Category Archives: Bisnis

You are here: Home / Bisnis
5 Ide Bisnis Laris Manis Dengan Modal Minim

5 Ide Bisnis Laris Manis Dengan Modal Minim

Banyak orang yang ingin memulai bisnis namun kadang terkendala dalam modal usaha yang minim. Padahal jika lebih teliti, di luar sana masih ada banyak sekali jenis usaha yang dapat dirintis dengan mudah bahkan dengan modal yang kecil sekalipun. Meskipun dengan modal yang terbatas, dengan ketekunan yang kuat usaha tersebut bisa menjadi bisnis laris manis. Jika selama ini yang menghambat Anda dalam merintis usaha, maka mulailah lupakan hal tersebut dan jalankan usaha segera mungkin. Berikut ini ada beberapa ide usaha yang cukup populer dan bisa dijalankan meski hanya dengan modal yang minim.

5 Ide Bisnis Laris Manis Dengan Modal Minim

Bisnis Hijab

Jumlah wanita yang menggunakan hijab di Indonesia belakangan ini semakin meningkat. Kondisi ini bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Terlebih lagi hijab tidak hanya digemari oleh ibu-ibu saja, juga banyak dikenakan oleh kaum anak muda saat ini. Anda memiliki peluang besar menjadikan usaha ini sebagai bisnis laris manis yang bisa mendatangkan keuntungan berlipat mengingat angka penggunanya memang sangat tinggi. Hanya saja jika ingin merintis bisnis ini, pastikan Anda selalu mengikuti perkembangan tren hijab yang terbaru dan paling banyak digemari sehinga produk yang jual bisa laku di pasaran.

Bisnis Kosmetik

Sama halnya dengan bisnis hijab, bisnis kosmetik ini juga menyasar kaum wanita sebagai pasarnya. Tidak butuh modal besar, Anda bisa menawarkan kosmetik dalam bentuk sampelnya saja dulu agar modal yang akan Anda keluarkan bisnis ini relatif lebih kecil. Atau jika ingin lebih mudah, menjual kosmetik secara online bisa jadi pilihan alternatif. Anda hanya perlu mengiklankan saja produk kosmetik yang Anda jual pada beberapa situs belanja online atau melalui website pribadi. Jika dilakukan dengan tekun dan penuh kerja keras, bukan tidak mungkin usaha Anda bisa menjadi bisnis laris manis dengan keuntungan yang berlipat.

Jualan Botol Minum dan Tempat Bekal

Gaya hidup membawa bekal makan dan minuman belakangan menjadi populer, apalagi di kalangan masyarakat perkotaan. Bahkan tidak hanya dilakukan oleh kaum wanita saja, tren ini juga menjadi pilihan para pria. Tingginya kesadaran masyarakat untuk membawa bekal dari rumah ini bisa Anda jadikan peluang bisnis dengan menjalankan usaha jual botol minum dan tempat bekal. Bukan tidak mungkin peluang ini bisa menjadi bisnis laris manis mengingat angka pengguna kedua produk ini sangatlah tinggi.

Menjual Aneka Camilan

Bisnis makanan seolah menjadi bisnis yang tidak pernah ada matinya. Di sepanjang tahun, ada saja produk makanan unik yang muncul di pasaran. Salah satu jenis makanan yang paling banyak diminati adalah camilan. Ragam camilan yang bervariasi membuat usaha ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis laris manis. Selain itu, pemasarannya juga bisa dilakukan secara langsung maupun online sehingga modal yang akan Anda keluarkan tidak terlalu besar. Pilih jenis camilan yang bayak disukai dan pastinya sehat, karena saat ini banyak orang yang mempertimbangkan gizi sebelum mengonsumsi sesuatu.

Bisnis Aksesoris

Untuk beberapa orang, aksesoris adalah komponen penting yang tidak boleh dilupakan dalam berpenampilan, khususnya bagi kaum wanita. Hal inilah yang menyebabkan bisnis aksesoris tidak pernah surut dalam dunia usaha. Selain itu, dalam mengembangkan bisnis aksesoris ini Anda tidak akan kesulitan karena ada banyak jenis dan bentuk yang bisa Anda pilih untuk dipasarkan. Tingginya minat orang pada aksesoris akan membuat membuat bisnis ini jadi laris manis.

