startup seringkali menjadi tekanan tersendiri. Bisnis Anda diharuskan tetap tampil unik dan menarik. Jika yang Anda lakukan hanya itu-itu saja dan sudah banyak ditemukan di pasaran, barangkali masyarakat tidak akan tertarik. Dalam hal ini diperlukan pemikiran matang tentang rencana ke depan dengan produk dan jasa yang baru. Anda harus melakukan inovasi yang efektif. Tentu ini tidak bisa dibilang mudah. Sebelum melakukan inovasi, proses research menjadi kunci utamanya.

Menjadi Pribadi yang Cerdas

Menghadapi persaingan industri startup yang ketat tidaklah mudah. Diperlukan keinginan kuat dan daya pikir yang tangkas untuk menyelesaikan segala macam masalah. Maka dari itu, seorang founder startup akan dipaksa untuk menjadi pribadi yang cerdas dan kompeten. Utamanya dalam menganalisa setiap bidang, baik manajemen, hingga keuangan pada perusahaannya. Bahkan beberapa startup ada yang mampu dikelola oleh seorang diri karena kemampuannya yang mencakup segala aspek dalam berbisnis.

Membangun Sosial Media yang Kuat

Mengingat media sosial merupakan media promosi yang efektif, Anda harus mampu memanfaatkannya semaksimal mungkin. Hampir semua orang sangat familiar dengan yang namanya Facebook, Instagram, dan twitter. Tugas Anda adalah memastikan bahwa produk dan jasa yang Anda sediakan terjangkau dan menarik minat mereka. Tidak heran jika sekarang ini admin media sosial masuk dalam daftar pekerjaan yang cukup menjanjikan. Khususnya bagi para mahasiswa yang menjadi pekerjaan freelance.

Merekrut Partner yang Jenius

Yang dibutuhkan dalam dunia startup adalah inovasi yang tiada habisnya. Maka, karyawan ataupun partner yang sesuai untuk Anda adalah orang-orang jenius. Orang jenius umumnya memiliki pemikiran yang kritis terhadap semua aspek kehidupan. Dan juga biasanya tidak kenal lelah untuk mencapai target yang ditentukan. Anda bisa memasukkan kriteria “tidak mudah putus asa” dalam syarat perekrutan.

 

Strategi Jitu Menjadi Seorang Founder Bisnis Startup yang Sukses

Strategi Jitu Menjadi Seorang Founder Bisnis Startup yang Sukses

Meskipun jumlahnya tidak sebanyak jika dibandingkan negara lain, industri kreatif di Indonesia yang mulai tumbuh dan berkembang ini perlu dipertimbangkan. Bagaimana tidak, perusahaan-perusahaan rintisan (startup) kini semakin banyak bermunculan. Perkembangan teknologi dan internet diduga menjadi penyebab bertumbuhnya industri startup di Indonesia. Di sisi lain, kebutuhan manusia yang ingin praktis selalu membuat para kreator tidak kehabisan ide untuk menciptakan inovasi-inovasi baru yang menantang dan mengasah pikiran. Jika Anda tertarik membangun sebuah bisnis startup, sebaiknya ikuti strategi jitu di bawah ini.

Strategi Jitu Menjadi Seorang Founder Bisnis Startup yang Sukses

Menggali Informasi Sebanyak Mungkin

Salah satu kelebihan seorang founder memang terletak dari banyaknya informasi yang ia punya. Mulai dari informasi keadaan ekonomi, bahkan hingga informasi dari pengalaman para founder bisnis startup yang sudah sukses. Anda bisa memulai pencarian di situs-situs yang membahas seluk-beluk startup, dan tentu kualifikasi apa saja yang harus dipenuhi.

Bergabung di Berbagai Komunitas Startup

Untuk menunjang kebutuhan akan informasi, Anda bisa bergabung dengan komunitas atau organisasi tertentu untuk mendapatkan banyak masukan. Akan ada banyak sekali pengalaman dari para senior yang sudah sukses di bidang startup. Inilah yang akan memberi manfaat untuk berkembang dan bahkan maju menjadi seorang professional. Selain itu, menggunakan komunitas sebagai ajang promosi adalah cara yang efektif. Dengan begitu Anda mungkin akan menemukan partner berbisnis yang sesuai dengan visi misi Anda.