 

Ini Dia 4 Tips Memulai Bisnis dengan Baik dan Benar Agar Sukses

Ini Dia 4 Tips Memulai Bisnis dengan Baik dan Benar Agar Sukses

Terkadang banyak orang yang maju mundur dalam memulai bisnis karena memang banyak hal perlu dipertimbangkan masak-masak. Hanya saja jika terlalu banyak berpikir dan minim melakukan aksi otomatis hasilnya tidak akan kunjung diketahui. Padahal merintis bisnis untuk bisa diketahui akan sukses atau malah bangkrut butuh proses yang kadang berjalan sangat panjang. Maka penting untuk mencoba merintis bisnis pelan-pelan dan hati-hati supaya bisa terus berkembang dan nantinya bisa belajar tekniknya sambil jalan sehingga tak hanya panen teori saja.

Ini Dia 4 Tips Memulai Bisnis dengan Baik dan Benar Agar Sukses

Tips Merintis Bisnis dari Nol Tanpa Ragu

Keraguan adalah musuh terbesar kalangan entrepreneur sehingga cenderung mundur untuk memulai sebuah bisnis. Wajib menyimak beberapa tips berikut agar bisa segera dirintis dan bisa berjalan sesuai harapan:

  • Menguatkan niat,

Niat menjadi pondasi awal yang musti dibenahi untuk benar-benar menjadi seorang pebisnis jadi silahkan menguatkan aspek ini dulu. Mengikuti seminar sampai membaca buku motivasi tentang bisnis bisa dijadikan pilihan untuk menguatkan niat. Namun usahakan juga memiliki mentor yakni dari pelaku bisnis yang sudah sukses ataupun lumayan sukses sehingga Anda punya petunjuk jalan.

  • Paham tata kelola modal,

Mendirikan atau memulai bisnis tentu butuh kesiapan modal dan baiknya tak asal modalnya besar saja. akan tetapi Anda sudah paham bagaimana tata kelolanya sehingga bisa mendirikan bisnis yang maju dan terus berkembang. Mulailah dengan tertib memisahkan antara dana modal dengan dana pribadi, kemudian pilih bisnis yang tidak memerlukan modal skala besar supaya resikonya terbatas, dan juga minimalkan pemakaian modal. Misalnya memilih kulakan bahan baku dalam jumlah terbatas dulu baru setelah laris mencoba meningkatkan belanjanya.

  • Mulailah dijalankan dengan tenaga sendiri,

Salah satu kunci sukses menjalankan bisnis sendiri adalah mengurusnya sendiri dulu jangan buru-buru memiliki orang kepercayaan. Tujuannya adalah untuk mengenal kondisi bisnis Anda sendiri dan melihat kondisi pasar. Sebab meskipun menjalankan bisnis potensial jika terlalu percaya diri dan salah jalan malah akan hancur ketika bisnis masih seumur jagung. Jadi, cobalah untuk menjalankan dengan tenaga dan pikiran sendiri kemudian setelah berjalan agak lama dan ternyata kewalahan baru merekrut karyawan untuk meringankan beban kerja Anda.

  • Getol melakukan promosi,

Promosi juga sangat penting untuk dilakukan bahkan sejak bisnis masih menjadi bayi sebab malah menjadi kunci agar dikenal lebih luas. Teknik promosi ini ada banyak namun untuk menghemat modal dan tenaga namun hasilnya efektif perbanyak promosi secara online. terutama lewat media sosial dimana banyak jasa endorse bisa dimanfaatkan baik dari publik figur seperti artis dan penyanyi maupun selebritis media sosial seperti selebgram dan sejenisnya. Promosi ini akan membantu memulai bisnis dengan mudah karena omzet sudah lumayan tinggi meski baru dimulai.

Simak 4 Tips Ini Agar Bisnis Laris Manis dan Langgeng

Simak 4 Tips Ini Agar Bisnis Laris Manis dan Langgeng

Memiliki bisnis laris manis tentu menjadi keinginan semua pelaku bisnis sehingga memiliki omzet terbaik dan memberi keuntungan optimal. Keinginan ini dapat terwujud manakala melakukan kegiatan pemasaran yang tepat dan sudah dijamin efektif. Tidak dapat dipungkiri bahwa pemasaran merupakan elemen penting dalam sebuah bisnis apapun bidangnya, maka tak sedikit yang meluangkan waktu untuk memikirkan elemen penting ini. Teknik pemasaran yang tepat mampu menjadikan produk dan jasa yang disediakan laris manis di pasaran dan dikenal luas oleh publik.