Memanfaatkan Media atau Teknologi

Sebagai media terbesar saat ini, internet memberikan segala jenis informasi. Anda bisa menggunakan media ini untuk mempromosikan diri dan keahlian Anda. Dengan begitu karir startup bisa melejit menjadi professional dan makin dikenal banyak orang. Selain internet, Anda juga harus tetap merambah media cetak dan media sosial lainnya untuk memperluas jaringan.

Mengikuti Kegiatan Diskusi Startup

Untuk mengetahui potensi diri, tidak ada salahnya untuk ikut andil dalam sebuah diskusi bisnis startup. Acara diskusi ini bisa sangat menguntungkan karena Anda akan banyak belajar banyak hal baru dan tentunya pengetahuan yang baru juga. Biasanya dalam acara ini akan datang seorang founder startup yang sudah sukses di bidangnya. Seorang professional tentu tidak akan lupa untuk memberikan tips dalam pengembangan bisnisnya.

Kemungkinan Startup Menjadi Profesional

Mungkin Anda pernah berpikir tentang peluang menjadi sukses dan professional. Hal ini terkadang seakan sulit untuk dicapai mengingat saingan yang cukup ketat. Sebuah bisnis startup belum tentu mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Inilah momok utama yang sering dihadapi. Namun, tidak perlu khawatir karena semua berawal dari yang kecil dan dari level terbawah. Yang harus Anda punyai adalah motivasi kuat yang tidak mudah patah oleh rintangan kecil. Anda bisa bergabung dengan organisasi, komunitas, atau seminar syang membahas startup. Dari sinilah pengalaman di dapat. Meski tidak dialami sendiri, setidaknya ada pelajaran yang bisa diambil.

Jenis-Jenis Laporan Keuangan yang Harus Ada pada Laporan Bisnis

Jenis-Jenis Laporan Keuangan yang Harus Ada pada Laporan Bisnis

Bagi Anda yang tidak memiliki latar belakang akuntansi atau ekonomi mungkin akan bertanya-tanya mengapa ada laporan keuangan. Bukankah profit jauh lebih penting dibandingkan dengan angka-angka di atas kertas, dan bukanlah omzet lebih penting ketimbang membuang waktu membuat laporan keuangan yang rumit. Namun, jika berkenaan dengan bisnis, Anda harus mulai membutuhkan hasil dari proses akuntansi ini. Laporan ini nantinya akan menjadi laporan bisnis yang memperlihatkan hasil kinerja dan kondisi perusahaan. Laporan apakah saja itu?

Jenis-Jenis Laporan Keuangan yang Harus Ada pada Laporan Bisnis

Laporan Cash Flow

Dalam bahasa Indonesia, laporan bisnis ini juga disebut sebagai laporan aliran kas. Yang mana di dalam laporan ini merincikan transaksi yakni biaya yang ke luar dan biaya yang masuk ke bagian keuangan usaha Anda. Laporan ini sifatnya primer, karena akan menjadi pembanding dari periode sebelumnya. Atau disebut juga indikator terhadap perencanaan keuangan pada periode berikutnya. Pengevaluasian setiap transaksi pada periode sebelumnya bisa jadi tolak ukur pengeluaran di masa kini.

Laporan Laba Rugi

Laporan ini berupa hasil pengurangan beban-beban perusahaan oleh pendapatan yang dihasilkan. Artinya dengan pendapatan sekian, setelah dikurangkan dengan beban-beban seperti beban sewa, beban gaji, beban iklan, dan beban utilities lainnya apakah berangka positif atau negative. Apabila positif, maka perusahaan Anda dalam kondisi laba atau untung. Sebaliknya jika pengurangan ini bernilai negative, maka perusahaan Anda dalam kondisi rugi. Tentu laporan ini sangat penting agar Anda mengetahui bagaimana keefektifan usaha yang dijalankan.

Laporan Perubahan Modal

Biasanya seseorang ingin mengetahui bagaimana besaran modal yang dikeluarkan selama periode berjalan. Contohnya, jika Anda membangun sebuah usaha dengan sejumlah modal, saat tahun berjalan bisa jadi modal ini bertambah atau bahkan berkurang. Bertambah apabila ada pertumbuhan laba, dan berkurang mana kala ada tarikan dari pribadi pemilik.

Laporan Neraca

Laporan neraca menunjukkan kondisi keuangan sebuah perusahaan. Mulai dari asset, kewajiban, hingga modal ekuitas pemilik. Dalam ilmu akuntansi, asset adalah total penjumlahan dari kewajiban dan modal ekuitas, itu artinya di dalam asset kemungkinan Anda masih memiliki utang usaha yang harus dibayar. Secara garis besar, melalui laporan bisnis ini Anda akan mengetahui seberapa besar utang yang masih ditanggung oleh perusahan.

Semua laporan keuangan di atas, harus disusun di setiap akhir periode akuntansinya. Jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa menyewa seorang ahli akuntansi untuk mengelolanya ataupun dengan menggunakan software akuntasi. Laporan-laporan tersebut nantinya akan menjadi cerminan dan tolak ukur perkembangan kondisi keuangan perusahaan Anda. Saat Anda ingin memperluas usaha dengan dana investor, hal yang pertama menjadi pertimbangannya adalah laporan keuangan perusahaan. Maka dari itu, laporan yang rapi dan realistis akan membantu Anda untuk memperoleh kepercayaan seorang investor. Investor sendiri pada dasarnya juga tidak bisa main-main dalam berinvestasi apabila hasil yang diperoleh tidak sesuai.

Macam Bisnis Tanpa Modal yang Akan Membuat Anda Mendapatkan Banyak Keuntungan

Macam Bisnis Tanpa Modal yang Akan Membuat Anda Mendapatkan Banyak Keuntungan

Ditengah banyaknya perkembangan teknologi saat ini melakukan sebuah bisnis secara pribadi merupakan impian setiap orang. Banyak orang yang memperkirakan dengan adanya bantuan teknologi semuanya bisa lebih mudah. Hal itu memang tidak ada salahnya, tetapi meskipun begitu pada kenyataannya masih ada banyak sekali kendala yang menjadi penghambat usaha Anda. Satu yang paling sering dikeluhkan adalah bisnis tanpa modal kecil yang artinya Anda harus mempunyai modal yang cukup besar. Itulah yang sering menjadi alasan kenapa banyak orang yang enggan untuk merealisasikan rencana usahanya.

 Macam Bisnis Tanpa Modal yang Akan Membuat Anda Mendapatkan Banyak Keuntungan

Jika dilihat hampir setiap orang mempunyai ide yang cukup cemerlang dalam membangun sebuah usaha bisnis. Sayangnya karena keterbatasan modal membuat mereka harus mengubur dalam-dalam impian untuk menjadi seorang pebisnis keren. Namun, jika Anda masih mempunyai tekad yang kuat untuk menjadi pengusaha yang mempunyai banyak keuntungan tetap memiliki pilihan lain. Ya, memilih memulai untuk mengembangkan usaha yang tidak perlu modal. Tidak yakin ada jenis usaha seperti itu, berikut ini diantaranya:

  • Membuat sebuah karya.

Ini merupakan bisnis yang memberikan keuntungan cukup besar tetapi tidak memerlukan modal besar, bahkan tidak sama sekali. Hanya saja perlu untuk menciptakan sebuah kreativitas yang baik seperti menggambar, melukis dan lainnya. Jika ini bisa Anda jalankan dengan baik bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan modal dan mengembangkan bisnis dengan cepat.

  • Menjual jasa.