Simak 4 Tips Ini Agar Bisnis Laris Manis dan Langgeng

Tips Agar Dagangan Selalu Laris

Memiliki bisnis yang sepi pelanggan bisa membuat kepala depresi, maka simak beberapa tips berikut agar selalu laris manis:

  • Kenalkan spesifikasi produknya,

Sebagai penjual produk yang unik maka dijamin tidak banyak masyarakat yang langsung paham kegunaannya untuk apa. Maka Anda punya tugas memperkenalkan spesifikasi produk tersebut secara detail. Sebab semakin banyak orang yang tahu manfaat dan cara penggunaannya maka semakin mudah disukai dan laris manis di pasaran. Jadi jangan menunggu ditanya konsumen baru melakukan interaksi menjelaskan spesifikasi dagangan, karena belum tentu semua konsumen berani bertanya duluan.

  • Melakukan segmentasi pasar,

Segmentasi pasar sangat penting dilakukan sejak awal supaya bisa memperkenalkan produk ke konsumen yang tepat dan memilih cara promosi yang tepat pula. Jadi agar bisnis laris manis usahakan menetapkan segmentasi karena setiap orang memiliki ciri khas tersendiri untuk urusan belanja. Bagi pemilik kantong tebal cenderung tertarik dengan produk unik sehingga tak acuh terhadap harga. Lain halnya dengan konsumen yang di segmen pasar menengah ke bawah dijamin akan sangat detail memperhatikan masalah harga.

  • Menentukan tempat pemasaran,

Usai melakukan segmentasi pasar Anda akan menentukan target pasar, kali ini dipersempit dengan melihat usia target. Misalnya Anda menimbang target dari kalangan ibu-ibu atau remaja putri yang tentu teknik pemasarannya berbeda begitupun lokasi pemasaran dilakukan. Jika menargetkan remaja putri maka mempromosikan produk di dekat kampus, sekolah, ataupun di pusat perbelanjaan sangat ideal. Namun jika Anda memilih target ibu rumah tangga maka melakukan promosi di dekat pasar lebih efektif ketimbang di lokasi lain, karena pasar adalah tujuan favorit ibu rumah tangga berbelanja.

  • Melakukan promosi yang tepat,

Promosi yang tepat juga menjadikan produk yang Anda jual bisa laris atau malah penjualannya cenderung sepi. Media untuk melakukan promosi sangat banyak dimulai dari koran, majalah, televisi, sampai menyebarkan brosur dan memasang pamflet. Pada era modern seperti sekarang promosi mengandalkan teknik digital disebut paling menguntungkan dan efektif. Sebab orang zaman sekarang saling terkoneksi dengan gadget sehingga beriklan di media sosial, website, dan sejenisnya dirasa lebih ampuh menjadikan bisnis laris manis.

5 Atlet Olahraga Terkenal yang Juga Seorang Pebisnis Profesional

5 Atlet Olahraga Terkenal yang Juga Seorang Pebisnis Profesional

Berbisnis bisa jadi salah satu alternatif mendapatkan pemasukan tambahan, apalagi jika dilihat tingkat kebutuhan belakangan ini memang senantiasa mengalami peningkatan, sehingga tak jarang diantaranya uang pemasukan dari pekerjaan utama saja tak cukup untuk kebutuhan keluarga, sehingga harus ditambah dengan income lainnya, diantaranya banyak yang mulai terjun ke dunia bisnis, meskipun kecil, namun tak menutup kemungkinan bagi Anda kedepannya akan menjadi seorang pebisnis profesional bukan.

 5 Atlet Olahraga Terkenal yang Juga Seorang Pebisnis Profesional

Bahkan jika dilihat kebanyakan diantara pebisnis sukses tidak memiliki latar belakang bisnis sama sekali. Sebut saja diantaranya adalah Maria Sarapova uang sebenarnya adalah seorang pemain tenis profesional yang kemudian coba-coba membuat sebuah bisnis yaitu Sugarpova yang kemudian sangat sukses, bahkan jika dilihat sekarang pemasukan utama justru berasal dari bisnisnya, bukan menjadi atlet.

Berikut ini juga diantaranya beberapa atlet yang banting setir ke dunia bisnis sampai menjadi seorang pebisnis profesional, diantaranya adalah:

  1. Magic Johnson, siapa yang tidak kenal dengan nama yang satu ini, ia merupakan salah satu atlet yang sangat profesional, namun apakah ada yang tau bahwa sebenarnya ia juga seorang pengusaha sukses, ia bahkan telah berhasil membeli separuh besar saham dari Los Angeles Dodgers, hingga berhasil juga mendirikan Magic Johnson Enterprises yang memiliki estimasi biaya sebesar 700 juta USD. Selain itu ternyata masih banyak diantara bisnis-bisnis lainnya yang tak banyak diketahui masyarakat.
  2. Michael Jordan, namanya bahkan dikenal dengan begitu baik oleh setiap masyarakat sebagai seorang pemain bola basket handal. Tak hanya itu namanya juga sangat akrab dengan merk sebuah produk sepatu basket. Ia merupakan pemilik dari brand Charlotte Hornet, perusahaan sepatu yang sudah diwariskan kepada putra-putranya.
  3. John Elway, ia pensiun di tahun 1998 sebagai seorang atlet, setelah tak lagi menggeluti dunia olahraga ia tetap aktif dalam melakukan investasi. Ia dikenal memiliki keterampilan yang sangat bagus dalam berinvestasi. Ia juga mendirikan sebuah restoran dan dealer mobil.
  4. Tony Hawk, ia adalah seorang profesional di bidang olahraga skateboard, karena rasa cintanya ia juga mendirikan sebuah brand skating yang begitu besar dengan nama Birdhouse. Perusahaan yang satu ini termasuk salah satu yang sangat sukses di dunia.
  5. Lebron James, ia sama halnya dengan Michel Jordan yaitu seorang pemain basket profesional, namun kejayaannya tak hanya berasal dari sana, melainkan juga sebuah agensi marketing yang bisa menghasilkan uang hingga jutaan dollar. Bahkan kekayaannya mencapai angka yang sangat fantastis yaitu 110 juta USD pada akhir usia 20an tahunnya. Garansinya bahkan memiliki kontrak kerja dengan beberapa perusahaan terkemuka lainnya di Inggris.

Terbukti bukan bahwa siapa saja bisa menjadi pebisnis profesional tak peduli apa latar belakangnya.

 

5 Tips Branding Dalam Membangun Bisinis Dari Bawah

5 Tips Branding Dalam Membangun Bisinis Dari Bawah

Dalam merintis bisnis, popularitas sebuah brand turut menentukan arah pertumbuhan usaha yang Anda miliki. Semakin populer brand bisnis yang Anda rintis maka akan semakin besar pula pertumbuhanya, begitu pun sebaliknya. Brand atau nama bisnis memang bukan hal sepele, sama halnya saat Anda memberikan nama pada anak Anda. Nama bukan lagi sebuah hal tanpa arti, karena nama yang Anda berikan akan berdampak langsung pada perjalanan usaha Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung.

5 Tips Branding Dalam Membangun Bisinis Dari Bawah

Lantas bagaimana jika Anda baru memulai usaha dari nol dengan artian brand yang Anda miliki belum populer? Jangan khawatir karena di bawah ini ada beberapa tips branding dalam membangun bisnis yang bisa Anda simak.

Mengetahui Pasar Anda

Tips branding pertama dalam membangun usaha kecil menjadi brand besar adalah dengan memikirkan bagaimana cara agar merek bisnis Anda tepat pada sasaran atau target pasar. Setiap bisnis tentu saja memiliki target untuk dijadikan sasaran pemasaran. Target pasar yang dimaksud bisa berupa umur, profesi, pekerjaan, kebutuhan, tren, jenis kelamin dan lainnya. Gunakan referensi ini sebagai acuan dalam menentukan target bisnis Anda. Dan alangkah baiknya lagi jika Anda memfokuskan lebih detail mengenai target pasar yang diperluka, agar nantinya Anda lebih mudah dalam menentukan strategi bisnis.

Perhatikan Penampilan Merek Anda

Selanjutnya, tips branding kedua adalah menentukan penampilan bisnis Anda, baik itu berupa logo maupun kemasan produk. Karena daru nama dan desain brand Anda bisa menarik pelanggan untuk melihat dan membeli produk atau layana yang Anda tawarkan. Dalam membuat merek yang menarik, Anda bisa menggunakan bahasa visul serta desain esetika yang menarik. Pastikan desain brand Anda juga menggunakan font tulisan yang konsisten agar karakter dan ciri khas produk yang Anda tawarkan mudah diingat orang.

Pakai Kata-kata yang Mudah Dideskripsikan

Penggunaan kata juga bisa mempengaruhi pamor brand bisnis Anda. Usahakan kata yang Anda gunakan bisa menggambarkan produk bisinis Anda secara umum. Jika Anda sanggup menemukan kata yang tepat, maka Anda telah berhasil menggunakan kata kunci merek yang sesuai dengan target dan tujuan produk Anda. Oleh sebab itu, pastikan tips branding ini bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin agar nantinya produk yang Anda jual bisa lebih mudah dikenal oleh msyarakat.