Seperti judulnya menjual jasa, itu artinya Anda tidak perlu untuk mengeluarkan dana sebagai modal sama sekali. Banyak yang bisa dilakukan, misalnya saja menjadi guru les privat ataupun yang lain. Memang bukan termasuk dalam bisnis tanpa modal sepenuhnya, tetapi paling tidak bisa menjadi jalan untuk Anda memulai usaha tanpa menggantungkan orang lain.

  • Resale.

Menjual dagangan orang lain atau lebih keren dengan istilah resale memang ide yang cukup jitu sekali untuk memulai sebuah usaha. Anda bisa menawarkan dagangan orang lain dan mendapatkan keuntungan besar dari selisih penjualan tersebut. Untuk jenis usaha satu ini sudah banyak dikenal masyarakat. Jika Anda ingin melakukannya harus dapat menemukan tempat resale dengan harga terbaik terlebih dahulu.

  • Keahlian.

Tidak sedikit orang mempunyai keahlian tertentu untuk membantu orang lain, ini bisa menjadi salah satu peluang yang cukup menguntungkan. Misalnya saja service laptop, komputer, handphone, kompor ataupun peralatan elektronik lainnya.

Diatas merupakan beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk dapat memulai usaha tanpa harus menjadi pekerja orang lain. Dengan usaha kecil seperti diatas bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan keuntungan besar dan bisa berkembang. Nah, itulah yang menjadi bisnis tanpa modal dan sangat mudah dilakukan. Tidak ada halangan lagi memulai apa yang menjadi impian meskipun terbatas dengan modal yang dimiliki.

Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal di Bidang Properti

Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal di Bidang Properti

Bisnis properti merupakan sebuah bisnis yang tidak pernah mati. Hal ini disebabkan tempat tinggal merupakan sebuah kebutuhan primer manusia yang tidak pernah dimakan waktu. Tetapi satu hal yang terlintas di pikiran saat akan memulai bisnis properti adalah modal yang besar. Oleh karena itulah banyak pebisnis yang mengurungkan niatnya untuk memulai bisnis properti. Dibawah ini adalah rangkuman cara memulai bisnis tanpa modal di bidang properti yang akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai bisnis properti.

Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal di Bidang Properti

Mencari Calon Penjual

Saat sudah berdiskusi dengan calon pembeli, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mencari calon penjual. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah rajin mendatangi lokasi perumahan dan pameran properti yang sedang dilangsungkan di daerah terdekat Anda. Lokasi properti biasanya akan menentukan harga dan minat pembeli. Cobalah untuk menggali informasi sedetail mungkin agar calon pembeli memiliki gambaran yang lengkap terhadap properti yang akan dibeli.

Membuat Merek Usaha

Anda dapat membuat merek usaha sendiri agar lebih professional. Meskipun Anda ingin memulai bisnis tanpa modal, merek adalah bagian terpenting yang menentukan karir bisnis Anda. Para calon pembeli dan penjual akan semakin percaya dengan jasa Anda dengan adanya merek tersebut. Meskipun pembuatannya membutuhkan biaya, hasil yang akan diperopleh sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Membuat Website untuk Promosi

Media online adalah salah satu media yang banyak digunakan dalam teknik pemasaran yang dikenal dengan nama zero marketing. Media yang sering digunakan adalah Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Cara lainnya adalah dengan membuat website gratis di blogger.com atau wordpress.com. Website ini nantinya akan menjadi tempat bertemunya Anda dengan calon penjual ataupun calon pembeli.

Tawarkan Kejasama

Jika Anda telah menemukan penjual, mulai tawarkan kerjasama untuk jangka panjang. Dengan begitu, tugas Anda selanjutnya hanya mencari calon pembeli. Pastikan pula kerjasama ini tidak merugikan bagi Anda. Tanyakan detail rumah yang dijual, seperti luas, harga, lantai, kondisi sekitar, serta cara membayarnya. Setelah semua perihal kerjasama telah disepakati, di sinilah keahlian marketing Anda diperlukan untuk memikat para pembeli.