Ciptakan Nama Merek yang Mengandung Solusi

Untuk tips branding selanjutnya adalah memikirkan merek produk yang bisa memberikan pesan sebagai solusi bagi para pembeli. Pasalnya merk yang Anda berikan bukanlah sekadar sebuah nama melainkan juga akan memberikan pesa tertentu kepada publik. Untuk itu, usahakan untuk membuat merek bisnis yang mampu menyampaikan pesan solusi bagi target pasar. Jadi, ketika pembeli sedang membutuhkan sesuatu, secara otomatis akan langsung teringat dengan merek bisnis Anda.

Cermatlah Dalam Berpromosi

Berkat perkembangan media sosial, para pelaku usaha diuntungkan dalam mempromosikan brand mereka agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Menariknya lagi mempromosikan produk melalui media sosial bisa dilakukan secara gratis. Hal ini tentu saja menguntungkan para pelaku usaha karena bisa menghemat dana yang dianggarkan khusus untuk kebutuhan promosi.

5 Ide Startup Menguntungkan di Masa Depan yang Bisa Anda Coba

Internet belakangan memang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat, tak hanya dapat dipakai sebagai media untuk mendapatkan informasi, komunikasi maupun hiburan saja, melainkan sekarang ini lebih dari itu internet juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk berbisnis, seperti yang diketahui bahwa belakangan ini memang jauh lebih banyak masyarakat yang memanfaatkan internet sebagai sarana untuk menjual barang ataupun menawarkan sebuah jasa. Sehingga bagi Anda yang tengah mencari peluang bisnis menguntungkan agaknya bisa mempertimbangkan ide startup ini.

 

Bisnis di bidang teknologi, khususnya adalah internet memang pada dasarnya memiliki prospek yang begitu cerah. Begitu juga bagi mereka yang ingin melakukan investasi, sebaiknya mulai melirik investasi pada bidang semacam ini dibandingkan dengan investasi biasanya, karena bisa memberikan keuntungan yang lebih tinggi. Tentunya jika ingin mulai membuat ide startup ini pastikan juga untuk menggaet mereka yang memiliki keahlian di bidang IT.

 

Berikut ini diantaranya beberapa jenis pilihan ide bisnis semacam ini yang dapat Anda coba, yaitu:

 

  1. Editing video hingga fotografi, sekarang ini ada semakin banyak diantara masyarakat yang tertarik untuk membuat sebuah konten-konten di media sosial untuk menarik lebih banyak orang atau followers maupun subscribers, namun tak jarang juga diantaranya yang bermasalah dengan bagian editing baik itu gambar maupun videonya, dengan adanya jasa semacam ini tentu akan membantu mereka yang memiliki keahlian dan juga mereka yang membutuhkan jasa tersebut bukan.
  2. Kuliner, sejauh ini diantara produk yang dijual secara online yang paling mendominasi adalah produk pakaian ataupun juga gadget hingga perlengkapan rumah tangga yang pada dasarnya adalah produk tahan lama dan mudah dikirimkan, sedangkan untuk kuliner sangat jarang, untuk itu Anda bisa membuat gebrakan di bidang yang satu ini, namun khusus untuk kuliner yang tahan lama tentunya atau terbatas lokasi pengirimannya.
  3. E-learning, sekarang banyak diantara anak-anak yang sudah mengetahui fungsi internet salah satu diantaranya adalah untuk belajar, Anda juga bisa menyusun konsep yang semacam ini, maka akan sangat membantu anak-anak dalam belajar. Bisa dalam bentuk video maupun yang lainnya.
  4. Logistik, sebenarnya untuk startup semacam ini memang sudah ada, namun kian lama kian banyak yang menawarkan fasilitas unggulan lainnya, apalagi sejalan dengan perkembangan jual beli secara online yang kian tinggi, agaknya startup berbasis logistik juga akan semakin laris manis.
  5. Penjualan barang-barang bekas, jenis startup semacam ini juga banyak digemari oleh masyarakat, karena memang kebutuhan yang tinggi untuk saling melakukan transaksi produk-produk second, mulai dari kendaraan, gadget hingga produk fashion.

 

Jadi ingin coba ide startup yang mana dari 5 di atas?

Mengulas Tentang Fungsi Modal Usaha dalam Sebuah Bisnis

Mengulas Tentang Fungsi Modal Usaha dalam Sebuah Bisnis

Usaha atau bisnis merupakan sebuah cara masyarakat untuk bekerja dan menghidupi kebutuhan sehari-harinya. Anda bisa bekerja untuk sebuah perusahaan atau bisa juga menjadi wiraswasta yang mana menjadi bos untuk diri sendiri. Di masa ini memang diharapkan masyarakat dapat berani mengambil keputusan untuk membangun sebuah bisnis sendiri. Karena selain dapat menjadi bos untuk diri sendiri juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan sehingga menampung pencari kerja di negara ini. Akan tetapi apabila ingin membuat sebuah usaha juga tentunya membutuhkan modal usaha yang mana tidak semua orang memilikinya.

 Mengulas Tentang Fungsi Modal Usaha dalam Sebuah Bisnis

Oleh karena itulah selain dari dana pribadi, ada banyak cara untuk mendapatkan modal ketika akan memulai sebuah usaha. Seperti yang pertama adalah dengan mendapatkan modal dari pinjaman yang ditawarkan oleh banyak tempat peminjaman. Anda bisa untuk mengajukan pinjaman dana yang diinginkan dan apabila sudah disetujui maka pinjaman tersebut akan digunakan untuk membangun usaha. Ketika memilih tempat peminjaman tersebut sebaiknya memilih tempat yang aman. Selain itu untuk mendapatkan modal juga dari mengajukan proposal usaha yang mana hal ini bisa dilakukan dalam skala desa, kecamatan, hingga nasional. Atau juga mengajukan proposal dengan ide usaha Anda untuk pihak pemerintah maupun swasta. Sehingga apabila ada yang tertarik besar kemungkinan usaha impian Anda akan terwujud dengan pemberian modal yang dibutuhkan. Modal dalam sebuah bisnis sendiri biasanya digunakan untuk beberapa hal vital seperti berikut ini:

  • Menyewa tempat

Fungsi modal usaha yang pertama adalah dapat digunakan untuk menyewa tempat. Ketika akan membangun sebuah usaha pada umumnya akan membutuhkan tempat baik itu restoran, butik, dan juga kantor lainnya. Oleh karena itulah Anda membutuhkan tempat usaha yang tentu saja membutuhkan modal yang tidak sedikit. Menyewa tempat tersebut merupakan kebutuhan utama dan bisa menggunakan modal yang sudah didapatkan.

  • Membeli bahan

Fungsi modal bisnis yang telah dipunyai selanjutnya adalah dapat untuk membeli bahan. Anda bisa untuk membeli bahan awal yang dibutuhkan untuk usaha dari modal tersebut. Misalnya membeli bahan makanan untuk restoran, membeli baju untuk mengisi butik, membeli kain untuk membuat baju, dan berbagai bahan dasar lainnya yang diperlukan untuk menjalankan bisnis yang telah dipilih sebelumnya.

  • Membeli perabotan

Dan fungsi modal usaha lainnya adalah untuk membeli perabotan yang Anda butuhkan. Apabila telah mendapatkan tempat yang nyaman maka langkah selanjutnya adalah dengan membeli perabotan. Seperti alat masak, gantungan baju, mesin kasir, meja dan kursi kantor, dan berbagai perabotan lain yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan. Selain itu Anda juga membutuhkan untuk membayar gaji karyawan pada bulan awal, membayar biaya listrik dan kebersihan, dan juga biaya lainnya yang dibutuhkan untuk usaha baru yang dipunyai.

Inspirasi Bisnis Restoran Sukses yang Bisa Ditiru

Inspirasi Bisnis Restoran Sukses yang Bisa Ditiru

Persoalan makanan memang tidak akan pernah padam. Pasalnya, hampir setiap hari, selama manusia itu masih hidp, tentunya memerlukan asipan makanan. Karena itulah, bisnis restoran atau rumah makan, tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi saat ini, bisnis kuliner dirasa sangat menguntungkan dan sudah menjadi kegemaran orang banyak. Nah, untuk itu, berikut adalah beberapa inspirasi sukses orang-orang yang berhasil buka restoran, bahkan sukses di luar negeri. Simak ulasan berikut.

Inspirasi Bisnis Restoran Sukses yang Bisa Ditiru

Menjual Sate dengan Food Truck di Washington D.C

Didirikan oleh Martin Sonny dengan menggunakan food truck yang memang sangat unik. Ide dan kreativitasnya sangat patut diapresiasi. Bahkan dengan bisnis restoran ini, mampu membawa nama sate hingga mengudara di ranah internasional.

Warung Adji di Amsterdam

Bisnis restoran ini digeluti oleh Budi Santoso. Jika Anda berkunjung ke Amsterdam, dan rindu masakan khas Indonesia, Anda bisa mengunjungi warung Adji di Amsterdam ini. Rumah makan ini menyediakan berbagai macam sajian kuliner Indonesia. Banyak warga Belanda yang berkunjung dan makan di sini. Bahkan, tak jarang juga orang Turki atau Maroko yang datang ke sini saat mereka sedang berkunjung ke Belanda dan menikmati sajian kuliner Indonesia.