Rajin Melihat Iklan

Saat ini media sudah banyak yang memuat iklan-iklan properti. Sumbernya bisa dari internet, koran, ataupun papan iklan di jalan. Anda sebagai seorang pebisnis properti bisa turut memasarkan properti yang sedang dijual tersebut kepada kerabat maupun keluarga. Berikan harga yang lebih tinggi dibanding yang terdapat ada iklan agar nantinya Anda mendapat keuntungan.

Menyisihkan Keuntungan

Sisihkan sebagian keuntungan yang Anda peroleh untuk ditabungkan dan memperbesar usaha Anda. Anda bisa juga menyisihkan sebagian lagi untuk bersedekah agar rezeki yang akan diperoleh kelak lebih baik. Hindari pola hidup boros jika Anda benar-benar ingin sukses di masa depan. Semoga berbagai tips memulai bisnis tanpa modal di atas bisa membantu Anda.

Menjalankan Bisnis dengan Modal Usaha Kecil

Menjalankan Bisnis dengan Modal Usaha Kecil

Jika Anda ingin merintis usaha sebagai pemula, modal kecil adalah yang menjadi jalannya. Tidak lepas dari kreativitas dan strategi Anda dalam menjalankan usaha dengan sebaik mungkin. Melihat perkembangan UKM yang ada di Indonesia, kini sudah banyak usaha yang memberikan peran penting  terhadap pertumbuhan ekonomi negara. Dengan mandiri berbisnis, selain mendapatkan keuntungan pribadi, pendapatan perkapita yang dihasilkan mampu membuat status perekonomian negara meningkat. Nah, bagi Anda yang hanya memiliki modal usaha 5 juta saja, berikut ini ada beberapa ide bisnis yang dapat Anda lakukan.

Menjalankan Bisnis dengan Modal Usaha Kecil

Jasa Laundry

Dengan modal usaha 5 juta saja, Anda sudah bisa mendapatkan 1 – 2 mesin cuci untuk memulai bisnis laundry. Namun, jika dirasa Anda ingin menggunakan beberapa unit sekaligus, Anda bisa membeli mesin cuci bekas yang kondisinya masih lumayan bagus. Gaya hidup modern dan serba praktis kini memang membuat banyak orang memilih membawa baju kotornya ke tempat jasa laundry ketimbang mencuci sendiri yang tentunya membutuhkan waktu luang.

Jual Jus Buah

Kesehatan gaya hidup kini menjadi konsentrasi untuk sebagian orang. Mereka yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan memilih untuk membeli makanan yang alami ketimbang yang berminyak dan berlemak. Oleh karena itu, bisnis jus buah bisa menjadi pilihan yang tepat. Benda yang Anda butuhkan hanya peralatan seperti mesin blender, pisau, gelas plastik, peralatan pendulang, buah, gula serta susu. Modal usaha 5 juta sudah sangat mencukupi untuk awal bisnis ini. Untuk mendapatkan respon yang baik dari masyarakat, selalu pilihlah buah yang masih segar dan tentunya beragam.

Jual Pulsa

Di zaman yang sudah maju ini, pulsa adalah kebutuhan utama setiap orang. Anda bisa memanfaatkan lingkungan sekitar tempat tinggal Anda yang ramai penduduk atau dengan menyewa kios di tempat strategis untuk mulai membangun bisnis. Bukan hanya pulsa, ketika usaha Anda sudah mulai dikenal, Anda bisa menjual aksesoris handphone ataupun kartu perdana yang membuat usaha Anda lengkap.

Bisnis Pakaian

Pakaian adalah sektor yang menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Ditambah lagi bagi mereka yang mengedepankan style fashion saat berpenampilan. Bisa dibilang competitor untuk bisnis ini sangat banyak. Namun begitu, Anda bisa berkreasi untuk menciptakan mode baru untuk menarik perhatian. Misalnya saja memanfaatkan skill teman yang bisa menjahit atau mendesain baju, ataupun Anda bisa memulai dengan sistem dropshipper.