Warung Isakuiki di Belanda

Warung Isakuiki ini letaknya di Den Haag yang didirikan oleh Maria Utomo. Sama seperti warung Adji, warung ini pun menyediakan berbagai makanan khasi Indonesia. Selain membuka bisnis, Maria pun ingin mengenalkan bagaimana nikmatnya kuliner Indonesia.

Lontara Coto Makassar & Culinary di Australia

Pendirinya bernama Muzayyin, seorang pelajar asal Indonesia yang saat itu sedang menganyam pendidikan di Australia. Kemudia dia terinspirasi dan melihat peluang untuk mendirikan usah kuliner, yang akhirnya membawa Muzayyin pada  kesuksesan dengan membuka bisnis restoran coto makassar dan makanan lainnya di sana.

Warung Padang di London

Memang benar sekali, warung padang sudah merajalela dan sukses menjadi kuliner yang selalu diincar oleh mayarakat. Tak hanya di Indonesia, ternyata, rumah makan padang ini pun laris di London. Warung padang ini didirikan oleh Firdaus Bustaman. Tidak memakai biaya marketing yang besar, Firdaus hanya mengandalkan promosinya lewat mulut ke mulut.

D’Penyetz di Singapura

Terinspirasi dari salah satu usaha kulliner terkemuka,KFC. Tempat makan yang ada di Singapura ini didirikan oleh Edy Ongkowijaya. Usahanya kini sudah maju dan berhasil membuat 52 outlet di 5 negara. Nama awal dari D’Penyetz ini adalah warung serba penyet yang kemudian bertransformasi dan berubah nama.

Warteg Gembul di Korea Selatan

Didirikan oleh Yannie Kim yang berniat untuk mengenalkan kuliner Indonesia ke masyarakat Korea Selatan. Menu andalan yang dijualnya asalah rendang dan nasi goreng. Bisnis ini pun banyak menuai respon positif di sana. Bagaimana? Menarik bukan? Anda juga bisa memulai bisnis restoran Anda dari sekarang.

4 Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Restoran Sendiri

4 Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Restoran Sendiri

Memiliki impian membuka bisnis restoran sendiri bukanlah pemikiran yang keliru karena bisnis ini termasuk potensial. Dikatakan demikian karena memang kebutuhan makan menjadi kebutuhan utama atau pokok bagi siapa saja. Tentunya bisnis di bidang restoran ini bukan bisnis musiman yang tentunya bisa berjalan baik dan lancar setiap tahun. Meski begitu tak sedikit pebisnis di bidang ini yang berakhir mengecewakan yakni gulung tikar padahal tidak sedikit pula yang berhasil punya banyak anak cabang bahkan sampai lintas kota dan provinsi.

4 Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Restoran Sendiri

Rahasia Sukses Bisnis di Bidang Restoran

Bisnis di bidang restoran masuk kategori bisnis kuliner yang memang termasuk bisnis dengan prospek menjanjikan. Agar tak berakhir gulung tikar maka simak beberapa rahasia sukses berikut ini:

  • Menentukan konsep,

Penentuan konsep restoran menjadi langkah awal yang penting untuk dilakukan agar bisnis ini bisa terus eksis. Penentuan konsep ini disesuaikan pula dengan pilihan menu yang ingin disajikan, sehingga antara menu dan suasana di restoran saling melengkapi. Misalnya saja Anda ingin menghadirkan menu tradisional dari Bali maka menciptakan restoran dengan desain interior khas Bali akan sangat cocok agar pengunjung menikmati suasananya pula disamping makanan yang dipesan.

  • Pemilihan lokasi yang strategis,

Urusan lokasi memang dalam bisnis restoran memberi pengaruh yang sangat signifikan meskipun ada beberapa pelaku bisnis ini nampak cuek dengan mendirikan restoran di tengah sawah, kebun, bahkan hutan. Kemajuan teknologi seperti media sosial membuat kegiatan promosi semakin mudah tanpa perlu dukungan lokasi strategis. Namun untuk Anda yang ingin menikmati kesuksesan dalam tempo cepat meski tak pandai bermain media sosial, usahakan memilih lokasi yang sudah menjual.

  • Memilih juru masak yang baik,

Bisnis mendirikan restoran akan sukses jika konsep sudah matang, lokasi menguntungkan, dan juga ditunjang koki handal. Jadi pemilihan juru masak baiknya tidak sembarangan melainkan memilih yang sudah kompeten. Paling tidak jika belum memiliki pengalaman selama ini belajar di sekolah jurusan boga yang sudah terkenal menelurkan alumni berkualitas dan berprestasi. Jadi, menu yang bisa disajikan di restoran Anda mengandung unsur promosi yakni selain enak tampilan atau penataan di piring sajinya menggoda selera makan.

  • Sudah menentukan target pelanggan,

Menetapkan target pelanggan baiknya sudah dilakukan sejak awal karena jenis menu yang diinginkan orang dewasa yang sudah menikah berbeda dengan menu untuk anak-anak, remaja, dan mereka yang masih lajang. Jadi Anda pun perlu menentukan aspek ini sejak dini supaya bisa menyediakan menu yang disukai pelanggan yang ditargetkan. Jika memilih target kalangan remaja baiknya sediakan menu yang unik tak hanya dari penyajian dan pengemasan melainkan juga dari nama sampai dekorasi interior restoran supaya bisnis restoran Anda langgeng.

Tips Mudah Bisnis Travel yang Menguntungkan

Tips Mudah Bisnis Travel yang Menguntungkan

Dewasa ini, bisnis travel atau perjalanan dirasa cukup menjanjikan dan berpeluang sangat menghasilkan. DI era globalisasi yang makin marak, perjalanan selalu menjadi hal penting yang harus dilakukan masyarakat di sela-sela kesibukannya. Bahkan, traveling pun dianggap sudah menjadi gaya hidup masyarakat kekinian. Nah, melihat peluang itulah, Anda bisa memanfaatkannya untuk memulai bisnis di bidang travel dengan tips berikut.

Tips Mudah Bisnis Travel yang Menguntungkan

Pilih Jenis Usaha Travel

Ya, pertama kali yang harus Anda lakukan ketika ingin membuka bisnis travel, tentunya Anda harus memilih jenis usaha apa yang akan Anda jalankan. Banyak sekali pilihannya, apakah untuk tiket pesawat terbang, kereta api, sewa kendaraan, pengurusan surat menyurat seperti visa dan paspor, penyedia layanan pesan tiket penginapan, atau perjalanan destinasi wisata.

Jika Anda telah memilih jenis mana yang akan dijadikan usaha Anda, barulah setelah itu Anda fokus. Anda harus fokus pada apa yang sudah Anda pilih dan mulai pelajari lebih lanjut tentang segala sesuatunya.

Buat Profil Usaha

Tentu hal lain yang harus Anda lakukan setelah menentukan jenis bisnis, adalah membuat profil usaha yang menarik. Anda harus membuat profil yang bisa meyakinkan calon pengguna jasa Anda dengan kebenaran realitasnya yang profesional. Lengkapi juga profil bisnis tersebut dengan foto dan informasi yang jelas dan detail.

Buat Brand Bisnis

Membuat nama atau brand tentu sangat diperlukan ketika Anda akan membuat bisnis travel. Sebaiknya, pilihlah nama yang memang mudah diingat oleh kebanyakan orang. Meskipun begitu, jangan pula Anda memberi atau memakai nama yang sudah pasaran. Selain brand, logo pun penting sebagai ciri khas. Ini berguna agar orang-orang bisa dengan mudah menghafal bisnis Anda.

Daftarkan Bisnis

Agar legal dan berkekuatan hukum, Anda bisa mendaftarkan bisnis atau brand Anda kepada Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Hal tersebut bisa membuat Anda punya kuasa penuh atas brand yang Anda buat dan tidak akan ada orang lain yang menggunakannya.

Petakan Lokasi Wisata

Ini berlaku jika Anda memilih jadi agen wisata atau travel wisata. Di sini, Anda bisa memetakan atau menjelaskan tentang tujuan dari wisata yang Anda tawarkan, lengkap dengan fasilitas dan info-info lain mengenai wisata tersebut. Anda juga harus punya database yang akan sangat mungkin untuk lebih memudahkan Anda.

Buatlah Paket Travel

Paket travel ini berguna untuk menarik minat calon pengguna jasa Anda. Jika Anda memberikan alternatif yang dirasa lebih menguntungkan dan lebih terjangkau, hal tersebut bisa membuat konsumen ramai menggunakan jasa Anda. Anda bisa sesuaikan paket dengan harga, jumlah hari dan fasilitas yang disediakan.

Nah, itu dia beberapa tips ketika Anda ingin memulai bisnis travel. Namun, selain beberapa hal tadi Anda juga harus memerhatikan hal lain seperti menyiapkan alat pemasaran yang bisa Anda manfaatkan media sosial saat ini. Anda juga harus mulai membangun relasi dan menjalin kerjasama yang baik dengan konsumen.