Jual Aksesoris

Jika Anda termasuk orang yang kreatif dalam menciptakan macam-macam aksesoris, ini bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Apalagi kaum wanita yang memang gemar sekali menggunakan dan mengkoleksi beragam aksesoris. Bila Anda memiliki skill ini, Anda harus mengembangkannya dengan menciptakan aksesoris unik yang juga bisa dijual secara online.

6 Etika Bisnis Agar Sukses Jadi Pebisnis Profesional

6 Etika Bisnis Agar Sukses Jadi Pebisnis Profesional

Dalam merintis, Anda tidak hanya harus memiliki modal yang cukup dan ide unik saja, melainkan Anda juga dituntut untuk memiliki etika yang baik jika ingin diakui sebagai pebisnis. Menjunjung tinggi etika bisnis menjadi kunci utama berhasilnya usaha Anda. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu dan paham mengenai bagaimana etika berbisnis yang seharusnya.

6 Etika Bisnis Agar Sukses Jadi Pebisnis Profesional

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat Anda mampu menguasai etika berbisnis, yakni menciptakan nilai yang tinggi terhadap perusahaan dan bisa mempertahankan loyalitas stakeholder saat membuat keputusan-keputusan di dalam perusahaan. Untuk menjadi pebisnis profesional, sebaiknya Anda menyimak beberapa etika bisnis di bawah ini.

Perkenalkan Diri dengan Baik

Saat bertemu dengan rekan kerja, pastikan Anda memperkenalkan diri terlebih dahulu. Untuk membuat kehadiran Anda semakin terasa dan membuat reka kerja Anda semakin merasa dihargai, tidak ada salahnya jika memperkenalkan diri dengan posisi berdiri. Perkenalkan diri Anda dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti. Dengan cara seperti ini, dijamin Anda akan dipandang sebagai pebisnis profesional.

Berjabat Tangan

Pebisnis profesional selalu menawarkan berjabat tangan saat melakukan pertemuan dengan rekan kerja, atasan atau klien. Dengan menunjukkan sikap sederhana seperti ini, etika bisnis Anda akan semakin meningkat.

Perhatikan Penampilan

Penampilan merupakan hal yang paling pertama saat orang lain ingin menilai Anda. Untuk itu, jangan mengabaikan penampilan Anda sebelum berangkat ke kantor. Pastikan penampilan Anda sesuai dengan lingkungan kantor sehingga bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda. Terlebih lagi saat ingin bertemu dengan klien, buatlah citra yang menujukkan bahwa Anda adalah pebisnis profesional sehingga proyek atau bisnis Anda bisa berjalan lancar.

Jangan Bermain Ponsel saat Meeting

Saat bertemu dengan klien atau sendang mengadakan meeting, usahakan untuk tidak membuka handphone ataupun gadget lainnya. Bermain ponsel saat sedang meeting atau bertemu klien sama saja Anda tidak menghargai. Apakah Anda pernah membuka ponsel pada saat rapat? Mulai dari sekarang, lebih baik Anda menghindari kebiasaan tersebut, karena sama saja Anda tidak menghargai lawan bicara. Agar rapat tidak terganggu, silent atau matikan ponsel Anda. Dengan begitu, Anda akan tidak terganggu dengan dengan suara ponsel sehingga bisa menjadi lebih fokus saat meeting.

Pamit Saat Meninggalkan Acara atau Rapat

Untuk menjaga citra sebagai pebisnis profesional, Anda tidak boleh membuat klien Anda kecewa. Oleh karena itu, perlakukan mereka sebaik mungkin saat bertemu. Bahkan jika pertemuan telah selesai, Anda juga tetap harus mengakhirinya dengan kesan baik. Pastikan Anda pamit secara sopan kepada rekan kerja atau klien Anda saat meninggalkan pertemuan. Hal ini juga berlaku saat Anda terburu-buru karena ada urusan mendadak. Tak hanya itu, jangan lupa mengucapkan terima kasih terlebih dahulu pada lawan bicara sebagai bentuk Anda kepada mereka.